Pengembangan tes formatif materi teorema pythagoras konteks budaya banjar untuk mengukur pemahaman konsep siswa SMP/MTs
Submitted : 2025-05-18, Published : 2025-06-25.
Abstract
Kurikulum Merdeka menekankan pemahaman konsep, namun pemahaman konsep siswa terhadap teorema Pythagoras masih rendah. Tes formatif dapat digunakan untuk mengukur pemahaman ini. Konteks budaya Banjar digunakan untuk membantu siswa membangun pemahaman yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes formatif yang valid, reliabel, efektif, dan praktis pada materi teorema Pythagoras konteks budaya Banjar untuk mengukur pemahaman konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE. Terdapat enam butir tes uraian yang terbagi dalam dua paket. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 15 Banjarmasin yang melibatkan 33 siswa kelas VIII C dan 30 siswa kelas VIII D. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar validasi, angket respons siswa, dan tes formatif. Hasil lembar validasi menunjukkan tes formatif berada pada kriteria valid. Hasil pengerjaan tes formatif siswa menunjukkan tes formatif valid secara empiris, reliabel, dan efektif. Sedangkan hasil angket respons siswa menunjukkan tes formatif berada pada kategori praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] H. Solehah and D. Setiawan, “Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 23929–23940, 2023, doi: 10.31004/jptam.v7i3.10406.
[2] T. Wati, T. W. Agrita, and N. Avana, “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 183/II Sumber Mulya,” Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), vol. 1, no. 5, pp. 16–24, 2024, doi: 10.61722/jinuv1i5.2406.
[3] Taqiyuddin, Supardi, and Lubna, “Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 3, pp. 1936–1942, Aug. 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i3.2392.
[4] A. Ulfah, C. F. Pasani, and Kamaliyah, “Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa SMP,” Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 48–58, 2021, doi: 10.20527/edumat.v9i1.10405.
[5] A. Widyanti, “Kajian Literatur Tentang Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Pemahaman Konsep Matematis,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV, vol. 4, no. 1, pp. 355–364, 2022.
[6] P. Hulu, A. O. Harefa, and R. N. Mendrofa, “Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 152–159, Jan. 2023, doi: 10.56248/educativo.v2i1.97.
[7] S. Hariyadi and M. F. Muttaqin, “Pemahaman Konsep Geometri pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang,” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, vol. 6, no. 3, pp. 204–210, 2020, doi: 10.26740/jrpd.v6n3.p204-210.
[8] S. G. Jabali, Supriyono, and P. Nugraheni, “Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Aljabar,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 185–198, Dec. 2020, doi: 10.35316/alifmatika.2020.v2i2.185-198.
[9] P. Yudhi and F. Septiani, “Pembelajaran dengan Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak,” Inovasi Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 59–64, 2024, doi: 10.31869/ip.v11i1.5649.
[10] A. R. Bimantara, “Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, pp. 1252–1258, 2024, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6370.
[11] M. D. Kofi and O. Mamoh, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP dan LKS Materi Segiempat dan Segitiga pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Miomaffo Barat Menggunakan Pendekatan Etnomatematika,” Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2020, doi: 10.32938/jipm.5.1.2020.1-13.
[12] I. M. Surat, “Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika,” Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. 7, no. 2, pp. 143–154, 2018, doi: 10.5281/zenodo.2548083.
[13] Z. Amelia and D. L. Sulistiowati, “Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo pada Materi Kongruensi dan Kesebangunan,” Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 372–383, 2024, doi: 10.32938/jipm.9.1.2024.372-383.
[14] A. H. Purwanto and Jailani, “Pengembangan Soal Matematika Model AKM Menggunakan Konteks Budaya Yogyakarta untuk Mengetahui Profil Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas,” Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, vol. 2, no. 6, pp. 182–204, Nov. 2024, doi: 10.62383/algoritma.v2i6.299.
[15] S. Jafirah, N. Fajriah, and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Soal Literasi Matematika dengan Konteks Etnomatematika pada Pasar Terapung untuk Siswa Tingkat SMP/MTs,” Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 2, pp. 393–403, Oct. 2024, doi: 10.20527/edumat.v12i2.19007.
[16] Hendrakus, Y. Sarassanti, and Lestari. Novika, “Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teorema Pythagoras,” Jurnal Pendidikan Matematika (Al Khawarizmi), vol. 2, no. 1, pp. 29–36, 2022, doi: 10.46368/kjpm.v2i1.615.
[17] N. Setiawan and Nuryadi, “Analisis Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras SMP Kelas VII,” Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 178–185, 2024, doi: 10.47662/pedagogi.v10i2.777.
[18] H. Susmina and R. Marlina, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Barisan dan Deret,” vol. 10, no. 2, pp. 387–397, 2024, doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v1i2.7131.
[19] Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika,” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2020, doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.
[20] M. Rensiana, G. Dwirahayu, and F. M. Putri, “Pengembangan Instrumen Tes Pemahaman Konsep Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika,” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 47–63, 2024, doi: 10.15548/mej.v8i1.8226.
[21] Y. Hervanda, N. Fajriah, and Y. Suryaningsih, “Soal Model Pisa dengan Konteks Etnomatematika untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 76–82, 2020, [Online]. Available: https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/565
[22] D. Farapikatan, C. F. Pasani, and Kamaliyah, “Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika untuk SMP,” Jurmadikta, vol. 4, no. 1, pp. 10–22, 2024, doi: 10.20527/jurmadikta.v4i1.2422.
[23] P. D. Kristanto and P. G. F. Setiawan, “Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan,” in PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Pendidikan Matematika, 2020, pp. 370–376. [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37616
[24] Eliyah, “Validitas Tes Sebagai Media Ukur Ketepatan Evaluasi Mengukur Pencapaian Tujuan Pembelajaran di SD/MI,” Jurnal Edukatif, vol. 5, no. 1, pp. 43–49, 2019, doi: 10.37567/jie.v5i1.56.
[25] Hikmah and Muslimah, “Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI,” in Palangkaraya International and National Conference on Islamic Studies, Dec. 2021, pp. 345–356.
[26] N. R. Azizah and M. Imamuddin, “Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika,” Kariwari Smart: Journal of Education Based on Local Wisdom, vol. 2, no. 2, pp. 76–87, 2022, doi: 10.53491/kariwarismart.v2i2.298.
[27] D. Ariskasari and D. D. Pratiwi, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving pada Materi Vektor,” Desimal: Jurnal Matematika, vol. 2, no. 3, pp. 249–258, 2019, doi: 10.24042/djm.v2i3.4454.
[28] R. Akmalia, M. S. Situmorang, A. Anggraini, A. Rafsanjani, A. Tanjung, and E. E. Hasibuan, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 6, pp. 3878–3885, Dec. 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6373.
Article Metrics


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.