Penyuluhan digital marketing kepada pelaku usaha catering di Pasar Kemis dalam upaya peningkatan nilai jual

Henilia Yulita, Michael Christian, Suryo Wibowo, Fitriana Titis

Submitted : 2023-01-19, Published : 2023-05-01.

Abstract

Pandemi Covid 19 selama dua tahun terakhir memberikan dampak yang sangat besar bagi para mitra yang merupakan sekelompok kecil pelaku usaha catering makanan di Pasar Kemis Tangerang. Pelanggan mitra yang biasanya terdiri dari orang-orang terdekat, teman, atau tetangga, mengurangi pesanan secara drastis yang otomatis berpengaruh besar terhadap pendapatan mitra untuk menutupi biaya operasionalnya. Hal ini ditangkap oleh tim pelaksana saat observasi pertama dan kedua serta wawancara dengan mitra. Keterbatasan mitra untuk memasarkan catering secara digital sangat dibutuhkan untuk meningkatkan jangkauan nilai jual produknya. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mitra dalam hal digital marketing, tim pelaksana mengadakan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi terkait digital marketing kepada mitra. Pelayanan ini akan dilakukan pada Desember 2022 dengan metode tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan menghindari kerumunan. Layanan ini berjalan dengan lancar dan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi mitra. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menyatakan puas dan menambah wawasan atau pengetahuan mitra dalam memasarkan cateringnya melalui digital marketing sehingga dapat meningkatkan jangkauan nilai jual catering mitra.

Keywords

Digital marketing; Usaha catering; Pasar Kemis

References

H. Y. Brendi Wijaya, "ffect of Emotional Experience, Electronic Word of Mouth, Reputation, Customer Satisfaction on Loyalty (Empirical Study: Lion Air)," Ilomata International Journal of Management Vol. 1 No. 4 October, pp. 215-227, 2020, doi : 10.52728/ijjm.v1i4.164

R. D. J. a. E. H. S. M. A. Z. Al Amrie, "S. M. A. Z. AlThe Influence of Product Attributes and Customer Experience on Customer Loyalty (Study on Cafe Customers in Malang City)," Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 1 no. 4, pp. 255-266, 2021, doi : 10.22219/jamanika.v1i4.19210

H. Y. Graciela Putri Wijaya, "The Influence of Content Marketing, E-WoM, and Brand Image on Purchase Intention Mother of Pearl Cosmetics," Jurnal of Business & Applied Management, vol. XV (No. 2), no. https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied-management/, pp. 133-142, 2022.

L. R. G. d. N. P. L. Febrio Immanuel Wong, "TERPAAN IKLAN DAN KREDIBILITAS KOMUNIKATOR TRETAN MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEM GAME FREE FIRE," Journal of Business & Applied Management Vol. XV (No. 2), pp. 153-170, 2022, doi : 10.30813/jbam.v15i2.3811

E. P. J. G. D. R. H. Y. Michael Christian, "Identification of Needs for Increasing the Selling Value of Salted Fish in Kali Baru," Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, vol. 6 no. 1, no. doi: 10.30813/jpk.v6i1.3162

M. C. F. F. Henilia Yulita, "Aspek Informatifitas, Hiburan, Iritasi, Kredibilitas, Nilai dan Pengukuran Sikap Pada Iklan COVID-19 di Kanal YouTube," Jurnal E-Bis:Ekonomi-Bisnis Vol. 6 No. 2, pp. 386-395, 2022, doi : 10.37339/e-bis.v6i2.979

V. W. K. K. Ivonne Maria, "PENGARUH INFORMATION QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT BEHAVIOR INTENTION (STUDI PADA SOCIAL COMMERCE INSTAGRAM)," Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 321-334, Oktober 2021, doi : 10.24912/jmieb.v5i2.12276

K. H. Henilia Yulita, "The Influence Of Millenial's Risk Perceptions On E-Commerce Shopee Purchase Decisions," PROMEDIA, (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), vol. 8, no. 1, p. 90 - 103, 2022.

H. T. P. R. U. W. T. Yulita, "ADS AVOIDANCE AND ATTITUDE TOWARDS ONLINE ADVERTISING AMONG NET-GENERATION IN JAKARTA," International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 3 (3), pp. 713 - 728, 2022, doi : 10.38142/ijesss.v3i3.278

E. Susanti, "PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA SAYANG KECAMATAN JATINANGOR," Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Volume 1, Nomor 2, Agustus, pp. 36-50, 2020, doi : 10.24198/sawala.v1i2.26588

M. C. Henilia Yulita, "Pengaruh indikator daring: Surel dan layanan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan (Studi empiris: Anggota Fitness First di Jakarta)," Jurnal Siasat Bisnis, 19 (1), p. 56-68, 2016, doi : 10.20885/jsb.vol19.iss1.art5

H. Y. S. D. Brendi Wijaya, "Pengaruh Pengalaman Emosional, Electronic Word Of Mouth, Reputasi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen," Management & Accounting Expose vol. 3, No. 2, Desember , pp. 71-81, 2020, doi : 10.36441/accounting.v3i2.208

A. Y. S. a. M. Setiawan, "The Influence of Product Attributes, Value Perceptions, and Consumer Experiences on Consumer Satisfaction (Study on Unisbank Semarang Students)," Journal of Humanities and Social Studies, vol. 5 no. 2, no. 116-120, 2021, doi: 10.33751/jhss.v5i2.3711., p. 116-120, 2021, doi : 10.33751/jhss.v5i2.3711

L. D. S. J. M. H. D. R. G. I. D. Khotimatus Sadiyah, "PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGHASILAN IBU RUMAH TANGGA (IRT) MAJLIS TAKLIM Al AULADIYAH," DEDIKASI PKM UNPAM Vol. 1, No. 3, September , pp. 1-8, 2020, doi : 10.32493/dedikasipkm.v1i3.7401

M. M. D. T. S. N. Ramida, "Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar," Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, vol. 3, no. 1, pp. 310-326, 2022.

L. T. Viorensa Tedjalaksana, "ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UMKM PRODUK HERBAL DI MASA PANDEMI COVID-19," Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, vol. 8, no. 2, pp. 948-961, Juli 2022, doi : 10.25157/ma.v8i2.7457

S. P. MONINGKA, A. P. KUMAAT and M. K. E. PAENDONG, "Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Sarana Pengembangan Bisnis UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Unggulan Daerah," in Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, Manado, 2022.

T. A. Larasati, A. Pradiptya and M. Mawardani, "PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK AYANA STORE PATI," SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, vol. 20, no. 4, pp. 397 - 402, 2022.

Article Metrics

Abstract view: 404 times
Download     : 251   times Download     : 41   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.