Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP: Studi penyelesaian masalah bentuk aljabar
Submitted : 2025-05-10, Published : 2025-06-25.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Penilaian
[2] Purwantiningsih, Ary., Suharso, Pudjo dan Ismaya, Erik Aditia. (2018). Pendidikan Untuk Memecahkan Masalah Bangsa Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru (Belajar dari Pengalaman Jepang). Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 26-32. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2805
[3] Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157
[4] Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). The role of mathematical connections in mathematical problem solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 129-144. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.10985.129-144
[5] Surya, Edy; Putri, Feria Andriana; Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94. Doi: http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94
[6] Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
[7] Fasha, Ainuna., Johar, Rahmah., Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53-64. DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995
[8] Rahman, Aditya., Wahyuni, Indria., Noviani, Aat. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Metakognitif Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 28-43. 3. https://doi.org/10.17977/JPB.V10I1.4765
[9] Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematik dalam materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP kelas VIII ditinjau dari perbedaan gender. Journal on Education, 1(2), 372β381.
[10] Nur, Andi Saparuddin., Palobo, Markus. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139-148. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067
[11] Arfiana, A., & Wijaya, A. (2018). Problem solving skill of students of senior high schools and Islamic high schools in Tegal Regency in solving the problem of PISA based on Polyaβs stage. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 211-222. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15783
[12] Thomson, S., Hillman, K., Bortoli, L.D. (2013). A teacherβs guide to PISA mathematical literacy. Australian Council for Educational Research Ltd
[13] Wardhani, Sri. (2005). Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konse, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Materi Pembinaan matematika SMP di Daerah Tahun 2005 (PPPG Matematika).
[14] Nasriadi, A., & Sari, I. (2017). Kemampuan Siswa Memecahkan Soal Setara Pisa Konteks Pekerjaan: Studi Pengembangan Soal Pisa Konten Change And Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 223-238. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1744
[15] Sari, I. K. (2016). The Studentsβ Learning Trajectory of Transformation Geometry. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-120. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/icmse/article/view/13395
[16] Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 57-64. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
[17] Budiaji, Weksi. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.
[18] Maryuliana., Subroto, Imam Much Ibnu., Haviana, Sam Farisa Chairul. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1(2), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12
[19] Bachri, Bachtiar S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.
[20] Rosita, N., & Yuliawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aljabar SMP Berdasarkan Disposisi Matematis. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 2(2), 46-51. DOI: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.565
[21] Oktaviyanthi, Rina., Agus, Ria Noviana. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163-184. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
[22] Sari, Agus Purnama., Ikhsan, M., Saminan. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18-32. DOI: http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.102
[23] Anggoro, Bambang Sri. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153-166. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1757
[24] Mariam, Shinta., Rohaeti, Euis Eti., Sariningsih, Ratna. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 1(2), 156-162. Doi: https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.40
[25] Sari, Intan Kemala. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Usia 14-15 Tahun di Banda Aceh. Numeracy: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 73-86. DOI: https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i1.203
[26] Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
[27] Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
[28] Cragg, Lucy., Gilmore, Camilla. (2013). Skills underlying mathematics: The role of executive functionin the development of mathematics proficiency. Trends in Neuroscience and Education, 3, 63-68. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.tine.2013.12.
Article Metrics


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.