Pelatihan pembuatan konten iklan di media sosial pada UMKM binaan Kadin Kota Bandung

Yenny maya Dora, Zulganef zulganef, Adjeng Mariana Febrianti, Uce Karna Suganda

Submitted : 2024-09-16, Published : 2025-02-01.

Abstract

Platform media sosial memiliki miliaran pengguna aktif di seluruh dunia, sehingga memungkinkan bisnis untuk menjangkau orang-orang di seluruh dunia dengan pesan mereka. Jangkauan global ini membuat iklan media sosial menjadi pilihan yang menarik bagi bisnis yang ingin memperluas basis pelanggan mereka. Tetapi ada beberapa tantangan dalam menciptakan kampanye pemasaran dan periklanan media sosial yang efektif khususnya di TikTok. Oleh karena itu tujuan kegiatan PkM ini dilaksanakan untuk membantu para UMKM Binaan Kadin Kota Bandung untuk mengerti dan dapat menggunakan TikTok sebagai media untuk kampanye dan promosi usahanya. Adapun peserta kegiatan ini adalah 30 UMKM Binaan KADIN Kota Bandung. Metode pelaksanaan kegiatan PkM yaitu, Ceramah untuk  menyampaikan materi dan praktek cara menggunakan TikTok dan membuat konten di TikTok. Hasil kegiatan ini peserta bisa membuat akun TikTok, bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di TikTok, membuat konten dan mengupload konten di TikTok. Dari kegiatan ini peserta memahami kegunaan dan manfaat serta cara menggunakan TikTok. Peserta juga semakin paham cara membuat konten yang menarik dan dapat meningkatkan penjualan produknya. Pelatihan dan praktek penggunaan TikTok sangat bermanfaat kemajuan usaha semua peserta pelatihan.

Keywords

Iklan, Media Sosial, TikTok, UMKM

References

L. Budiarti, S. P. Mellinia, L. S. Fadhila, S. N. Su'daa, M. R. Zaen, and S. E. Noviyanti, "Digital marketing sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM di era digital," J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 435-453, 2024, doi: 10.33474/jipemas.v7i2.21760

Zainarti, Nurwani, Nurbaiti, S. Aisyah, and D. Agustina, "Digital marketing dengan memanfaatkan social media dan e-commerce bagi komunitas UMKM wanita," J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 343-362, 2024, doi: 10.33474/jipemas.v7i2.20873

J. H. Sri Lindawati, & Muhammad Hendri, Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

V. Taprial and P. Kanwar, Understanding Social Media, United States: Ventus Publishing. 2012.

A. Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, Marketing Management, 16th ed. Pearson Education, 2021.

R. Tresnasari and Z. Zulganef, "Increasing MSME Performance Through Institutional Strengthening, Entrepreneurship, and Digital Marketing," Int. J. Res. Community Serv., vol. 4, no. 1, pp. 11-17, 2023, doi: 10.46336/ijrcs.v4i1.383

F. Fitri, S. Dewi, A. M. B. Samang, and M. Arhim, "Pelatihan Digital Marketing untuk Mendukung Aktivitas Pemasaran pada Usaha Mikro dan Kecil di Desa Padang Timur, Polewali Mandar," J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 9, no. 1, pp. 45-52, 2023, doi: 10.30653/jppm.v9i1.586

I. Prautami, "Efektivitas Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Facebook @Abouttng pada UMKM di Kota Tangerang," Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), vol. 8, no. 2, pp. 153-164, 2022, doi: 10.31289/jkbm.v8i2.6991

B. H. Hayadi, H. T. Sukmana, E. Shafiera, and J.-M. Kim, "The Development of ITSM Research in Indonesia: A Systematic Literature Review," Int. J. Artif. Intell. Res., vol. 5, no. 2, pp. 138-156, 2021, doi: 10.29099/ijair.v5i2.233

F. Nur Utami, "The Influence of Shopping Lifestyle and Discount Prices on Impulsive Buying Through Tiktok Shop Media on Generation Z and Millennials in Jakarta Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Harga Diskon Terhadap Impulsive Buying Melalui Media Tiktok Shop," Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 5, pp. 6215-6123, 2023.

H. Nufus and T. Handayani, "Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store)," J. EMT KITA, vol. 6, no. 1, pp. 21-34, 2022, doi: 10.35870/emt.v6i1.483

O. Y. Wahyunanda Kusuma Pertiwi, "Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia," Jakarta, 2020.

T. P. Hasiholan, R. Pratami, and U. Wahid, "Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19," Communiverse J. Ilmu Komun., vol. 5, no. 2, pp. 70-80, 2020, doi: 10.36341/cmv.v5i2.1278

I. Rakhmayanti, "Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul 'Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y'. Untuk selengkapnya kunjungi: https://tekno.sindonews.com/ber," sindonews, Jakarta, 2020.

N. Arifin, "Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa," J. Simbolika Vol 1, vol. 3, p. 2, 2015.

A. S. Armilda, S. Fakhri, F. K. Zahro, A. C. Puspita, A. Hanafi, and N. D. A. Safitri, "Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Batik Ayu Arimbi, Sleman, Yogyakarta," JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 8, no. 1, p. 185, 2024, doi: 10.30595/jppm.v8i1.21203

R. Sari, "Analisis Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Dalam Memasarkan Produk Pada UMKM," vol. 2, no. 2, pp. 259-270, 2024, doi: 10.61132/manuhara.v2i2.784

S. M. Arya, R. Wahid, and E. D. Purnamasari, "Pemasarasan Melalui Media Sosial di TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi Tingkat Keviralan?," J. Ilmu Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 17-34, 2022.

H. Priyandaru, S. Entas, S. F. Fauziah, and ..., "Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja Bogor," PRAWARA J. …, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2022.

A. Sari, M. R. Ramelan, N. I. Nabila, and R. Marvinita, "Optimalisasi Pemasaran Media Sosial Tiktok Dan Pelatihan Tiktok Shop Di Desa Bernung Pesawaran," vol. 19, no. 5, pp. 1-23, 2024, doi: 10.33330/jurdimas.v7i1.2734

N. Nur Annisa et al., "Pelatihan Digital Marketing dengan Aplikasi Tiktok Shop untuk Pelaku UMKM Desa Gintungan," J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 1274-1278, 2024, doi: 10.55338/jpkmn.v5i1.2897

Article Metrics

Abstract view: 14 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.