Analisis penerapan konsep matematika melalui perencanaan rute pendakian Gunung Budug Asu

Vina Oktaria, Nila Agustin Agustin, Era Dwi Kartika, Nopem Kusumningtyas Sumitro

Submitted : 2025-06-27, Published : 2025-12-10.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti konsep matematika yang berperan dalam perencanaan rute pendakian gunung. Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini berfokus pada jarak kecepatan, waktu, elevasi, karakteristik medan dalam pendakian gunung. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pendakian. Objek yang diteliti yaitu gunung budug asu, yang didapatkan pada hasil penelitian ditemukan bahwa rute yang memakan sedikit waktu pada rute pendakian adalah rute kiri, dengan waktu tempuh sebanyak 84 menit/1,24 jam. Sedangan pada rute kanan lebih memakan banyak watu dengan waktu tempuh sekitar 140 menit 2,20 jam. Kesimpulannya, penerapan konsep matematika membantu pendaki menentukan rute paling efisien dan relevan untuk keselamatan dan kenyamanan pendakian.

Keywords

Rute pendakian; Pendakian gunung; Penerapan konsep; Perencanaan; Gunung budug asu

References

[1] Hidayat, R. (2020). Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jakarta: Jurnal Imiah Sekolah Dasar.

[2] Roddy, Y, S. (2020). Implementasi Algoritma Dijkstra Dan Metode Haversine Pada Pnentuan Jalur Terpendek Pendakian Gunung Merapi Jalur Selo Berbasis Android. Jurnal TIKomSIN, Vol.8, No. 1, 2020.

[3] Sari, D. (2019). Analisis Kestabilan Lereng Menggunakan Software Geostudio 2012, Studi Kasus Daerah Wisata Kabupaten Pesawaran Lampung. Penerbit: Jurnal Itera.

[4] Gonzalez, A. (2016). Measurement of Areas on A Sphere using Fibonnaci and Latitude - Longitude Lattices.

[5] Junanda, B. (2016). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra Pada Sistem Infirmasi Geografis Pementaan Statiun Pengisian Bahan Bakar Umum . Universitas Negeri Padang.

[6] Prabowo, A. (2021). Statistika dan Probabilitas dalam Perencanaan Rute Pendakian. Yogyakarta: Penerbit Universitas Yogyakarta.

[7] Condro Prio, U. (2025). Implementasi Graph Database Untuk Rekomendasi Rute Pendakian Gunung Yang terbaik. Malang: Skripsi Unisversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[8] Prianto, C., & Kusnadi, M. (2018). Penerapan Algoritma Dijktra untuk Menentukan Rute Terbaik pada Mobile E-Parking Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Unidha.

[9] Santoso, T. (2021). Algoritma Optimasi untuk Rute Pendakian Gunung. Jurnal Teknologi Informasi, 15(2), 134-145.

[10] Ismantohadi, E., & Iryanto. (2018). Penerapan Algoritma Dijkstra Untuk Penentuan Jalur Terbaik Evakuasi Tsunami - Studi Kasus : Kelurahan Sanur Bali. Jurnal Teknologi Terapan.

[11] Raharja, Muh Adi, dkk. (2020). Analisis Perbandingan Jalur Pendakian dan Waktu Eksisting di Gunung Prau dengan Tobler Hiking Fuction dan Naismith’s Rules Menggunakan Metode Least Cost Path. Diss. Universitas Gadjah Mada.

[12] Khoir, Farhan Ramadhan, dkk. (2024). Perencanaan Rute Optimal Kunjungan Destinasi Wisata Bandung dengan Algoritma Dijkstra Pada C++. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis. Vol. 6No. 2 Hal. 275-281. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/1167/786 .

[13] Farid, Puji, S. (2020). Analisis Persiapan Fisik Pendakian Gunung Ijen Dan Gunung Ranti Di kabupaten Banyuwangi. JPJ (Jurnal Pendidikan Jasmani). Vol. 1, No.2, Desember 2020.

[14] Wijaya, B., & Hartono, R. (2023). Integrasi Matematika dan Teknologi Pemetaan Digital dalam Perencanaan Pendakian. Jurnal Matematika Terapan, 18(1), 78-89.

[15] Kvale, S. (2016). Wawancara: Seni Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[16] Khoirul, R. (2021). Perancangan Aplikasi Jalur Pendakian Dan Monitoring Pendaki Gunung Ungaran Bebasis Global Positioning System (GPS). Jurnal Ilmu Teknik informatika, Vol.1, No.1, Mei 2021,pp. 11-18.

[17] Bagus, A, I. (2018) Penentuan Jalur Pendakian Baru Gunung Lawu Menggunakan Analisis Least Cost Path, Crossing Kontur, Dan Analisis Lapangan di Wilayah Kabupaten Ngawi. Jurnal Bumi Indonesia.

Article Metrics

Abstract view: 4 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.