Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pembelajaran dan poster untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 5 SDN Dilem 1 pada mata pelajaran IPAS

Desta Dewa Dani, Diana Kusumaningrum

Submitted : 2025-08-08, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar kognitif siswa SD Dilem 1 pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini di dasari dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan dan hasil tes awal (pre test) yang menemukan bahwa nilai hasil belajar kognitif siswa yang kurang. Nilai hasil belajar kognitif siswa yang kurang disebabkan oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran dan alat bantu pembelajaran yang variatif. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapakan model dari Kemmis McTaggart. Model dari Kemmis McTaggart memiliki langkah-langkah dalam proses pelaksanaanya mulai dari proses perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan pada penelitian  yaitu ditandai dengan presentase kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 70% atau dikategorikan baik. Siklus I diperoleh 62% dikategorikan cukup, dan belum mencapai presentase kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang sudah ditentukan, oleh karena itu perlu  dilaksannakan perbaikan pada sklus berikutnya. Pada siklus kedua presentase kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran mengalami peningkatan hingga 81% atau dikategorikan baik. Setelah mengetahui bahwa niali hasil belajar kognitif yang meningkat, setelah  menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan media video pembelajaran dan poster yang dilaksanakan di SDN Dilem 1, hasil belajar kognitif siswa meningkat.

Keywords

Hasil belajar kognitif; Problem based learning; Video pembelajaran; Poster

References

[1] A. Abroto, A. Prastowo, and R. Anantama, ‘Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar’, basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1632–1638, May 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.971.

[2] 2. A. A. Anjelina Putri, I. W. Swatra, dan I. M. Tegeh, “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD,” Mimbar Ilmu, vol. 23, no. 1, 2018, doi: 10.23887/mi.v23i1.16407..

[3] 3. E. N. Qorimah dan S. Sutama, “Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2055–2060, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2348.

[4] 4. W. Nurdian dan S. Santoso, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Kartu Soal di SMK,” Tata Arta, vol. 7, no. 3, 2021, DOI: N/A.

[5] M. A. R. Fauzi, S. A. Azizah, N. Nurkholisah, W. Anista, and A. P. Utomo, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi’, biology, vol. 1, no. 3, pp. 1–11, Dec. 2023, doi: 10.47134/biology.v1i3.1965.

[6] 6. R. Iis Intan Widiyowati, “Kemampuan Kognitif Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Arias pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan,” Bivalen: Chemical Studies Journal, vol. 1, no. 1, 2018, DOI: N/A.

[7] H. Hotimah, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jukasi, vol. 7, no. 3, p. 5, Nov. 2020, doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

[8] 8. F. (Friendha) Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar,” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 91–100, Dec. 2019, doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.

[9] Windasari, T. S., & Syofyan, H., “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.21009/jpd.v10i1.11241

[10] M. Heo and N. Toomey, ‘Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability’, Computers & Education, vol. 146, p. 103747, Mar. 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103747.

[11] N. L. Andriyani and N. W. Suniasih, ‘Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade’, JET, vol. 5, no. 1, p. 37, Mar. 2021, doi: 10.23887/jet.v5i1.32314.

[12] W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, JIPPG, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, Mar. 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.

[13] H. Hildayanti, A. S. Samsuri, and T. A. Arief, ‘Pengaruh Penggunaan Media Poster Dalam Menulis Karangan Narasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar’, jkpd, vol. 3, no. 2, p. 518, Sept. 2018, doi: 10.26618/jkpd.v3i2.1418.

[14] D. E. Pertiwi, “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation,” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram (terdaftar/terbit), vol. 7, no. 2, 2020 (penelitian terdistribusi sejak 2019), DOI: N/A.

[15] S. Nurfadillah, T. Saputra, T. Farlidya, S. W. Pamungkas, dan R. F. Jamirullah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi ‘Perubahan Wujud Zat Benda’ Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.36088/NUSANTARA.V3I1.1282..

[16] A. Prihantoro and F. Hidayat, ‘Melakukan Penelitian Tindakan Kelas’, UJII, vol. 9, no. 1, pp. 49–60, Nov. 2019, doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

[17] Henniwati, ‘Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020’, Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 2621 – 2676, pp. 2528–0775, 2021.

[18] S. Arikunto, Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas, Yogyakarta: (buku), 2010. DOI: N/A.

[19] W. F. Wardani, “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018,” (laporan/tesis/artikel lokal), 2018/2019, DOI: N/A.

[20] A. A. Anjelina Putri dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD,” Mimbar Ilmu, vol. 23, no. 2, 2018 — (entri duplikat/variasi penerbitan; jika ini sama dengan [2], gunakan DOI di [2]), doi: 10.23887/mi.v23i1.16407.

[21] M. A. R. Fauzi, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif Dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif,” Jurnal Biologi, vol. 3, pp. 1–11, 2023 — (duplikat/variasi dengan [5]), doi: 10.47134/biology.v1i3.1965.

Article Metrics

Abstract view: 23 times
Download     : 11   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.