Penerapan digital marketing dalam upaya peningkatan omzet penjualan percetakan UFA Berkah
Submitted : 2023-08-23, Published : 2023-11-01.
Abstract
Percetakan UFA Berkah, sebuah UMKM di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, menghadapi potensi pemasaran yang kurang efektif dalam era digital. Aktifitas pengabdian terhadap mitra bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran pada percetakan UFA Berkah. Kegiatan pengabdian ini menggabungkan observasi dan wawancara dengan pihak usaha, serta melibatkan pembuatan toko online dan pelatihan strategi pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam mengatasi permasalahan mitra menggunakan metode Asset-Based Community Development yang implementasinya diterapkan melalui Diskusi Kelompok Terarah, Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi, Kegiatan pelatihan, dan Pengawasan. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pentingnya media digital dalam promosi usaha di era ini. Lebih jauh lagi, pengabdian ini berhasil meningkatkan penjualan percetakan UFA Berkah sebesar 2%, menggambarkan dampak positif dari pendekatan media digital dan strategi pemasaran yang diadopsi. Inisiatif ini menjadi contoh tentang bagaimana UMKM mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi, memperluas jangkauan pasar, dan mengoptimalkan potensi pertumbuhan bisnis di tengah perkembangan digital yang terus berlanjut.
References
G. Gani, "Sejarah dan Perkembangan Internet Di Indonesia," J. Mitra Manaj., vol. 5, no. Cmc, pp. 68-71, 2020.
S. Sadya, "APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023." https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023.
A.König, L. Alčiauskaitė, and T. Hatzakis, "The Impact of Subjective Technology Adaptivity on the Willingness of Persons with Disabilities to Use Emerging Assistive Technologies: A European Perspective," in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2022, vol. 13341 LNCS, pp. 207-214, doi: 10.1007/978-3-031-08648-9_24
Z. Wang, "Digital Finance, Financing Constraint and Enterprise Financial Risk," J. Math., vol. 2022, no. NA, pp. 1-9, 2022, doi: 10.1155/2022/2882113
P. Lavega-Burgués, V. Alcaraz-Muñoz, C. Mallén-Lacambra, and M. Pic, "Roles, relationships, and motor aggressions: Keys to unveiling the emotions of a traditional sporting game," Front. Psychol., vol. 14, 2023, doi: 10.3389/fpsyg.2023.1127602
Hendriyani, S. P. Dwianti, T. Herawaty, and B. Ruslan, "Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo," AdBispreneur, vol. 5, no. 2, p. 193, 2020, doi: 10.24198/adbispreneur.v5i2.29171
L. Triyono, T. R. Yudantoro, S. Sukamto, and I. Hestiningsih, "Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Toko Oleh-Oleh Danisa," J. Hilirisasi Technol. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, 2021, doi: 10.32497/sitechmas.v1i1.2233
S. Susanti, W. Gunawan, and S. Sukaesih, "Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial," Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, p. 248, 2020, doi: 10.24198/kumawula.v2i3.25256
Robby Aditya and R Yuniardi Rusdianto, "Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM," J. Pelayanan dan Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 96-102, 2023, doi: 10.55606/jppmi.v2i2.386
N. A. . F. Iramani Abu Amar; Wulandari, Dewi Ayu; Lutfi, N.A., "Financial literacy and business performances improvement of micro, small, medium-sized enterprises in East Java Province, Indonesia," Int. J. Educ. Econ. Dev., vol. 9, no. 4, p. 303, 2018, doi: 10.1504/IJEED.2018.096069
R. Rito and F. Azzahra, "Post-Pandemic Economic Recovery Strategy Through The Umkm And Tourism Sector: Experience From Indonesia," Agregat, vol. 2, no. 1, pp. 79-99, 2018.
R. Santoso, M. S. Erstiawan, and M. Mujayana, "Review of Virtual Currency Potential as a Payment Instrument in Legal Aspect in Indonesia," Int. J. Bus. Manag. Invent., vol. 7, no. 12, pp. 57-64, 2018
A. Sutejo, "Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Pengelol Keuangan, otoritas jasa Literasi Keuangan Konsumen Keuangan Terhadap Keputusan In," J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 10, no. 1, 2021.
Z. W. Lu Junjie; Li, Hongyu; Nguyen, Duc Khuong, "Local Bank, Digital Financial Inclusion and SME Financing Constraints: Empirical Evidence from China," Emerg. Mark. Financ. Trade, vol. 58, no. 6, pp. 1712-1725, 2021, doi: 10.1080/1540496X.2021.1923477
P. K. Ozili, "Impact of digital finance on financial inclusion and stability," Borsa Istanbul Rev., vol. 18, no. 4, pp. 329-340, 2018, doi: 10.1016/j.bir.2017.12.003
Haddad and L. Hornuf, "How do fintech start-ups affect financial institutions performance and default risk?," Eur. J. Financ., 2022, doi: 10.1080/1351847X.2022.2151371
W. L. Hardilawati, "Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi COVID-19," J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89-98, 2020, doi: 10.37859/jae.v10i1.1934
B. S. Dharma Ahmad Muhaisin B., "Perancangan Mitigasi Risiko Krusial Pada UMKM Keripik di Sumatera Utara Dengan Pendekatan Transdisipliner," Ad-Deenar J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 6, no. 1, p. 107, 2022, doi: 10.30868/ad.v6i01.2260
A.Y. Husen, "Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang," J. Econ., 2023, doi: 10.55681/economina.v2i6.608
O. S. Pratama, I. G. N. E. Partama, A. A. G. Rai, Adrie, and I. M. A. Rimbawa, "Peningkatan Kemampuan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Banjar Babakan Desa Sukawati Gianyar," I-Com Indones. Community J., 2023, doi: 10.33379/icom.v3i1.2204
Widia and D. J. Putra, "Strategi Perluasan Pasar Menggunakan Digital Marketing Melalui Pelatihan Pembuatan Toko Online Di Kota Bukittinggi," Disem. J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2023, doi: 10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.3449
M. M. A. Se, "Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016)," Ekspektra J. Bisnis dan Manaj., 2019.
Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, "Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran," J. Pengabdi. Masy. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 88-92, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981
R. Yuniar Rahmadieni and E. Idar Wahyuni, "Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Bulusulur," J. Al Basirah, vol. 2, no. 1, pp. 17-26, 2023, doi: 10.58326/jab.v2i1.28
M. Mudrifah and R. A. Pramuja, "Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm Pkk Karangploso View-Ngenep (Program Bemo 'Belajar Marketing Online')," Stud. Kasus Inov. Ekon., vol. 6, no. 01, pp. 51-58, 2022, doi: 10.22219/skie.v6i01.20371
S. -, N. O. Darmawati, and P. Dwitasari, "Pengembangan Metode Desain Logo dan Sistem Grafis untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual," J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 16, no. 2, p. 24, 2017, doi: 10.12962/iptek_desain.v16i2.3590
Khomah, M. Harisudin, E. W. Riptanti, and N. Setyowati, "Implementasi Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UKM Peyek Bunder," pp. 321-329, 2022.
Article Metrics
Abstract view: 314 timesDownload  : 216 times Download  : 41 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.