Model pemberdayaan masyarakat dalam menangani permasalahan anak putus sekolah melalui program PUSPAGA di Gundih Bubutan Surabaya

Nanik Kholifah, Arinal Chusnah, Nathania Bayu Astrella, Ulinnuha Karimah, Moch. Abdillah Putra Prastyo, Ersa Nur Amalia

Submitted : 2024-11-05, Published : 2025-05-01.

Abstract

Anak putus sekolah menjadi masalah serius di Indonesia, berpotensi mengakibatkan penurunan kualitas sumber daya manusia dan menghambat pertumbuhan sosial ekonomi. Fenomena ini dipicu oleh faktor internal, seperti rendahnya motivasi belajar dan gangguan kesehatan mental, serta faktor eksternal, termasuk kemiskinan dan kurangnya perhatian orang tua. Metode pengabdian yang digunakan dengan Participatory Learning and Action, program pendampingan yang memberikan pendidikan non formal dan dukungan psikososial. Tujuannya meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan keterampilan akademik anak putus sekolah. Hasil dari program ini menunjukkan perkembangan signifikan; anak-anak mengalami peningkatan dalam hal menulis, membaca, berhitung dan motivasi belajar mereka juga semakin meningkat. Partisipasi aktif orang tua dalam proses pendampingan terbukti meningkatkan dukungan yang dibutuhkan anak-anak. Program pendampingan ini merekomendasikan pengurusan proses administrasi oleh pihak kelurahan dan kasih kesra yang akan sangat mendukung serta bisa mengupayakan anak – anak dapat kembali melanjutkan sekolahnya ataupun mengikuti program kejar paket agar mereka mendapatkan Pendidikan formal dan melanjutkan apa yang telah menjadi cita-cita mereka.

Keywords

Pendampingan, Anak Putus Sekolah, Pengabdian

References

Limbong Samuel Apriandi & Tutrianto Rio, " Delinkuensi Pada Anak Putus Sekolah (Studi Kasus Pada 3anak Putus Sekolah Di Smp X Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis)," Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, vol. 3, no. 12, Jun. 2024.

Aisy Datul Roha, Nailufar Fanny, " Pengaruh Tingkat Kemiskinan Dan Angka Putus Sekolah Terhadap Pekerja Anak Di Indonesia," Jurnal Ekonomika Indonesia, vol. 11, no. 1, p. 51, Nov. 2021, doi : 10.29103/ekonomika.v11i1.7727

Diana Shelly, " Strategi Penanganan Kesehatan Mental Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Al-Kaustar Jakarta Timur " Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 1, no. 12, p. 1332 - 1343, Des. 2021, doi : 10.17977/um063v1i12p1332-1343

Istiqomah Farikha & Amin Abdul, " Konsep Diri dan Kecemasan Remaja Putus Sekolah," Jurnal Psikologi , vol. 7, no. 2, p. 104-121, Jul. 2021, doi : 10.35891/jip.v7i2.2419

Anugrah Rindy, Safizal, Komalasari Elis, " Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 3, no. 1, p. 1-5, Des. 2023, doi : 10.51574/judikdas.v3i1.693

Aristin Farista Nevy, " Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Anak Putus Sekolah Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Kecamatan Bondowoso," Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, vol. 20, no. 1, p. 30, Jan. 2015, doi : 10.17977/um017v20i12015p030

Mujiati, Nasir, Ay Ashari, "Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah," Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, vol. 8, no. 3, p. 1, Sep. 2018, doi : 10.30651/didaktis.v18i3.1870

Asmiati, Sumardi Lalu, Ismail M, Aladri Bagdawansyah, " Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Studi Anak Pada Masyarakat Nelayan di Desa Seruni Mumbul Kabupaten LombokTimur," Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 2c, p. 786 - 793, May. 2022, doi : 10.29303/jipp.v7i2c.645

Rahayu Esa Winkhey, " Kasus Anak Putus Sekolah Di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim," Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 2, Aug. 2021.

Darmawan dadan, Alamasyah Pamungkas Trian, Rosmilawati Ila, Participatory Learning and Actionuntuk Menumbuhkan Quality of Lifepada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang," Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 4 No. 2, Des 2020.

Kumala Rizma & Lessy Zulkipli, " Analisis Hasil Asesmen dan Intervensi pada Remaja Putus Sekolah," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, p. 01-05, Des. 2023.

Hartono Roy, Kaharuddin Kaharuddin, Sudarsono Sudarsono, " Intervensi Pemerintah Terhadap Pendidikan Masyarakat Putus Sekolah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru," Equilibrium : Jurnal Pendidikan , vol. 7, no. 1, pp. 192 - 197, Jan - Jun. 2019, doi : 10.26618/equilibrium.v7i1.2614

Irfan Fahmi , " Pengembangan E-Learning Untuk Pembelajaran Sekolah Nonformal," Alfatih :Jurnal Pendidikan dan keislaman , vol. 7, no. 2, p. 157 - 178 , Jul - Dec. 2019, doi : 10.31941/delta.v7i2.926

Dewy Rafika, Lionardo Andri, Wulandari Novita, " Efektivitas Inovasi Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah bagi Anak Jalanan dan Putus Sekolah di Kota Palembang," Tanah Pilih : Journal of Local Politics and Government Studies, vol. 2, no. 1, p. 15 - 28, Mei. 2022, doi: 10.30631/tpj.v2i1.931

Amalia Nur Ersa, Kholifah Nanik, Karimah Ulinnuha, Shobibaturrochma Dian, & Prastyo Putra Abdillah Moch, " Pengembangan buku edukasi bagi orang tua: kontribusi program PUSPAGA dalam peningkatan literasi pola asuh orang tua," KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 7, no. 3, p. 269, Agus. 2024, doi : 10.28989/kacanegara.v7i3.2185

Darmawan dadan, Alamasyah Pamungkas Trian, Rosmilawati Ila, Participatory Learning and Actionuntuk Menumbuhkan Quality of Lifepada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang," Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 4 No. 2, Des 2020.

Kustanto Fredy, "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar", Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol 2 No 2, Jul 2015

Fillmore H Stanford,"Human Resource Management", Fourteenth Edition Magraw Hill, 2017.

Article Metrics

Abstract view: 15 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.