Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pecahan pada kelas V Sekolah Dasar dengan tahapan newman

Surya Adi Pratama, Ni Luh Sakinah Nuraini, Siti Mas’ula

Submitted : 2023-12-21, Published : 2024-06-05.

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa sekolah dasar. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah operasi hitung pecahan. Materi pecahan seringkali ditulis menggunakan bentuk masalah matematika atau soal cerita. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis kesalahan Newman untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan materi operasi hitung pecahan. Tujuan dalam penelitian ini untuk menemukan kesalahan dan faktor kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran / mixed-method. Penelitian dilakukan di SDN Model Kota Malang. Hasil penelitian ditemukan bahwa lebih dari 50% siswa masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama pada tahap penulisan jawaban akhir yang bisa dikategorikan sebagai kesalahan tinggi dengan persentase kesalahan 74,52%

Keywords

Analisis; Kesalahan Matematika; Newman; Sekolah Dasar; Pecahan

References

Rahmah Nur, “Hakikat Pendidikan Matematika,” Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 1, 2013.

G. Roebyanto and S. Harmini, Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2017.

N. Labibah, A. T. Damayani, and R. M. Sary, “Journal for Lesson and Learning Studies Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah,” vol. 4, no. 2, pp. 208–216, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

“Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014”.

Zainuddin Muhammad, Sutansi, Endang Setyo Winarni, Ayu Devia Miftahul Hasanah, and Kistin Restu Perdana, Matematika Dasar PGSD Berbasis Life Skill & Problem Solving dengan Penguatan Berpikir Kritis. Malang: Universitas Negeri Malang, 2018.

A. Fatahillah, F. Wati, and N. Yuli, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyekesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan,” 2017. Accessed: Oct. 18, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229/3958

N. W. Fitri, S. Subarinah, and M. Turmuzi, “Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Turunan pada Siswa Kelas XII,” 2019.

B. Murtiyasa and V. Wulandari, “Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3, p. 713, Sep. 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i3.2795.

R. P. Kurniawati and F. R. Hadi, “Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 2, p. 891, Jul. 2021, doi: 10.24127/ajpm.v10i2.3530.

J. W. Creswell, Research Design Qualitatice, Quantitative, and Mixed Method Approaches. California: SAGE Publication, 2017.

A. L. White, “Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis,” 2010.

I. Istiqomah and N. Zakiyah, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas IV SD,” Sidoarjo, 2016.

R. S. Fitry, Khamdun, and H. Ulya, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, no. 8, pp. 2433–2442, Jan. 2022.

Pramesti Tia, Sukamto, and Wardana M. Yusuf Setia, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang,” Elementary School, pp. 26–36, 2020.

M. F. Asiasi, M. S. Masyhud, and R. Alfarisi, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03,” 2022. [Online]. Available: www.jurnal.unej.ac.id

Y. R. Sari and S. Rejeki, “Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Siswa Kelas VII,” 2021. [Online]. Available: http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

M. M. Sughesti, G. Muhsetyo, and H. Susanto, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan Penyebabnya,” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 1–11, Oct. 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

N. Aziza, N. Sridana, N. Hikmah, and S. Subarinah, “Analisis Kesalahan dan Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 221–231, Feb. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1.1119.

F. Rosmiati et al., “Penggunaan Tahapan Newman Untuk Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial,” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 4, no. 5, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i5.1365-1374.

E. W. Karnaningsih, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Menggunakan Prosedur Newman di SD Negeri 1 Argosari Jabung Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2020.

D. Rahmawati and L. D. Permata, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman,” vol. 5, no. 2, pp. 173–185, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Article Metrics

Abstract view: 30 times
Download     : 20   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.