Analisis pemahaman siswa dengan pembelajaran papan waktu ditinjau berdasarkan kemampuan matematika siswa

Nila Agustin, Siti Napfiah

Submitted : 2025-02-17, Published : 2025-06-25.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini yaitu berpusat pada pemahaman siswa melalui pembelajaran papan waktu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tingkat tinggi, sedang dan tingkat rendah dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Peneliti membuat suatu media dimana berfungsi untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan persoalan. Berdasarkan hasil tes, wawancara dan observasi di temukan bahwa pada tingkat kemampuan tinggi siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan media belajar papan waktu tanpa bimbingan dari fasilitator, pada subjek dengan tingkat sedang sesekali masih memerlukan arahan dari fasilitator, sedangkan pada pemahaman tingkat rendah masih memerlukan bimbingan untuk penggunaan media belajar papan waktu. Kesimpulannya adalah pada subjek kemampuan tingkat rendah belum menguasai materi dan memahami persoalan yang dibahas serta memerlukan bimbingan dari fasilitator, sedangkan pada subjek kemampuan tingkat tinggi dapat menjabarkan konsep yang sedang dibahas dan menyelesaikan pesoalan dengan baik. Pada subjek tingkat sedang belum sepenuhnya memahami namun mampu menjelaskan cara penyelesaian dengan baik.

Keywords

Pemahaman, Papan Waktu, Kemampuan Matematika

References

[1] Ratna, Sariningsih. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mtematis Siswa SMP Untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan kontekstual. Jurnal. 2018

[2] Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 2018

[3] Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Longman. 2001

[4] Daryanto. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jurnal. Jakarta: publisher. 2009

[5] Sudriman. Pengaruh Kemampuan dan motivasi. Jurnal Ekonomi. 2013

[6] Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.2011

[7] Arsyad. Media Pembelajaran. Academi.edu. 2011

[8] Quratul, Ain. Pengembangan Media jam Metori Mengenal Satuan waktu pada Pembelajaran Matematika Untuk Siwa. Skripsi. Riau : Universitas Islam Riau. 2024

[9] Zulihah, Adinda. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Papan Pintar Materi Satuan Waktu Siswa. Skripsi. Surabaya : Universitas Sunan Ampel Surabaya. 2022

[10] Anggerayni Annisa. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidience Siswa dalam Menyelesaikan Masalah. Artikel. Lampung : Institut Agama Islam Negeri Metro. 2023

[11] Kushartati, Sri. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi S1 Metode Kualitatif Fakultas Psikologi. Skripsi Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan. 2018

[12] Delyani, Gifa. Kulik Teknik Analisis Data Kualitatif Berdasarkan Pendapat Ahli. Jakarta: Publisher, (https://dqlab.id/kulik-teknik-analisis-data-kualitatif-berdasarkan-pendapat-ahli), diakses pada 23 Nov 2024.2022

[13] Yolanda, Rika. Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Materi Satuan Waktu. Skripsi Jember : Universitas Islam Negeri Liai Haji Ahmad Siddi Jember. 2022

[14] Aulia, Salam. Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. 2024

[15] Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera. 2011

[16] Fais, Muhammad Zaenal, dkk. Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3, No. 1. 2019

[17] Miefta, D, P. Peningkatan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Tema 6 MelaluiModel PBL dengan media Zoom Meeting dan AudioVisual Padas siswa kelas 3. Skripsi. Semarang : Universitas PGRI Semarang. 2021

Article Metrics

Abstract view: 6 times
Download     : 8   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.