Implementasi aplikasi pemasaran digital olahan beku hampir kedaluarsa pada pedagang Pasar Ciroyom Bandung

S Supriyati, Ramadhan Syaeful Bahri, Asti Khoerunisa, Tyas Sylva Fitrian Natansya, Rika Sovyatun Nissa, Kevin Fernaldy

Submitted : 2023-10-11, Published : 2024-02-01.

Abstract

Barang kadaluarsa adalah dimana kondisi barang pada produk yang sudah tidak bisa ntuk dikonsumsi karena memiliki resiko besar untuk menyebabkan keracunan untuk orang yang mengkonsumsinya. Dengan begitu, untuk mengatasi barang kadaluarsa yang beredar di pasaran, Ciroyom masih menjualnya secara manual sehingga dapat mengakibatkan barang yang mendekati masa kadaluarsa dibuang. Tujuan kami dalam penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi pemasaran digital untuk sediaan beku yang hampir kadaluarsa untuk meningkatkan omzet pedagang di pasar Ciroyom. Metode yang di pakai yaitu metode Waterfall. Penelitian ini mengemukakan bahwa aplikasi pemasaran digital olahan beku hampir kadaluarsa di pasar Ciroyom telah dianalisis sesuai dengan prosedur penjualan yang sedang berjalan saat ini, yang kemudian kami kembangkan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dalam penjualan produk hampir kadaluarsa yang muncul. Beberapa permasalahan penjualan olahan beku yang hampir kadaluarsa dapat diatasi dengan aplikasi pemasaran digital ini. Aplikasi digital marketing ini dapat menjual barang dagangan yang hampir kadaluarsa secara online sehingga konsumen dapat melihat barang apa saja yang tersedia. Untuk mencapai tujuan tersebut, aplikasi pemasaran digital ini diusulkan ke pasar Ciroyom untuk selanjutnya dapat diterapkan. Software aplikasi pemasaran yang dirancang tim dapat meningkatkan omzet. Bagi mitra, dengan menjual barang yang biasanya dibuang tetapi dengan adanya software aplikasi ini dapat dijual kembali, sehingga akan meningkatkan omset kepada mitra.

References

Supriyati and S. R. Abdillah, "Data Mining in Sales Data Grouping," IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 879, no. 1, p. 12116, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012116

Supriyati et al., “Sumber Daya Manusia Organisasi Kewirausahaan”, Bandung: Media Sains Indonesia, 2023.

Supriyati et al., “Kewirausahaan Era Society 5.0”, vol. 27, no. 3. Kab. Serang Banten: PT Sada Kurnia Pustaka, 2023.

N. Najla, S. Supriyati, and D. A. Dewi, "Design of Sales Accounting Information System Using EMKM Accounting Standard," @is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp., vol. 7, no. 2, pp. 166-180, 2023, doi: 10.34010/aisthebest.v7i2.9125

S. Supriyati, S. Mulyani, H. Suharman, and T. Supriadi, "The Influence of Business Models, Information Technology on the Quality of Accounting Information Systems Digitizing MSMEs Post-COVID-19," J. Sist. Inf., vol. 18, no. 2, pp. 36-49, 2022, doi: 10.21609/jsi.v18i2.1141

Supriyati et al., “Ekonomi Manajerial & Strategi Bisnis”, Kab. Serang Banten: PT Sada Kurnia Pustaka, 2023.

Supriyati, H. Suharman, and T. Supriadi, "Business Strategy and Use of Information Technology Toward Asean Msmes Performance in the Post-Pandemic Crisis," J. East. Eur. Cent. Asian Res., vol. 10, no. 5, pp. 886-897, 2023, doi: 10.15549/jeecar.v10i5.1438

P. Dan, P. Sistem, N. A. Azwani, C. C. A. L, Y. Meilani, and B. Sembiring, "Pengertian dan penerapan sistem informasi, organisasi dan strategi".

F. Y. R. Guk-guk and I. Fauzi, "Global Medika Medan Analisis Sistem Penjualan Cash , Kredit , Tender Dan Konsiyansi Di PT . Indofarma," vol. 4, no. 3, pp. 1962-1967, 2023.

J. I. Sosial et al., "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Penjualan Makanan," vol. 1, no. 2, pp. 359-365, 2023.

L. Dyah and D. Arini, "Faktor-Faktor Penyebab Dan Karakteristik Makanan Kadaluarsa Yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan Masyarakat," J. Teknol. dan Ind. Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 15-24, 2017.

S. Supriyati, R. S. Bahri, S. C. Nugraha, and K. Fernaldy, "Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 1, pp. 25-37, 2023, doi:10.28989/kacanegara.v6i1.1350

N. Wahyudi, "Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK Negeri 2 Lumajang," 2018.

R. Bakri, U. Data, and N. Probondani, "Aplikasi Auto Sales Forecasting Berbasis Computational Intelligence Website untuk Mengoptimalisasi Manajemen Strategi Pemasaran Produk," vol, vol. 2, pp. 244-251, 2019, doi: 10.21456/vol9iss2pp244-251

M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. LP2M Press IAIN Salatiga, 2020, doi: 10.31227/osf.io/j9aq5

Article Metrics

Abstract view: 203 times
Download     : 109   times Download     : 32   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.