Merawat disiplin positif pendampingan dalam penguatan jati diri anak

Sugiyanto Sugiyanto, Verlin Takdir Setiaman Waruwu, Maullana Chandra Atmajha

Submitted : 2023-04-29, Published : 2023-08-01.

Abstract

Yayasan HAMBA merupakan organisasi sosial yang melayani pengasuhan anak tertolak dari keluarga dan lingkungan. Perilaku anak tertolak sangat beragam, sehingga peluang sikap rendah diri, konflik dan rentan sangat bervariatif. Untuk mengatasi masalah tersebut diselenggarakan penguatan kapasitas melalui kegiatan achievement motivation training (AMT) secara bertahap. AMT dilakukan 4 kali. Tema AMT pertama siapa aku: mengahargai diri sendiri dan orang lain., AMT kedua dengan tema melawan yang merendahkan., AMT ketiga disiplin positif, membangun kehidupan yang nyaman, tema AMT keempat merawat disiplin positif dan kepercayaan diri. Metode edutaiment belajar dengan teknik menghibur, menyampaikan pesan dibingkai dengan permainan, mendonggeng, menyanyi, dan diskusi. sehingga dalam waktu sehari anak merasa senang, gembira dan tidak lelah. Hasil AMT anak memahami dirinya sendiri dan orang lain, mengetahui setiap pribadi memiliki 12 hal yang tidak dapat berubah, terbentuk komitmen antar anak, anak dengan pengasuh dan pengurus Yayasan, untuk merawat disiplin positif dalam kehidupan di LKSA sebagai satu keluarga besar.

Keywords

Pendampingan, Penguatan, Jati Diri Anak

References

UU RI, "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak." Jakarta, 2014.

J. Ridwan and V. M. I. Nafi'an, "Selama 6 Bulan, Kemenag Catat 30.071 Perkawinan di Bawah Umur," IDN Times, 2021.

K. S. Rahayu and L. Basoeki, "Pengasuhan Anak Oleh Ibu Usia Remaja," J. Psikiatri Surabaya, vol. 7, no. 2, pp. 95-105, 2018, doi: 10.20473/jps.v7i2.19469

I. P. Aji and K. P. Tamba, "Penerapan Disiplin Positif Dalam Pembelajaran Ditinjau Melalui Perspektif Kristen," J. Holist. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 216-234, 2020, doi: 10.19166/johme.v3i2.2101

Y. Rachmawati, "Pengembangan Model Etnoparenting Indonesia pada Pengasuhan Anak," J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1151-1163, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.706

C. Anggraeni and S. Mulyadi, "Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab di ra daarul falaah tasikmalaya," J. PAUD Agapedia, vol. 5, no. 1, pp. 100-109, 2021.

G. Gunartati and D. Kurniawan, "Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh Pendidik Kb Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul," Jendela PLS J. Cendekiawan Ilm. Pendidik. Luar Sekol., vol. 6, no. 1, pp. 34-43, 2021, doi: 10.37058/jpls.v6i1.3060

U. Albab, "Teori mutakhir pembelajaran: konsep edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama islam," J. eL-Tarbawi J. Pendidik. Islam, vol. XI, no. 1, pp. 51-62, 2018, doi: 10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4

H. Cendana and D. Suryana, "Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini," J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 771-778, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1516

Sugiyanto, "Manajemen Fasilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat," J. Publ., 2021.

A. Hartono, "Pengasuhan Anak Berbasis Kearifan Lokal," J. Akrab, vol. 2, no. 2, pp. 44-51, 2011,

A. N. Aini, A. C. Setiadi, A. Mahdavika, and S. U. Nabilah, "Analisis Kepercayaan Diri Anak Usia Dini dalam Kajian Studi Sosial," JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehat. dan Gizi Anak Usia Dini), vol. 2, no. 1, pp. 41-48, 2021, doi: jp2kgaud.2021.2.1.41-48

E. Nurhayaty and A. S. Mulyani, "Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban," J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masyakat, vol. 3, no. 2, pp. 173-179, 2020, doi: 10.31294/jabdimas.v3i2.8013

M. N. Purwanto, Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya; PT Remaja Rosda Karya Bandung.

W. Retnaningsih and D. Setiyawati, "Validasi Modul Pelatihan Disiplin Positif untuk Meningkatkan Praktik Pengasuhan pada Ibu Anak Prasekolah," J. Prof. Psychol., vol. 5, no. 2, pp. 158-172, 2019, doi: 10.22146/gamajpp.50373

M. Hidayati and A. W. B. Suharto, "Penerapan disiplin positif dalam pembelajaran jarak jauh di smp negeri 1 banyumas," J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 31, no. 15, pp. 9-22, 2021,doi: 10.23917/jpis.v31i1.13360

M. E. Apriyanti and Syahid, "Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal," Equilib. J. Pendidik., vol. IX, no. April 2020, pp. 68-76, 2021, doi: 10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Article Metrics

Abstract view: 241 times
Download     : 134   times Download     : 94   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.