Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Submitted : 2025-06-14, Published : 2025-12-03.
Abstract
Salah satu kemampuan matematika yang sangat penting untuk keberhasilan siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis masalah berdampak pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Bina Satria Medan Kelas X TKJ. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem persamaan linear dua variabel. Sample penelitian ini terdiri dari 60 siswa dari kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan, terdiri dari 30 siswa di kelas kontrol dan 30 siswa di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai sig . Siswa yang menggunakan model ini rata-rata mendapatkan nilai 58,80, sedangkan siswa yang tidak menggunakan model ini rata-rata mendapatkan nilai 39,87. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematis meningkat secara signifikan sebagai hasil dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] N. Tri Julia and R. Siahaan, “Analisis Motivasi Belajar Matematika Dengan Video Pembelajaran Kelas Vii Smp Pangeran Antasari,” J. Mat. Paedagog., vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.36294/jmp.v6i1.1366.
[2] H. Hafriani, “Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan Nctm Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT),” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 22, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.22373/jid.v22i1.7974.
[3] M. Ulil Syahara et al., “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika,” 2021, [Online]. Available: http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
[4] S. Febrianti, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Terintegrasi Nilai-Nilai Islami,” 2023.
[5] A. A. A. Dewi, H. R. Maharani, et.al., “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau dari Self Confidence,” … Unissula Klaster …, pp. 261–270, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/download/20739/6734
[6] E. Hidayatati, J. Pendidikan Matematika, and S. Negeri, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Peserta didik kelas x KKBT2 Smk Negeri 4 Pekanbaru),” J. Karya Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 24–35, 2022.
[7] M. Anwar, L. Rizqy Septiani, N. Khayatun Prodi Pendidikan Matematika FMIPA, and U. Negeri Semarang, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. IV (Sandika IV, vol. 4, 20222.
[8] N. Huda, N. Khotimah, and U. Maulana Malik Ibrahim Malang, “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Litersi Matematika Siswa,” MATHEMA J. E-ISSN, vol. 5, no. 2, p. 2023, 20223.
[9] W. S. Faudziah and I. A. Budiman, “Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SD,” Papanda J. Math. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 22–29, 2023, doi: 10.56916/pjmsr.v2i1.272.
[10] S. Sukiyanto, I. Istiqomah, T. A. Arigiyati, and H. Marlinda, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Kalasan,” MATHEdunesa, vol. 13, no. 1, pp. 275–282, 2024, doi: 10.26740/mathedunesa.v13n1.p275-282.
[11] D. Widyasari, N. Miyono, and S. A. Saputro, “Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning,” J. Inovasi, Eval. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 61–67, 2024, doi: 10.54371/jiepp.v4i1.368.
[12] F. E. B. Butar, R. Sidabutar, and G. N. Sauduran, “Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 420–426, 2022.
[13] T. T. Rahma and S. Sutami, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 1416–1426, 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i2.2406.
[14] F. Dena, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Debat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Univ. Pendidik. Indones., pp. 28–28, 2023.
[15] Y. P. Anggraini, M. Maimunah, and N. M. Hutapea, “Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 2391–2404, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1462.
Article Metrics
Abstract view: 0 times
Download  : 0 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




