Studi deskriptif terhadap produk media manipulatif mahasiswa dan relevansinya terhadap konsep matematika
Submitted : 2025-05-15, Published : 2025-06-25.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media manipulatif buatan mahasiswa calon guru matematika, kesesuaian media terhadap konsep matematika, serta tanggapan mahasiswa terhadap proses perancangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan tujuh kelompok mahasiswa yang merancang berbagai media sesuai topik matematika tertentu. Data dikumpulkan melalui dokumentasi media, catatan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat menunjukkan keberagaman bentuk dan kreativitas, meskipun belum semuanya sesuai dengan esensi konsep matematika yang dituju. Proses perancangan juga memberikan pengalaman reflektif yang bermakna bagi mahasiswa dalam memahami keterkaitan antara teori dan praktik pembelajaran. Kesimpulannya, kegiatan perancangan media manipulatif mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari pembelajaran profesi guru.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] A. S. Mendrofa dan R. N. Mendrofa, “Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho Tahun Pelajaran 2021/2022,” Pedagog. J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, hal. 145–167, 2023.
[2] R. B. Rahmawati, S. D. Ardianti, dan W. S. Rondli, “Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Maping berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, hal. 560–566, 2023.
[3] B. Cahyono, S. Karoso, dan R. S. Baso, “Implementasi Media Manipulatif Untuk Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika: Budi Tri Cahyono, Subianto Karoso, Sugito, Rachmie Sari Baso,” Indones. J. Learn. Instr. Innov., vol. 2, no. 01, hal. 1–6, 2024.
[4] D. Romayani, S. Arifin, dan H. Nizar, “Penggunaan Media Manipulatif Puzzle Aljabar Untuk Melihat Kemampuan Matematis Siswa SMP Negeri 8 Pangkalpinang,” JEMST (Journal Educ. Math. Sci. Technol., vol. 4, no. 2, hal. 52–61, 2021.
[5] S. K. Ummah dan R. D. Azmi, “Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, hal. 43–52, 2020.
[6] R. Lusbiantoro dan V. Selviana, “Pengembangan Media Manipulatif ‘Koordinat Riemann’ Pada Materi Integral Tentu Untuk Kelas XII,” EDUPEDIA, vol. 5, no. 2, hal. 168–177, 2022.
[7] S. Mashuri, Media pembelajaran matematika. Deepublish, 2019.
[8] S. Farhana, A. Amaliyah, A. Safitri, dan R. Anggraeni, “Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar,” Matematika, vol. 1, no. 5, 2022.
[9] N. M. Dwijayani, I. A. G. S. Putra, dan I. G. A. N. T. Jayantika, “Peningkatan keterampilan pembuatan media pembelajaran di SD NO. 1 KAPAL,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 3, no. 1, hal. 64–70, 2019.
[10] S. Sudianto, “Penggunaan Media dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika,” Didact. Math., vol. 3, no. 1, hal. 93–101, 2021.
[11] F. M. Al dan F. A. Shofia, “Pengembangan Media Manipulatif Dontik (Donat Statistik) Pada Materi Statistika Untuk Kelas VIII SMP/MTS,” J. Penelit. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 8, no. 2, hal. 207–217, 2024.
[12] S. Rivai dan A. Rahmat, “Pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika untuk pemahaman konsep dasar matematika bagi mahasiswa jurusan S1 pendidikan guru sekolah dasar,” Dikmas J. Pendidik. Masy. dan Pengabdi., vol. 3, no. 1, hal. 57–68, 2023.
[13] N. Nasrul, S. Hasnah, dan D. Dzakiah, “Kompetensi guru di era Society 5.0,” Pros. Kaji. Islam dan Integr. Ilmu di Era Soc. 5.0, vol. 1, no. 1, hal. 116–120, 2022.
[14] A. Asmarika, A. Husin, S. Syukri, W. Wismanto, dan R. Qanita, “Mengasah kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI,” HIKMAH J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 1, hal. 282–300, 2022.
[15] A. Martiasari dan J. B. Kelana, “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Profesi Pendidik., vol. 1, no. 1, hal. 1–10, 2022.
[16] S. A. Putri, H. Purba, Z. A. Az-Zahra, V. Bangun, E. Mailani, dan N. Rarastika, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Materi Kubus,” Pentagon J. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 2, no. 4, hal. 250–260, 2024.
[17] J. W. Creswell dan C. N. Poth, Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications, 2016.
[18] D. Susanto dan M. S. Jailani, “Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah,” QOSIM J. Pendidikan, Sos. Hum., vol. 1, no. 1, hal. 53–61, 2023.
[19] I. S. Annisa dan E. Mailani, “Analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode Miles dan Huberman di kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, hal. 6460–6477, 2023.
[20] N. Maulidah, “Pengembangan Desain Pembelajaran Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPS untuk Menstimulasi Kebiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Sekolah Dasar,” 2023, Universitas Pendidikan Indonesia.
[21] F. Fatmah dan A. Hidayad, “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 10, no. 1, hal. 1–9, 2019.
[22] W. Jala, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa,” J. Pendidik. Refleks., vol. 13, no. 1, hal. 149–162, 2024.
[23] A. Suryadi, Memahami ragam strategi pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2022.
Article Metrics


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.