Efektivitas implementasi strategi REACT berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matematis siswa SMP
Submitted : 2025-05-10, Published : 2025-06-25.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi strategi REACT yang berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas 7 di SMPN 2 Peterongan Jombang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol yaitu rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen sebesar 83,62 dan rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol sebesar 71,43. Selanjutnya, hasil pengujian uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan strategi REACT berorientasi etnomatematik memperoleh hasil N-Gain sebesar 83,15% dengan kategori efektif. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh hasil N-Gain sebesar 55,16% dengan kategori kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi strategi REACT berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matermatis siswa SMP dapat dikatakan berhasil dan efektif. Diharapkan guru dapat menerapkan strategi REACT pada beberapa materi matematika dengan mengintegrasikan konteks yang lebih konkret supaya siswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] N. Dias Laksita Dewi and M. Badrus Sholeh Arif, “Development of STEAM Learning Module to Improve Students’ Science Process Skills,” J. Pendidik. Ipa Veteran, vol. 7, no. 2, p. 2023, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva.
[2] W. Ramadhan, “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah …,” J. Ibriez J. Kependidikan Dasar …, vol. 8, no. 2, pp. 172–186, 2023, [Online]. Available: https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/390.
[3] OCED, “PISA for Development Assessment and Analytical Framework,” OECD Publ., vol. 1, no. 1, pp. 1–198, 2018, [Online]. Available: www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316%0Ahttps://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-e.
[4] O. J. Dores and B. Setiawan, “Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 42–46, 2015.
[5] R. Patta and A. Muin, “Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif,” JIKAP PGSD J. Ilm. Ilmu Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 212–217, 2021.
[6] W. Setiawan, S. J. Hartati, N. C. Putri, and R. K. Dewi, “Analisis Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Pebedaan Kemampuan Matematika,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/11477.
[7] F. Azzahra, P. Sujatmiko, and Y. Kuswardi, “Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika UNS Tahun Ajaran 2018/2019 Ditinjau dari Disposisi Matematika,” J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. III, no. 1, pp. 501–514, 2019.
[8] E. S. Utomo, “Kemampuan Literasi Matematis Calon Guru Dalam Pengajuan Masalah Berorientasi Data Berdasarkan Kemampuan Matematika,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 3, p. 3362, 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i3.6463.
[9] R. A. Indah and M. Fadilah, “Literature Review : Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA,” Biodik, vol. 10, no. 2, pp. 188–198, 2024, doi: 10.22437/biodik.v10i2.33803.
[10] A. AGUSTINA, R. RUSIJONO, and U. DEWI, “Pengaruh Project-Based Online Learning Terhadap Visual Literacy Skill Siswa Smk Jurusan Multimedia,” J. Pendidik. Glas., vol. 5, no. 2, p. 59, 2021, doi: 10.32529/glasser.v5i2.924.
[11] A. Saparuddin, Y. L. Sukestiyarno, and I. Junaedi, “Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous,” Univ. Negeri Semarang, pp. 910–916, 2019.
[12] A. P. Lubis, C. D. Sirait, E. Mailani, L. C. May, M. A. Ketaren, and S. Maharaja, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Penguatan Nilai Budaya,” vol. 2, no. 5, 2024.
[13] P. Strategi, U. Meningkatkan, K. Pemahaman, K. Matematis, and V. S. Dasar, “PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN,” 2017.
[14] M. Apriani and D. Annisa, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,” vol. 5158, pp. 52–59, 2017, doi: 10.24815/jp.v.
[15] M. A. Sukma, I. Asih, V. Yandari, and T. Pamungkas, “PENERAPAN STRATEGI REACT ( RELATING , EXPERIENCING , APPLYING , COOPERATING AND TRANSFERRING ) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP,” vol. 03, no. 01, pp. 23–35, 2020.
[16] E. D. Masni, “Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Mathematical Habits of Mind Siswa Smp,” J. Penelit. Pendidik. Insa., vol. 20, no. 1, pp. 38–44, 2017.
[17] N. A. Fajriah, N. Nursalam, S. Suharti, and F. Nur, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1626–1639, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.634.
[18] P. Kiranasari, A. Buchori, and D. Wulandari, “Pengembangan mobile edukasi dengan pendekatan kontekstual pada materi aljabar untuk meningkatkan berpikir kritis siswa MTs,” vol. 15, no. 2, pp. 250–261, 2024.
Article Metrics


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.