Efektivitas model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari promote action guru

Jauhara Dian Nurul Iffah, Ama Noor Fikrati, Tatit Mustika Rini, Zahrotul Khoiryyah

Submitted : 2025-06-16, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan The Non-Equivalent Posttest-only Control Group Desain. Kelas kontrol adalah kelas VIIIB dan kelas eksperimen adalah kelas VIIIC SMPN 1 Jombang. Instrumen penelitian adalah soal post-test, lembar observasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) efektif diterapkan. Terbukti dari hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Model pembelajaran VAK diterapkan dengan bantuan LKPD yang disesuaikan dengan gaya belajar yang dimiliki siswa, sehingga siswa belajar dan memahami konsep sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Selain itu rangkaian promote action yang dimunculkan guru, 84,18% promote action yang dimunculkan guru diterima oleh siswa atau pada kategori accepted promote action. Hal ini juga memenuhi kriteria keefektifan dari penerapan model pembelajaran VAK

Keywords

Model Pembelajaran VAK; Hasil Belajar Matematika; Promote Action Guru

References

[1] Engel, “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) PMRI di Sekolah Dasar,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 6–24, 2014.

[2] Meriyati, “Memahami Karakteristik Anak Didik.,” Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung., 2015.

[3] A. Rofizah, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar Siswa yang Mendukung Pemecahan Masalah Siswa Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di MTs Negeri 4 Mojokerto,” Universitas Islam Majapahit, 2018.

[4] S. Nerita, J. Jamna, and Solfema, “Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 10, no. 2, pp. 1077–1084, 2022, doi: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6333.

[5] U. B. A. Aziz, S. Mahmud, and D. Mislinawati, & Fitriani, “Perbedaan Individu dan Gaya Belajar Peserta Didik,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 2, pp. 169–186, 2022.

[6] W. Anikma, “Upaya Guru Dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih,” 2017.

[7] A. Y. Rahmawati, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar Dan Ular Tangga Pintar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Di MI Ma’arif Polorejo Tahun Ajaran 2019/2020,” Skirpsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.

[8] D. Wahyuningsari, Y. Mujiwati, Hilmiyah, F. L., Kusumawardani, and I. P. Sari, “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 04, pp. 529–535, 2022.

[9] L. B. Tristanti and J. D. N. Iffah, “Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 3, p. 1716, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i3.5103.

[10] A. Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose KR (ed.); Pertama). Yogyakarta: : Ar Ruzz Media, 2014.

[11] E. Damayanti, A. B. Santosa, M. S. Zuhrie, and P. W. Rusimamto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 9 No 03, pp. 639–645, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

[12] Nurzaki Alhafiz, “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru,” J. Cakrawala Ilm., vol. 1, no. 5, pp. 1133–1142, 2022, doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203.

[13] M. Goos, “A Sociocultural Analysis of Learning to Teach,” Proc. 29th Conf. Int. Gr. Pscyhology Math. Educ., vol. 3, pp. 49–56, 2005.

[14] J. D. N. Iffah, “Karakteristik Promote Action Guru pada Materi Bangun Ruang Berdasar Perilaku Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang,” Pros. Semin. Nas. Has. Penelit. Pendidik. Dan Pembelajaran Stkip Pgri Jombang, vol. Volume 2, no. 1, pp. 23–24, 2016.

[15] Husamah, Belajar & Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Malang, 2016.

[16] A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

[17] A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

[18] W. Zarkasyi, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: : PT Refika Aditama, 2017.

Article Metrics

Abstract view: 0 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.