Pengembangan buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital sebagai media belajar materi tumbuhan hijau untuk siswa sekolah dasar

Dewi Masithoh, Fitriana Dwi Setyaningrum

Submitted : 2025-05-09, Published : 2025-06-25.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital yang layak dan efektif sebagai media belajar materi “tumbuhan hijau” untuk siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), tipe ADDIE dengan tahapan: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan bulan Januari - Agustus 2023. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SDIT Samawi, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian berupa produk buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital yang layak dan efektif digunakan sebagai media belajar untuk siswa sekolah dasar. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh persentase skor rata-rata sebanyak 94.94% dengan nilai A “sangat baik” dan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital sebagai media belajar untuk siswa sekolah dasar dinyatakan efektif dengan perolehan skor persentase sebesar 86% kategori “sangat layak”.

Keywords

Ensiklopedia; Buku Digital; Media Belajar; Sains; Sekolah Dasar

References

[1] Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BPK, 2003. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

[2] D. Masithoh, “Penerapan Metode Genius Learning Strategy Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar,” Joned: Journal of Nusantara Education, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Aug. 2021, doi: 10.57176/jn.v1i1.1.

[3] V. Herawati, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media ‘Rumah Eksis’ di Sekolah Dasar,” Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1341–1349, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2297.

[4] N. Rambe and D. Masithoh, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media WhatsApp Group terhadap Hasil Belajar Kompetensi IPA di Sekolah Dasar,” Joned: Journal of Nusantara Education, vol. 2, no. 2, pp. 46–52, Apr. 2023, doi: 10.57176/jn.v2i2.42.

[5] H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, Jul. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

[6] M. Marwatan, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Pecahan Nilai Uang Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 146/X Tanjung Solok,” Journal of Education, vol. 4, no. 2, pp. 437–447, Jan. 2022, doi: 10.31004/joe.v4i2.463.

[7] Q. ‘Ainiyah and D. Masithoh, “Analisis Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul Yogyakarta,” Competitive: Journal of Education, vol. 2, no. 1, pp. 42–52, Feb. 2023, doi: 10.58355/competitive.v2i1.14.

[8] W. F. Hana, M. Ekaningtias, and S. W. Jannah, “Desain Pengembangan Ensiklopedia Tanaman Obat Berbasis Potensi Lokal di Pulau Lombok,” Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 9, no. 2, pp. 36–41, Dec. 2020, doi: 10.33627/oz.v9i2.387.

[9] I. Kartika and Ibrahim, “Efektivitas Ensiklopedia IPA Terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra,” Inklusi: Journal of Disability Studies, vol. 7, no. 2, pp. 229–252, Dec. 2020, doi: 10.14421/ijds.070203.

[10] D. Masithoh, “Teachers’ Scientific Approach Implementation in Inculcating The Students’ Scientific Attitudes,” Jurnal Prima Edukasia, vol. 6, no. 1, pp. 32–43, Jan. 2018, doi: 10.21831/jpe.v6i1.14282.

[11] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

[12] F. Harahap, Nurliza, and N. E. A. Nasution, “Pengembangan Ensiklopedia Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan Sebagai Sumber Belajar Tambahan untuk Siswa SMA,” Jurnal Pelita Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 52–61, Apr. 2020, doi: 10.24114/jpp.v8i1.17301.

[13] W. Priatama, A. Hamidah, and E. Anggereini, “Ensiklopedia Keanekaragaman Ikan di Danau Kerinci Sebagai Sumber Belajar Berbasis Android,” Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 7, no. 2, pp. 45–54, Jun. 2020, doi: 10.22437/bio.v7i2.13030.

[14] A. Risabethe and B. Astuti, “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 7, no. 1, pp. 34–45, Apr. 2017, doi: 10.21831/jpk.v7i1.15498.

[15] Y. Wahyu, A. L. Edu, and M. Nardi, “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 6, no. 1, pp. 107–112, Jan. 2020, doi: 10.29303/jppipa.v6i1.344.

[16] A. Billah and Sarwanto, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Mata Manusia Berbasis Android,” Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 9, no. 2, pp. 85–91, Apr. 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v9i2.50070.

[17] S. Napfiah and A. Widiarti K, “Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Pada Materi Statistika,” Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, vol. 3, no. 2, pp. 43–50, Dec. 2024, doi: 10.28989/cakrawala.v3i2.2427.

[18] Y. Erawati, Raharjo, and U. Azizah, “Pengembangan Media Ensiklopedia Bentuk dan Fungsi Tumbuhan Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 195–205, Jul. 2020, doi: 10.21067/jbpd.v4i2.4389.

[19] N. Karimah, N. Ngazizah, and A. Ratnaningsih, “Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita,” Syntax Idea, vol. 3, no. 8, pp. 1924–1936, Aug. 2021, doi: 10.46799/syntax-idea.v3i8.1429.

[20] R. Adawiyah and I. Kartika, “Pengembangan Ensiklopedia IPA Berbasis Integrasi-Interkoneksi Islam-Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah,” Edusains., vol. 13, no. 1, pp. 34–44, Jun. 2021, doi: 10.15408/es.v13i1.12970.

[21] D. I. Cristiana, T. Anjarini, and R. Y. Purwoko, “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Materi Suhu dan Kalor di Sekolah Dasar,” Sittah: Journal of Primary Education, vol. 2, no. 2, pp. 145–160, Oct. 2021, doi: 10.30762/sittah.v2i2.3400.

[22] D. A. Bujuri, N. Ananda, A. D. Saputra, and T. Handayani, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta,” Sittah: Journal of Primary Education, vol. 3, no. 2, pp. 117–132, Oct. 2022, doi: 10.30762/sittah.v3i2.495.

[23] W. Oktiningrum and A. R. Putri, “Pengembangan Bahan Ajar Pocket Book Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V SD,” Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, vol. 1, no. 2, pp. 45–54, Jan. 2023, doi: 10.28989/cakrawala.v1i2.1407.

[24] A. Richana and D. Masithoh, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar,” Primer: Journal of Primary Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 40–46, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/2.

[25] I. Irfandi and R. Murwindra, “Development of Critical Thinking Problems Using The Wondershare Quiz Creator Application on Salt Hydrolysis Materials,” Jnanaloka, vol. 3, no. 2, pp. 67–74, Sep. 2022, doi: 10.36802/jnanaloka.2022.v3-no2-67-74.

Article Metrics

Abstract view: 33 times
Download     : 6   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.