Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDI Ar-Ridha materi penyajian data T.A. 2024/2025

Fitri Fitri, Tesi Kumalasari

Submitted : 2025-06-21, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDI Ar Ridha pada materi Penyajian Data. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dari kelas III Umar Bin Khattab. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta pemberian pretest dan posttest sebanyak 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi melalui SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti penggunaan video animasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika. Persamaan regresi diperoleh Y = 61,785 + 0,451X, artinya setiap peningkatan penggunaan video animasi sebesar 1% berdampak pada peningkatan hasil belajar sebesar 0,451 poin. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh sebesar 49,9% mengindikasikan pengaruh cukup kuat. Simpulan: media video animasi efektif meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.

Keywords

Video animasi; Hasil belajar; Matematika

References

[1] I. Biassari, K. E. Putri, and S. Kholifah, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 4, pp. 2322–2329, 2021.

[2] P. Megawanti, E. Megawati, and S. Nurkhafifah, “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 75–82, 2020.

[3] Tesi Kumalasari, Imelda Wardani Rambe, Nur Tri Julia, and Weni Widya Asriati, “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Matematika Di Smp Pangeran Antasari,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 7, pp. 5673–5680, 2022, doi: 10.53625/jabdi.v2i7.4133.

[4] N. Ilmi and R. Tajuddin, “Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2691–2694, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.833.

[5] D. Pertami and A. Pandang, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Bangun Datar Kelas Iv Sd,” Smart J., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj

[6] R. N. Tasdik and R. Amelia, “Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 510–521, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.536.

[7] D. Roy, S. T. Ripathy, S. Kumar Kar, N. Sharma, S. K. Verma, and V. Kaushal, “Study of knowledge, attitude, anxiety & perceived mental healthcare need in Indian population during COVID-19 pandemic,” Asian J. Psychiatr., vol. 51, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102083

[8] M. n Cholifah, Siti Nur, Rahayu, Wardani, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teacing and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk siswa SMP Kelas VII.,” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., pp. 5.1: 64-73., 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/349890394_Pengembangan_Aplikasi_Berbasis_Android_menggunakan_Adobe_Animate_CC_dengan_Pendekatan_Contextual_Teaching_and_Learning_CTL_sebagai_Media_Pembelajaran_pada_Materi_Bentuk_Aljabar_untuk_Siswa_SMP_Kelas_V

[9] S. Saat and S. Mania, Pengantar Metodologi Penelitian. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida, 2020.

[10] M. Khaedar and E. F. Hs, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo,” J. Kaji. Pendidik. Dasar, vol. 7, 2022.

[11] A. Nazilah, I. Sulistyawati, P. Pramulia, J. Pendidikan, and G. Sekolah, “Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendahuluan Proses pembelajaran yaitu suatu interaksi yang dilaksanakan siswa berguna untuk mencapai sebuah keberhasilan suatu Dalam hal tersebut siswa akan dibantu oleh pendidik yang berperan sebagai,” Https://Doi.Org/10.26740/Eds.V6N2.P161-169, vol. VI, no. November, pp. 161–169, 2022.

[12] W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.

[13] A. Hidayah, “Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication,” J. Educ. Technol. Curriculum, Learn. Commun., vol. 1, no. April, pp. 97–102, 2021.

[14] R. Alhempi et al., Analisis Stastistik Deskriptif Dengan SPSS dan Interpretasinya. Sumatera Barat: TAKAZA Innovatix Labs, 2024.

Article Metrics

Abstract view: 0 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.