Pengembangan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting dalam pembelajaran matematika

Siti Napfiah, Ruli Maulita

Submitted : 2024-02-27, Published : 2024-06-05.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar papan SPLDV berbasis probing prompting pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Bahan ajar merupakan hal yang penting bagi pendidik dan siswa dalam menciptakan proses belajar. Model pembelajaran probing prompting adalah model pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan siswa, sehingga dapat mengetahui proses berpikir siswa dalam mengaitkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan pengetahuan baru yang dipelajari. Model pembelajaran probing prompting digunakan untuk menggali kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementasikan, dan evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan lembar angket respon siswa. Hasil validasi dinilai baik dengan kategori valid. Hasil analisis data angket menunjukkan presentase dengan rata rata 80% dengan kategori efektif. Bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria efektif, keefektifan bahan ajar ini dibuktikan dengan ketertarikan dan kemudahan siswa menggunakan bahan ajar ini.

Keywords

Bahan Ajar; Papan SPLDV; Probing Prompting

Full Text:

PDF

References

Siregar, R. Maisaroh Rezyekiyah dan Izwita Dewi. “Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyrakat,” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol. 4, no. 3, p. 77, Sep. 2022.

Afidah, Vivin Nur. “Prinsip-Prinsip Teori Beban Kognitif dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), vol. 1, no. 1, p. 72, Sep. 2015.

Agustin, Yosy dan Kiki Nia Sania Effendi. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV,” Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 6, no. 2, p. 121, Des. 20222.

Agustini, D., & Pujiastuti, H. “AnaIisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV,” Media Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, p.18, Jun. 2020.

Hamdani, M, Prayitno B.A, dan Karyanto. P. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Eksperimen,” Proceeding Biology Education Conference, vol. 16, no. 1, p. 139, Nov. 2019.

Napfiah, Siti dan Yunis Sulistyorini, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Kalkulus,” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, p. 279, Nov. 2019.

Na’imah, Hilda Roikhatun dan Trinil Dwi Turistiani. “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN2 Balen Bojonegoro, Bapala, vol. 8, no. 5, p. 71, Juli 2021.

Jayanti dan Rahmawati. “Pembelajaran Menggunakan Teknik Probing Prompting Berbantuan Edmodo Blended Learning pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang,” Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, p. 458, Mei 2018.

Rusnawati. “Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik,” Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, vol. 18, no. 1, Juli 2023.

Safitri, Meilani dan M. Ridwan Aziz, “ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, p. 50, Agust. 2022.

Article Metrics

Abstract view: 25 times
Download     : 20   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.