Analisis antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal polinomial kelas XI berdasarkan gender

Nurul Hidayah, Rohmad Wahid Rhamdani, Christine W Suryaningrum

Submitted : 2025-05-09, Published : 2025-06-25.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan antisipasi siswa dalam menyelesaikan soal polinomial berdasarkan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki cenderung menggunakan antisipasi eksploratif, impulsif, dan mengandalkan ingatan, sedangkan siswa perempuan menunjukkan antisipasi analitik. Analisis data mengungkapkan bahwa meskipun kedua kelompok mampu memahami soal dan merencanakan penyelesaian, siswa laki-laki lebih banyak mencoba alternatif tanpa analisis mendalam, sementara siswa perempuan lebih fokus pada perencanaan yang runtut dan pengecekan hasil. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pola antisipasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, yang menunjukkan bahwa faktor gender mempengaruhi strategi pemecahan masalah matematika. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru untuk merancang pendekatan pembelajaran yang mempertimbangkan perbedaan gender agar dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa secara optimal.

Keywords

Antisipasi Siswa; Problem Solving; Polynomial; Gender

References

[1] M. R. Kurniawan and A. Agoestanto, “Systematic Literature Review: Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, pp. 2208–2221, 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2442.

[2] N. I. Hidayah, V. D. Riski, D. L. Kumalasari, U. Veteran, and B. N. Sukoharjo, “Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial Melalui Metode Outdoor Dan Indoor Bersistem Sepur Selam,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 3, pp. 230–239, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jpm

[3] Mujito, “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI POLINOMIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW,” Ojs.Omreto.Ac.Id, vol. 7, no. 2, pp. 190–195, 2022.

[4] I. M. Tarigan, M. M. Simanjorang, and P. Siagian, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender di SMP N 1 Kuta Buluh,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 2984–2998, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1791.

[5] S. Achilla and I. Kharisudin, “Systematic Literature Review Analisis Kemampuan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent dari Hasil Belajar,” vol. 4, no. 2, 2024.

[6] N. Hidayah, “Analisis antisipasi siswa sma dalam menyelesaikan masalah dimensi tiga berdasarkan level van hiele,” 2023.

[7] K. H. Lim, “Students ’ Mental Acts of Anticipating in Solving Problems,” A Diss. Submitt. Partial Satisf. Requir. degree Dr. Philos. Math. Sci. Educ. California, San Diego, 2006, [Online]. Available: file:///D:/referensi artikel scoups utk dikirim ke pak rully/Lim, Kien Hwa.pdf

[8] E. Yudianto, “STUDI KASUS: KARAKTERISTIK ANTISIPASI EKSPLORATIF,” vol. 6, no. 2, pp. 1–23, 2016.

[9] M. Maswar, “Profil Antisipasi Siswa SMP/MTs dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika,” Indones. J. Math. Nat. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 37–52, 2019, doi: 10.35719/mass.v1i1.5.

[10] P. Pramesti and A. H. Rosyidi, “Profil Berpikir Relasional Siswa Smp Dalam Mengambil Keputusan,” MATHEdunesa, vol. 8, no. 2, pp. 201–207, 2019.

[11] A. Y. Ginanjar, “Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD,” J. Pendidik. UNIGA, vol. 13, no. 1, pp. 121–129, 2019, [Online]. Available: www.jurnal.uniga.ac.id

[12] R. V. Rahman, I. N. Parta, and H. Susanto, “Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 5, p. 706, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i5.13595.

[13] F. Razak, A. B. Sutrisno, and R. Kamaruddin, “Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Kepribadian Siswa Tipe Melankolis,” Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 6, no. 2, p. 86, 2018, doi: 10.33394/j-ps.v6i2.1047.

Article Metrics

Abstract view: 4 times
Download     : 2   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.