Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau berdasarkan kemampuan siswa

Siti Napfiah, Revira Cahaya Zahira

Submitted : 2024-03-09, Published : 2024-06-05.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita pada materi himpunan ditinjau berdasarkan kemampuan siswa bagisiswa SMP kelas XI. Indikator kesulitan pada penelitian ini adalah kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan mengingat materi, kesulitan menentukan rumus. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas XI dari SMPN 2 Beji, yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan masih ada siswa yang belum bisa menyelesaikan soal cerita materi himpunan, penyebab kesulitan tersebut dikarenakan siswa tidak menguasai materi himpunan dan siswa cenderung lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. Siswa juga tidak teliti dalam memahami soal sehingga siswa belum mampu menyelesaikan soal dengan tepat. Siswa juga belum mampu mengubah soal yang diberikan ke dalam model matematika. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut dapat melakukan proses pembelajaran seperti  penerapan soal pada kehidupan nyata, lebih memerhatikan tingkat penguasaan materi siswa, melakukan sedikit tes kepada siswa yang belum paham.

Keywords

soal cerita; himpunan, kemampuan matematika

References

[1] Lispika, L. (2022). Sejarah Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan. Journal of Arts and Education, 2, 24–24.

[2] Dwi Listiana, A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1, 60–65.

[3] Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. In Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi (Vol. 2, Issue 1).

[4] Nuraeni, N., & Apriani Syihabuddin Syahna. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. BELAINDIKA Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 2, 19–30.

[5] Napfiah, S., & Masiuchiatus zahro, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bersusun. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1). http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika

[6] Silpiani, & Senjayawati, E. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMPN 5 Pasirkuda Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20411

[7] Syafira Anggari, R., & Rufia

Lispika, L. (2022). Sejarah Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan. Journal of Arts and Education, 2, 24–24.

Dwi Listiana, A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1, 60–65.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. In Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi (Vol. 2, Issue 1).

Nuraeni, N., & Apriani Syihabuddin Syahna. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. BELAINDIKA Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 2, 19–30.

Napfiah, S., & Masiuchiatus zahro, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bersusun. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1). http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika

Silpiani, & Senjayawati, E. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMPN 5 Pasirkuda Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20411

Syafira Anggari, R., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau dari Minat Belajar. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322.

Dwi Pamungkas, M., & Wicaksono, A. B. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang Berdasarkan Teori Newman. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya.

Wibawa, H. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Siswa Kelas VII. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, Vol. 4, Issue 2.

na, I. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau dari Minat Belajar. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

[8] Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322.

[9] Dwi Pamungkas, M., & Wicaksono, A. B. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang Berdasarkan Teori Newman. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya.

[10] Wibawa, H. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Siswa Kelas VII. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II.

[11] Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, Vol. 4, Issue 2.

Article Metrics

Abstract view: 43 times
Download     : 25   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.