Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pembelajaran dan poster untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 5 SDN Dilem 1 pada mata pelajaran IPAS
Submitted : 2025-08-08, Published : 2025-12-03.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] A. Abroto, A. Prastowo, and R. Anantama, ‘Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar’, basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1632–1638, May 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.971.
[2] 2. A. A. Anjelina Putri, I. W. Swatra, dan I. M. Tegeh, “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD,” Mimbar Ilmu, vol. 23, no. 1, 2018, doi: 10.23887/mi.v23i1.16407..
[3] 3. E. N. Qorimah dan S. Sutama, “Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2055–2060, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2348.
[4] 4. W. Nurdian dan S. Santoso, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Kartu Soal di SMK,” Tata Arta, vol. 7, no. 3, 2021, DOI: N/A.
[5] M. A. R. Fauzi, S. A. Azizah, N. Nurkholisah, W. Anista, and A. P. Utomo, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi’, biology, vol. 1, no. 3, pp. 1–11, Dec. 2023, doi: 10.47134/biology.v1i3.1965.
[6] 6. R. Iis Intan Widiyowati, “Kemampuan Kognitif Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Arias pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan,” Bivalen: Chemical Studies Journal, vol. 1, no. 1, 2018, DOI: N/A.
[7] H. Hotimah, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jukasi, vol. 7, no. 3, p. 5, Nov. 2020, doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.
[8] 8. F. (Friendha) Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar,” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 91–100, Dec. 2019, doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.
[9] Windasari, T. S., & Syofyan, H., “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.21009/jpd.v10i1.11241
[10] M. Heo and N. Toomey, ‘Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability’, Computers & Education, vol. 146, p. 103747, Mar. 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103747.
[11] N. L. Andriyani and N. W. Suniasih, ‘Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade’, JET, vol. 5, no. 1, p. 37, Mar. 2021, doi: 10.23887/jet.v5i1.32314.
[12] W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, JIPPG, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, Mar. 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.
[13] H. Hildayanti, A. S. Samsuri, and T. A. Arief, ‘Pengaruh Penggunaan Media Poster Dalam Menulis Karangan Narasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar’, jkpd, vol. 3, no. 2, p. 518, Sept. 2018, doi: 10.26618/jkpd.v3i2.1418.
[14] D. E. Pertiwi, “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation,” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram (terdaftar/terbit), vol. 7, no. 2, 2020 (penelitian terdistribusi sejak 2019), DOI: N/A.
[15] S. Nurfadillah, T. Saputra, T. Farlidya, S. W. Pamungkas, dan R. F. Jamirullah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi ‘Perubahan Wujud Zat Benda’ Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.36088/NUSANTARA.V3I1.1282..
[16] A. Prihantoro and F. Hidayat, ‘Melakukan Penelitian Tindakan Kelas’, UJII, vol. 9, no. 1, pp. 49–60, Nov. 2019, doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
[17] Henniwati, ‘Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020’, Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 2621 – 2676, pp. 2528–0775, 2021.
[18] S. Arikunto, Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas, Yogyakarta: (buku), 2010. DOI: N/A.
[19] W. F. Wardani, “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018,” (laporan/tesis/artikel lokal), 2018/2019, DOI: N/A.
[20] A. A. Anjelina Putri dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD,” Mimbar Ilmu, vol. 23, no. 2, 2018 — (entri duplikat/variasi penerbitan; jika ini sama dengan [2], gunakan DOI di [2]), doi: 10.23887/mi.v23i1.16407.
[21] M. A. R. Fauzi, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif Dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif,” Jurnal Biologi, vol. 3, pp. 1–11, 2023 — (duplikat/variasi dengan [5]), doi: 10.47134/biology.v1i3.1965.
Article Metrics
Abstract view: 23 times
Download  : 11 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




