Analisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 pada materi pembagian puluhan dan ratusan
Submitted : 2025-06-26, Published : 2025-12-03.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 dalam menyelesaikan masalah pada materi pembagian puluhan dan ratusan, serta mengkaji pencapaian literasi matematika berdasarkan indikator level 2 dari PISA, yaitu mengenali situasi, mengambil informasi, menunjukkan pemahaman, dan meninjau jawaban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang terdiri dari lima soal berbasis konteks dunia nyata yang dirancang untuk mengukur keempat indikator literasi matematika tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, literasi matematika siswa berada dalam kategori sedang, dengan rata-rata skor sebesar 36,5. Sebanyak 50% siswa tergolong dalam kategori tinggi, 25% dalam kategori sedang, dan 25% dalam kategori rendah. Indikator mengenali situasi dan mengambil informasi memiliki tingkat pencapaian lebih tinggi dibandingkan indikator menunjukkan pemahaman dan meninjau jawaban. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa mampu mengenali permasalahan dan mengambil data dari soal, mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memeriksa kembali solusi yang dihasilkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan instrumen literasi matematika yang kontekstual dan sesuai dengan kemampuan kognitif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi acuan dalam merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan berorientasi pada pemecahan masalah dunia nyata
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] M. Sinson and N. Wedyawati, “Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2018. doi: 10.31932/ve.v8i1.56.
[2] B. Ojose, “Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?,” Journal of Mathematics Education, vol. 4, no. 1, pp. 89–100, Jun. 2011.
[3] D. A. Ramadanti, D. A. C. Sujiwo, A. Kesalahan, S. Kontekstual, K. J. Watson, dan G. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Berdasarkan Kriteria John Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender, “Analysis Of Students’ Errors In Solving Contextual Problems Based On John Watson’s Criteria Reviewed From Gender Differences,” Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, vol. 10, no. 2, Jul. 2025.
[4] A. Susanta, H. Sumardi, E. Susanto, dan H. Retnawati, “Mathematics literacy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students,” Journal on Mathematics Education, vol. 14, no. 1, pp. 85–102, 2023, doi: 10.22342/JME.V14I1.PP85-102.
[5] OECD, PISA 2022 Results (Volume I). Paris: OECD Publishing, 2023, doi: 10.1787/53f23881-en.
[6] D. L. Pitaloka, D. Dimyati, dan E. Purwanta, “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1696–1705, Jan. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.972.
[7] R. Setiawaty, R. Ardilla, M. Yusuf, F. N. Ilma, and F. F. Zahra, “Pemanfaatan Media Game Edukasi Pembelajaran Bagi Siswa di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review,” Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 8, no. 2, pp. 159–170, Aug. 2025.
[8] Yesika Simarmata, Nelly Wedyawati, dan Anita Sri Rejeki Hutagaol, “Analisis Literasi Matematika pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 100–105, 2020, doi: 10.31932/j-pimat.v2i1.654.
[9] H. Muslimah dan H. Pujiastuti, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 36–43, Apr. 2021, doi: 10.21831/jpms.v8i1.30000.
[10] A. Kore dan S. F. Tauran, “Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar,” Journal of Mathematics Education and Science, vol. 5, no. 1, pp. 63–72, Apr. 2022, doi: 10.32665/james.v5i1.376.
[11] T. F. Amalia dan U. Zuhdi, “Pengembangan Media PIKABI Berbasis Android Pada Materi Perkalian dan Pembagian Sebagai Media Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 2705–2714, 2019.
[12] H. Nizar dan R. I. Putri, “Developing Pisa-Like Mathematics Problem Using The 2018 Asian Games Football And Table Tennis Context,” Journal on Mathematics Education, vol. 9, no. 2, pp. 183–194, 2018
[13] W. Zhang, M. Xu, Y. Feng, Z. Mao, dan Z. Yan, “The Effect of Procrastination on Physical Exercise among College Students — The Chain Effect of Exercise Commitment and Action Control,” International Journal of Mental Health Promotion, vol. 26, no. 8, pp. 611–622, 2024, doi: 10.32604/ijmhp.2024.052730.
[14] Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Daulay, L. A., “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa,” OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 3, pp. 142–148, 2023, doi: 10.47662/jkpm.v2i3.595. [15] M. Hayati dan M. Jannah, “Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika,” Journal of Mathematics Education and Application, vol. 4, no. 1, p. 40, Mar. 2024.
[16] W. Wahyuddin, “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal,” Beta Jurnal Tadris Matematika, vol. 9, no. 2, p. 148, Jan. 2017, doi: 10.20414/betajtm.v9i2.9.
Article Metrics
Abstract view: 57 times
Download  : 19 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




