Pengembangan e-book interaktif untuk meningkatkan literasi sains pada materi organ pencernaan di kelas V SD

Adzimatnur Muslihasari, Vivin Nur Kholifah

Submitted : 2025-05-27, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan E-Book interaktif kelas V SD materi organ pencernaan, serta mendeskripsikan media yang dikembangkan dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD materi organ pencernaan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, meliputi tahapan: 1) Analysis, 2) Design (tahap desain), 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V SDN 02 Tlogorejo Malang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes essay literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book interaktif dinyatakan sangat valid oleh ahli materi (95,83%) dan ahli media (92,5%), praktis berdasarkan hasil angket respon siswa (86,67% pada uji coba kelompok kecil dan 89,58% uji coba kelompok besar). serta efektif meningkatkan literasi sains siswa kelas V dengan nilai N-Gain sebesar 0.74 tergolong kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Book interaktif pada materi organ pencernaan kelas V SD tergolong sangat valid praktis dan efektif dalam meningkatkan literasi sains.

Keywords

E-Book Interaktif; IPAS; Canva; Literasi; Literasi Sains

References

[1] Irsan, I, “Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, p. 5631 – 5639, November. 2021.

[2] Yuliati, Y, “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, Juli. 2017.

[3] Kemendikbud, “Materi Pendukung Literasi Sains”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

[4] Permatasari, N, “Identifikasi Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 43 Rejang Lebong,” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, vol. 6, no.1, p. 23-46, Maret. 2022.

[5] OECD. 2023a. PISA 2022 Results (Volume II). Learning During-and from-Distruption, PISA OECD Publishing, Paris. DOI: 10.1787/a97db61c-en.

[6] Asela, Saas., Salsabila, H., Hidayah, N., Lestari, P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R, “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Pai Bagi Gaya Belajar Siswa Visual,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no.7, p. 1297-1303, Desember. 2020.

[7] Rahman, A. A, “Pengembangan Media Pembelajaran Aquaponik-Induksi Elektromagnetik Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis STEM,” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, p. 357-370, Juli. 2020.

[8] Ditriguna, I. N., Sudiana, I. N., & Suastra. I. W, “Media Komik Digital dengan Aplikasi Comic Life Untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas VI.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 7, no. 3, p. 416-424, Oktober. 2023.

[9] Febrianti, F. A, “Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, p. 102-115, Juli. 2021.

[10] Filjinan, S. K, “Pengembangan E-Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa,” Jurnal Pendidikan Berkarakter, vol. 5, no. 2, p. 125-129, September. 2022.

[11] Wandini, R. R., Daulay, S. H., Damanik, E. S. D., Mardianto, M., & Akhyaruddin, A, “Students’ Scientific Literacy Skills by Using Big book-based Science Textbooks (Changes in Form of Objects),” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, p. 1897-1906, November. 2021.

[12] Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K, “Model Penelitian Pengembangan”. Graha Ilmu. 2014.

[13] Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta. 2017.

[14] Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, p. 1167 –1173, vol. 7, no. 3, September. 2022.

[15] Yohanis, J., Triwiyino, & Modouw, W, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Bilingual Kelas X Pokok Bahasan Gerak Lurus di SMA Negeri 3 Jayapura,” Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 3, November. 2017.

[16] Rosidi, Irsad, “Profil Literasi Sains Aspek Kompetensi Siswa Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Dengan Menggunakan Penilaian Berbasis Digital,” Jurnal Natural Science Educational Research, vol. 1, no. 9, p. 4-9, Juli. 2021.

[17] OECD. 2013. PISA 2012. Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. DOI: 10.1787/9789264190511- en.

Article Metrics

Abstract view: 0 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.