Desain pembelajaran materi pembagian pecahan: Implementasi penguatan literasi numerasi siswa SMP dengan Artificial Intelligence
Submitted : 2025-05-21, Published : 2025-12-03.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran matematika materi pembagian pecahan dengan pecahan berbantuan Artificial Intelligence (AI) guna penguatan literasi numerasi siswa SMP. Metode yang digunakan adalah design research tipe validation studies, yang terdiri dari tiga tahapan: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 44 Palembang, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes (kemampuan awal dan akhir), dan dokumentasi, menggunakan konteks lapangan Gobak Sodor. Analisis data dilakukan secara deskriptif, berfokus pada perbandingan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran berbantuan AI ini terbukti efektif, memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan visual, serta berhasil merumuskan Local Instruction Theory (LIT). Secara spesifik, penguatan kemampuan literasi numerasi siswa terjadi pada tiga indikator utama: (a) menggunakan angka dan simbol matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis, (b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan), dan (c) menggunakan interpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Simpulan dari penelitian ini adalah desain pembelajaran matematika berbasis AI terbukti mampu secara signifikan meningkatkan dan menguatkan kompetensi literasi numerasi siswa SMP.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] I. D. Hastuti, Y. Mariyati, S. Sutarto, and C. Nasirin, "The effect of guided inquiry learning model to the metacognitive ability of primary school students," Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, vol. 8, no. 1, p. 37, 2020. doi: 10.33394/j-ps.v8i1.2615. [Online]
[2] E. A. Susanti, "Pemahaman siswa SMP terhadap konsep pembagian pecahan berdasar tugas pengajuan soal analogis," MATHEdunesa, vol. 9, no. 3, pp. 607-620, 2020. [Online]
[3] M. R. Baharuddin, F. Fitriani, and A. Wafda, "The urgency of developing digital teaching modules with Luwu cultural context for literacy skills," AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 17, no. 1, pp. 784-796, 2025. [Online]
[4] W. Han et al., Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud, 2017. [Online]
[5] A. Schleicher, PISA 2018: Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing, 2019. Accessed: Oct. 19, 2025. [Online].
[6] D. Ambarwati and M. D. Kurniasih, "Pengaruh problem based learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa," Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, vol. 5, no. 3, pp. 2857-2868, 2021. [Online].
[7] N. Z. Salvia, F. P. Sabrina, and I. Maula, "Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika," in Proc. Sem. Nas. Pendidikan Matematika Univ. Pekalongan (ProSANDIKA UNIKAL), vol. 3, no. 1, pp. 351β360, Jan. 2022. [Online].
[8] Z. Futuhal Aripin, U. Ruswandi, D. Muhammad, and A. Aziz, "Desain pembelajaran model Dick and Carey pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam," in Proc. Gunung Djati Conf. Ser., vol. 10, 2022.
[9] P. Cobb and K. Gravemeijer, βDesign research from a learning design perspective,β in Educational Design Research, London, U.K.: Routledge, 2006, pp. 29β63.
[10] R. C. I. Prahmana, Y. S. Kusumah, and D. Darhim, βKeterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian pendidikan matematika: Studi eksplorasi pada mahasiswa PPG,β Infinity Journal, vol. 5, no. 2, pp. 123β132, 2016. [Online]. Available: https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.p123-132
[11] J. Van den Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, and N. Nieveen, "Introducing educational design research," in Educational Design Research. Enschede, The Netherlands: SLO, 2006.
[12] H. A. A. Van Eerde, "Design research: Looking into the heart of mathematics education," in Proc. 1st South-East Asian Design Research Conf., Palembang, UNSRI, 2013, pp. 1-11.
[13] M. Simon, "Hypothetical learning trajectories in mathematics education," in Encyclopedia of Mathematics Education. New York: Springer, 2020, pp. ___. doi: 10.1007/978-3-030-15789-0_72.
[14] T. Plomp and N. Nieveen, Eds., Educational Design Research: Part AβAn Introduction. Enschede, The Netherlands: SLO, 2013. doi: 10.1007/978-94-6300-275-6.
[15] S. McKenney and T. C. Reeves, Conducting Educational Design Research, 2nd ed. New York: Routledge, 2019. doi: 10.4324/9781315105642.
[16] B. Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, M. Dolk, and D. van Eerde, "Developing a local instruction theory for learning the concept of angle through visual field activities and spatial representations," Int. Educ. Stud., vol. 6, no. 8, 2013. doi: 10.5539/ies.v6n8p58.
[17] A. Imaniyah and R. Zuroida, "Eksplorasi etnomatematika konsep geometri dan bilangan dalam permainan gobak sodor," Matematika Dan Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 1β9, 2020.
[18] Y. Ratnawati, S. Muntomimah, and S. E. Haryono, "Peningkatan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun menggunakan media plastisin," J. Caksana: Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 8, no. 1, pp. 418β431, 2025.
[19] F. W. Dwi and G. S. Sidik, "Efektivitas Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis RME pada Topik Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 1, pp. 1-10, 2020.
[20] N. Aien, L. Laswadi, and M. Sari, "Penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar siswa," Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 71-87, 2025.
[21] S. S. A. S. Siagian, P. Wulandari, and B. Saragih, "Software GeoGebra pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur," J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 43-52, 2023.
Article Metrics
Abstract view: 0 times
Download  : 0 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




