Penerapan digital branding dalam optimalisasi peningkatan penjualan produk UMKM olahan Bunda Hamiz di Kelurahan Klampis Ngasem

Nuril Nadia Aditia, Ignatia Martha Hendrati, Wirya Wardaya

Submitted : 2023-07-14, Published : 2023-11-01.

Abstract

UMKM Olahan Bunda Hamiz adalah salah satu UMKM kategori makanan dan minuman unggulan berada di wilayah Kelurahan Klampis Ngasem yang memiliki keanekaragaman menu. Dari hasil survei UMKM Olahan Bunda Hamiz diperoleh permasalahan yaitu belum dilakukannya branding usaha dengan kuat ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat oleh karena itu akan dilakukan pendampingan untuk memperkuat personal branding broduk dan merek agar mampu bersaing dengan kompetitor lain melaui platform online. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survei dan wawancara, Focus Group Discussion (FGD), penyuluhan, dan yang terakhir adalah pendampingan. Dalam kegiatan pendampingan terlaksana 4 kegiatan yaitu re-branding logo dan stiker, inovasi dalam pengambilan foto produk, pembuatan katalog produk, dan pembuatan marketplace yaitu  whatsapp bussines. hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pelaku UMKM Olahan Bunda Hamiz sudah bisa menerapkan digital branding untuk mengoptimalkan peningkatan penjualan produknya.

References

Argaditia Mawadati, W. Ustyannie, E. Sulistyaningsih, Agus Hindarto Wibowo, Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, and Endang Widuri Asih, “Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business Bagi UMKM,” Dharma Bakti, vol. 5, no. 2, pp. 203–211, 2022, doi: 10.34151/dharma.v5i2.4043.

BPS, “Statisika Usaha Makanana Dan Minuman” 2021. https://www.bps.go.id/publication/ 2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html

BPS, “Statistik E-Commerce 2022,” 2022. https://www.bps.go.id/publication/ 2022/12/19/d215899e13b89e516caa7a44/statistik-e-commerce-2022.html

L. Tahunan, “Senantiasa Menjadi Mitra Terpercaya - Laporan Tahunan 2017,” p. 36, 2017, [Online]. Available: http://www.bcasyariah.co.id/laporan-keuangan/tahunan/2017-2/

L. Diana, J. Ariyel, A. N. Putri, and M. Sabrina, “Pedampingan Pemanfaatan Digital Marketing MelaluiGoogle Business Pada Umkm Kelurahan Kertajaya,” J. Abdimas Patikala, vol. 2, no. 1, pp. 442–447, 2022.

S. F. Rezky, R. Hamdani, D. Suherdi, K. Erwansyah, E. F. Ginting, and P. B. N. Simangunsong, “Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri,” Abdimas Iptek, vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2021, doi: 10.53513/abdi.v1i1.3381.

BPS, “Statistik Penyedia Makan Minum, 2020,” Badan Pusat Statistik Indonesia, 2022. https://www.bps.go.id/publication/2022/06/15/73d93fd0f16f665fe3b60f56/statistik-penyedia-makan-minum-2020.html

A. Sentoso, J. Christini, N. Sandra, and F. Clarissa, “Pengaplikasian Alat Pemasaran Digital Terhadap Umkm Nuruto,” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, vol. 9, no. 1, pp. 67–74, 2023.

T. Rahman and Y. Nurdian, “Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 645–650, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i3.4727.

Ahmad Budi Sulistio, “Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah,” pp. 1–16, 2017.

А. Б. Карпыкбаева, “Digital branding, или Цифровизация бренд-маркетинга,” Общество: Политика, Экономика Право, no. 11, pp. 89–95, 2019, doi: 10.24158/pep.2019.11.14.

S. R. Dewi, S. Sriyono, and S. Sumartik, “Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 7, no. 1, pp. 95–101, 2021, doi: 10.32528/jpmi.v7i1.5267.

A. S. Alfianto, “Pengelolaan Instagram Ayam Geprek Abang Ireng Sebagai Media Promosi Online,” pp. 7–17, 2019.

S. D. Ilhami and T. Setiadi, “Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran,” J. Apl. Dan Inov. Ipteks “Soliditas,” vol. 5, no. 2, p. 202, 2022, doi: 10.31328/js.v5i2.3844.

D. Lie, R. T. Siregar, E. Efendi, A. Inrawan, and F. Halim, “Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar,” Glow J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.

Article Metrics

Abstract view: 134 times
Download     : 110   times Download     : 14   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.