Pendampingan penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan nilai karakter peserta didik

Nyimas Aisyah, Yusuf Hartono, Ruth Helen Simarmata, Elika Kurniadi, Septy Sari Yukans

Submitted : 2024-07-03, Published : 2024-11-01.

Abstract

Pendidikan nilai karakter berperan dalam tujuan kebijakan merdeka belajar yaitu membentuk siswa-siswa yang berkarakter mulia. Keberhasilan proses pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis karakter, harus ditunjang dengan penyelenggaraan pendidikan dengan menginternalisasikan dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui proses pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan pembelajaran yang menggunakan Modul Ajar dengan internalisasi nilai karakter, implementasi Modul Ajar bagi guru matematika untuk menguatkan nilai karakter, menganalisis respon guru terhadap kegiatan pendampingan penyusunan rencana pelaksanaan pendampingan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Metode yang dilakukan adalah community service dengan 3 level yaitu mengkaji penyusunan Modul Ajar, mengkaji penyusunan pembelajaran dengan menginternalisasi nilai karakter disusun melalui perangkat pembelajaran dan mengimplementasikan rancangan modul ajar. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan guru dapat menjelaskan komponen penyusunan modul ajar serta mampu membuat modul ajar kurikulum merdeka dengan internalisasi nilai karakter dan diperoleh 90% menyatakan kepuasan terhadap penjelasan dari narasumber, 80% menyatakan kepuasan terhadap kegiatan pendampingan, 82% menyatakan kepuasan terhadap penyusunan materi, 60% menyatakan kepuasan terhadap pendampingan penyusunan modul ajar.

Keywords

Modul ajar Kurikulum merdeka, Nilai karakter Berbasis karakter, Pengabdian masyarakat

References

R. Yanuarsari, I. Asmadi, H. S. Muchtar, and R. Sulastini, "Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa", basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6307-6317, Dec. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1828

A. nur sakiinah mira, alfi fadliya putri mahya alfi, and G. Santoso, "Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi", JPT.j, vol. 1, no. 2, pp. 18-28, Nov. 2022.

A. Fauzi, "Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak : (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar)", pah, vol. 18, no. 2, hlm. 18-22, Okt 2022, doi: 10.57216/pah.v18i2.480

M. Marzuki, "Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka", JRPP, vol. 6, no. 4, pp. 2771-2780, Nov. 2023.

A. T. Daga, "Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar", educatio, vol. 7, no. 3, pp. 1075-1090, Aug. 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279

Mira Marisa, "Inovasi Kurikulum 'Merdeka Belajar' Di Era Society 5.0", JS, vol. 5, no. 1, pp. 66-78, Apr. 2021.

L. Hakim, S. Safruddin, and H. Husniati, "Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Yayasan Hadi Sakti", JIPP, vol. 8, no. 1, pp. 142-153, Feb. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1.1100

M. Iqbal, A. Winanda, D. Sagala, U. Hasibuan, and W. Wirahayu, "Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu", joe, vol. 5, no. 3, pp. 9299-9306, Feb. 2023.

Hehakaya, E. and Delvyn, P. "Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka." DIDAXEI 3, no. 2 (2022): 394-408.

B. Journal, R. Rohbiah, and A. Cahyadi, "Integrasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Kontekstual", BJ, vol. 4, no. 3, pp. 581-598, Jun. 2024.

L. P. S. Antari and L. D. Liska, "Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa", widyadari, vol. 21, no. 2, pp. 676 - 687, Oct. 2020.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish. 2020.

Baginda, M. "Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah". Jurnal Ilmiah Iqra', vol. 10, no. 2. pp. 2-5. Dec. 2016, doi: 10.30984/jii.v10i2.593

Teresia W. Asesmen Nasional 2021. Guepedia; 2021.

L. Marlena, W. Wahidin, and U. S. Al Azizah, "Pelatihan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru sebagai Penguatan Menghadapi Kurikulum Merdeka", Jumat Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 151-155, Dec. 2022, doi: 10.32764/abdimaspen.v3i3.2844

Article Metrics

Abstract view: 60 times
Download     : 14   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.