Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi

Yunis Sulistyorini, Adi Sintya Sumajaya

Submitted : 2024-05-08, Published : 2024-06-06.

Abstract

Pembelajaran literasi dan numerasi di dalam kelas membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang dalam meningkatkan pembiasaan literasi dan numerasi dalam diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi dengan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Media permainan ular tangga dikembangkan dengan memanfaatkan suatu software aplikasi. Validator memberikan penilaian terhadap media permainan ular tangga dengan rata-rata secara keseluruhan aspek penilaian sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil validasi dinyatakan valid dan berdasarkan uji keterbacaan, media dinyatakan praktis. Sehingga media permainan ular tangga layak digunakan untuk pembelajaran literasi dan numerasi yang terintegrasi. Pengembangan media pembelajaran ini diterapkan dengan Taksonomi Bloom untuk mendukung pengembangan kemampuan literasi dan numerasi siswa

Keywords

literasu; numerasi; media permainan ular tangga

References

Tantri, A. A. S. , “Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman”. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, vol. 2, no. 1, 2016.

Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, “Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah”, 2021.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I., “Literasi numerasi untuk sekolah dasar”, UMM Press, vol.1, 2018.

Saputri, N.C., Sari, R.K., Ayunda, D, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), vol.3, no.1, pp 15-26, 2021.

Kurniasih, & Watini, S., “Penerapan Model Atik Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga Raksasa”, Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 157-167, 2022.

Okpatrioka, O., “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif dalam Pendidikan”, Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 86-100, 2023.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M., & Dellia, P., “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic”, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 29-36, 2020.

Kurniawan, D., & Dewi, S. V., “Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan”, Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2017.

Belfali, Y., Programme for international student assessment (PISA) 2018 result Indonesia, OECD, 2019.

Lakoy, F. A., “Pengembangan Media Rotasi Dinamis untuk Membangun Kemampuan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Transformasi”, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 381-396, 2022.

Ramadhani, Z. L., & Napfiah, S., “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Keterampilan Abad 21 pada Materi Aritmatika Sosial”, Prismatika : Jurnal Riset dan Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, p. 20-34, 2022.

Kartika, E., Yazidah, N., & Napfiah, S., “Pendampingan Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Di Sekolah Dasar”, Journal Of Sriwijaya Community Service On Education (Jscse), vol. 1, no. 2, pp. 38-43, 2022.

Ardi, S. D. K., & Desstya, A. Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, vol.5, no.1, 2023.

Afandi, R., “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), vol. 1, no. 1, pp. 77–89, 2023.

Firmasari, Tamyiza, Permatasari, G., Hijrathaen, Citra., & Maysuroh, S., “Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Dalam Media Pembelajaran Game Ular Tangga Guna Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Numerasi Peserta Didik”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 93–98, 2023.

Article Metrics

Abstract view: 79 times
Download     : 40   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.