Modernisasi dan edukasi pemasaran produk UMKM jajanan khas Temerodok untuk meraih pasar nasional

Lalu Jatmiko Jati, Logi Mulawarman

Submitted : 2023-08-24, Published : 2024-02-01.

Abstract

Dewasa ini terdapat banyak sekali jajanan menarik yang dibuat secara otomatis melalui pabrik-pabrik berteknologi tinggi yang dapat menjadi ancaman bagi eksistensi UMKM yang masih tradisional, seperti Jajanan Khas Temerodok yang berasal dari Pulau Lombok. Permasalahan mitra dalam pengabdian ini adalah terkait kurangnya pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran produk jajanan Temerodok secara online dan juga belum memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait strategi pemasaran dan branding produk untuk mampu bersaing dengan produk jajanan lain yang lebih modern. Maka, tujuan kegiatan ini adalah melakukan modernisasi dan edukasi pemasaran produk terhadap UMKM jajanan khas temerodok di pulau Lombok. Terdapat 10 UMKM atau mitra yang telibat dalam kegiatan ini yang berasal dari Dusun Pegondang, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Metode pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR). Tim pengabdian menekankan edukasi tentang pentingnya melakukan modernisasi pada produk jajanan Temerodok untuk mempersiapkannya menjangkau pasar Nasional. Selanjutnya, para mitra dibantu dalam hal pembuatan akun media sosial, penggunaan media sosial, dan aplikasi e-commerce untuk keperluan pemasaran secara online. Output dari kegiatan pengabdian adalah terciptanya wadah pemasaran produk untuk mempromosikan jajanan Temerodok di sosial media. Tidak hanya itu, mitra ditanamkan dengan pemahaman bagaimana cara memanfaatkan akun tersebut untuk pemasaran produk jajanan Temerodok yang lebih luas melalui konten di media sosial.

Keywords

Modernisasi, Edukasi Pemasaran, UMKM, Jajanan khas temerodok

References

I. N. Qamari, R. Herawati, S. Handayani, F. Junaedi, and L. J. Jati, “Digitalisasi Bisnis Kelompok Umkm Di Desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 310–315, 2021, doi:10.18196/ppm.32.211

Y. Aisyah, R. Agustina, and D. Yunita, “Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Pada Usaha Produksi Bumbu Bubuk Instan “Meurasa” Masakan Khas Aceh,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 297–304, 2020, doi:10.12928/jp.v4i3.1951

Y. Yon, “Temerodok, Bertahan Di Tengah Gempuran Produk Luar. (S. NTB, Ed.) Selong, Lombok Timur,” Suara NTB, 2017. https://www.suarantb.com/2017/08/29/temerodok-bertahan-di-tengah-gempuran-produk-luar/

J. Jaelani, “Pedagang Temerodok ‘Panen’ saat Perayaan Hari Besar Islam,” Lombok Post, 2019. https://lombokpost.jawapos.com/selong/05/04/2019/pedagang-temerodok-panen-saat-perayaan-hari-besar-islam/

O. Arifudin, U. Wahrudin, F. D. Rusmana, and R. Tanjung, “Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat,” Martabe J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 371–381, 2020, doi : 10.31604/jpm.v3i2.371-381

A. Fajarino, N. Lisanty, and E. Hamidah, “Edukasi Literasi Digital terhadap Pelaku UMKM Makanan Khas di Kota Palembang,” Jatimas J. Pertan. dan Pengabdi. Masy. Vol., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2023.

R. Abdul, M. F. A. Shidiqi, and S. T. Devy, “Strategi Meningkatkan Penjualan Produk Kulit Kembang Tahu Tawar Desa Ranca Kalapa Tangerang Melalui Digitalisasi Marketing,” J. Abdi Insa., vol. 10, no. September, pp. 1410–1422, 2023, doi : 10.33366/japi.v8i1.4558

S. D. NTB, “Jumlah UMKM Berdasarkan Jenisnya Menurut Kabupaten Kota,” Provinsi NTB, 2021.

S. Rozinah and A. Meiriki, “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan,” J. Dr. Manaj., vol. 3, no. 2, p. 134, 2020, doi: 10.22441/jdm.v3i2.10573

S. T. Nurhasanah, E. Sunarya, and A. M. Ramdan, “Analysis Of Distinctive Capabilities And Entrepreneurial Orientation To Competitive Advantage For SMEs Traditional Food Typical Of Sukabumi,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 4, pp. 2154–2160, 2022. doi: 10.22201/fca.24488410e.2020.1983.

Suhandi, H. Hanafiah, and P. Harsono, “Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng Dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan,” J. Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 144–151, 2020, doi : 10.34010/jurisma.v10i2.2875

D. Anggraeni, F. Ali, P. C. Kurniawan, S. Rohmah, “Edukasi ‘Halal Food’ Pada Pelaku Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Kedawung Banyuputih Batang Jawa Tengah,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 88–96, 2023.

M. N. Qomar, L. D. P. Karsono, F. Z. Aniqoh, C. N. Aini, and Y. Anjani, “Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par),” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 74–81, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i1.3494

M. N. Nazhif and I. Nugraha, “Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 1, p. 261, 2023, doi: 10.31764/jpmb.v7i1.12673

A. B. Baunsele, F. P. Oliviera, E. M. G. Bare, A Ketmoen, H Missa, “Sosialisasi dan Digitalisasi Marketing UMKM Fersita Batako di Desa Baumata, Kabupaten Kupang-NTT,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 1, pp. 41–48, 2023.

A. K. Paksi, Z. Rozaki, D. A. Nugroho, and N. F. Musyaffa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Sokan Lestari Desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo,” Abdimas Galuh, vol. 4, no. September, pp. 770–778, 2022, doi : 10.25157/ag.v4i2.7609

N. Ainun, R. Maming, and A. Wahida, “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm,” Jesya, vol. 6, no. 1, pp. 674–681, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i1.967

U. Jefri and I. Ibrohim, “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten,” J. Manaj. STIE Muhammadiyah Palopo, vol. 7, no. 1, p. 86, 2021, doi: 10.35906/jm001.v7i1.730

T. S. Agustina and P. T. Komalasari, “Bunda puspa : edukasi dan pendampingan kemasan produk usaha dari IRT di Desa Banyuurip Kabupaten Gresik,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 2, pp. 193–204, 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i2.1408

Article Metrics

Abstract view: 235 times
Download     : 213   times Download     : 50   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.