Bunda puspa : edukasi dan pendampingan kemasan produk usaha dari IRT di Desa Banyuurip Kabupaten Gresik

Tri Siwi Agustina, Puput Tri Komalasari

Submitted : 2022-12-15, Published : 2023-05-01.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam program Bunda Puspa 2022. Mitra dalam kegiatan ini adalah 20 warga Desa Banyuurip, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, dengan status ibu rumah tangga terpilih yang telah menjalankan usaha makanan dan minuman. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran dari pelaku usaha untuk memperhatikan kemasan dan label produknya. Dampaknya adalah penjualan tidak optimal dan area pemasaran bisnis terbatas.  Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan dan membantu mitra dalam meningkatkan kemasan dan membuat label produk bisnis. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pendampingan yang tepat sasaran dan tepat sasaran. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan pendahuluan, diskusi dan pendampingan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah program Bunda Puspa, dapat terlaksana dengan baik yang ditandai dengan meningkatnya pengetahuan dan perubahan perilaku para peserta dari pola pikir pedagang menjadi mind-set kewirausahaan sehingga usaha yang mereka rintis  dapat ditingkatkan

Keywords

: Gresik, Empowerment, Labelling, Packaging, Women

References

Pemerintah Kabupaten Gresik, "Peraturan Bupati (PERBUP) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender Melalui Program Bunda Puspa," 2022.

M. M. Garba and S. L. Abubakar, "The Influence of Entrepreneurial Learning Environment and Intrinsic Learners' Need on Entrepreneurship Education," Open J. Bus. Manag., vol. 07, no. 03, pp. 1244-1261, 2019, doi: 10.4236/ojbm.2019.73087

sdgsindonesia, "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," 2017. [Online]. Available: http://sdgsindonesia.or.id/index.php/sdgs/item/178-tujuan-pembangunan-berkelanjutan.

R. A. Yuniawati, "Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi," SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 169, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.4861

U. Aliyah, M. Hariyadi, and Prihadi, "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Mangrove Desa Banyuurip, Pangkah, Gresik," in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII 2019 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2019, no. 01, pp. 753-758, doi: 10.36563/publiciana.v15i01.424

M. Muttaqien and L. K. Wardana, "Pembuatan Desain Kemasan Ramah Lingkungan Serta Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Perluasan Pasar Kripik Singkong Semuluh Kidul," in Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2021, pp. 1946-1953, doi: 10.18196/ppm.26.543

I. P. Ramayasa and I. G. A. V. Purnama, "Usaha Peningkatan Ekonomi Pada Industri Rumah Tangga 'Paras Putra Jaya' Melalui Bantuan Program Kemitraan Masyarakat," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1-12, 2019, doi: 10.28989/kacanegara.v3i1.534

W. Swasty, Y. Rahman, and A. N. Fadilla, "Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi Dan UKM Kabupaten Bandung," Charity J. Pengabdi. Masy., vol. 02, no. 01, pp. 1-9, 2019, doi: 10.25124/charity.v2i1.2067

[9] A. Widiati, "Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di 'Mas Pack' Terminal Kemasan Pontianak," JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 8, no. 2, pp. 67-76, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.

https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

P. Octasylva, S. Leonita, and S. M. Damang, "Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Tangerang Selatan," Empower. Community, vol. 1, no. 2, p. 41, 2020, doi: 10.31543/ecj.v1i2.356

M. C. Anwar and M. C. Utami, "Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar," J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1-9, 2012, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/282/0.

T. S. Agustina, "Adopsi Teknologi Jasa Pesan Antar Makanan Online di Kalangan Perempuan Pedagang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19," Perwira (Jurnal Pendidik. Kewirausahaan Indones., vol. 3, no. 2, pp. 137-161, 2020, doi: 10.21632/perwira.3.2.137-161

M. E. Apriyanti et al., "Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Murni Snack," Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, p. 320, 2019, doi: 10.24198/kumawula.v4i2.34958

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, "Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan," 2018.

N. Muljani, L. Elitan, and Y. Koesworo, "Pelatihan Pembentukan Mindset Kewirausahaan untuk Memperkuat Karier Wirausaha Kaum Muda Kevikepan Surabaya Barat," PeKA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 36-42, 2019, doi: 10.33508/peka.v2i1.2860

H. Seftiono, M. Maulidian, I. H. Sumiasih, and M. D. Puspitawati, "Program Pendampingan Kemasan Pangan bagi Tenant melalui Pusat Pengembangan Wirausaha Bioindustri," Abdihaz J. Ilm. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, p. 49, 2021, doi: 10.32663/abdihaz.v3i2.1472

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, "UPTI Makanan, Minuman Dan Kemasan, Mitra IKM Mamin Jawa Timur Solusi Meningkatkan Kualitas Produk dan Kemasan," 2012. http://uptimamin.blogspot.com/.

Y. Zabidi, "Pendampingan Ibu-Ibu PKK RT 04 Wonokromo I Pleret Bantul Dalam Melakukan Perencanaan dan Implementasi Bisnis, Proses Produksi, dan Pengembangan Produk Usaha Rintisan Wono Batik Jumputan," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 1, pp. 47-54, 2019, doi: 10.28989/kacanegara.v3i1.498

Article Metrics

Abstract view: 42 times
Download     : 4   times Download     : 5   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.