Sosialisasi booklet aman Covid-19: Upaya peningkatan kapasitas orang tua pendamping anak dengan disabilitas pasca pandemi
Submitted : 2022-11-29, Published : 2023-08-01.
Abstract
Peningkatan kapasitas orang tua anak difabel merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membantu tumbuh kembang anak difabel, apalagi di masa pandemi Covid-19, peran orang tua semakin sulit dijalankan dan berlanjut hingga setelahnya. pandemi Covid-19. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai bentuk pendidikan bagi masyarakat. Metodologi yang digunakan berupa sosialisasi Booklet Anak Covid-19 yang menginformasikan kepada orang tua anak difabel mengenai pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru termasuk mengenai protokol kesehatan dan upaya yang dapat dilakukan dalam mendampingi anak difabel terutama saat melakukan aktivitas. di rumah. Hasil yang diperoleh dengan mensosialisasikan Booklet Aman Covid-19 adalah orang tua dapat memahami informasi yang diberikan dan terbantu untuk mencari solusi alternatif dalam mendampingi anak difabel saat beraktivitas di rumah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat terutama bagi pengembangan kapasitas orang tua anak penyandang disabilitas dalam menjalani kehidupan pascapandemi Covid-19.
Keywords
References
OECD Statistics and Data Directorate, "COVID-19 : Protecting people and societies," p. 33, 2020.
Able Child Africa, "The Effects of COVID-19 on Children and Youth with Disabilities in Africa," 2020.
M. B. Santoso and N. C. Apsari, "Pergeseran Paradigma dalam Disabilitas," Intermestic J. Int. Stud., vol. 1, no. 2, p. 166, 2017, doi: 10.24198/intermestic.v1n2.6
A. R. Luthfia, "URGENSI PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS DI MASA PANDEMI," J. Ilmu Adm., 2020.
A. A. Hidayat, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, 2013.
Sutaryo, Dasar -dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press, 2004.
O. U. Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
A. Edison and Komariyah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pertama. Badnung: Alfabeta, 2016.
D. Mulyana, Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
P. P. C. 19 Gugus Tugas, "Protokol perlindungan terhadap anak penyandang disabilitas dalam situasi pandemi Covid-19," no. 8, 2020.
A. Pain and D. Huot, "Life in the times of ' late development ':," no. February, pp. 2002-2016, 2017.
S. Solikhah, A. Haifa, and E. R. Fauzi, "Edukasi tentang penyakit hipertensi sebagai salah satu cara untuk mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat," KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 6, no. 1, pp. 81-88, 2023, doi: 10.28989/kacanegara.v6i1.1258
United Nations, "Persons with disabilities and coronavirus disease (COVID-19) in Latin America and the Caribbean: status and guidelines," United Nations, pp. 1-5, 2020.
W. H. Organization, "WORLD REPORT ON DISABILITY," 2011.
WHO, "World Report on Disability," 2011.
J. Currie and R. Kahn, "Children with disabilities: Introducing the issue," Futur. Child., vol. 22, no. 1, pp. 3-11, 2012, doi: 10.1353/foc.2012.0001
P. H. Lipkin and J. Okamoto, "The individuals with disabilities education act (IDEA) for children with special educational needs," Pediatrics, vol. 136, no. 6, pp. e1650-e1662, 2015, doi: 10.1542/peds.2015-3409
UNICEF, "Children with disabilities: Ensuring their inclusion in COVID-19 response strategies and evidence generation," 2020.
U. Nations, "A Disability-Inclusive Response to COVID-19," 2020.
Article Metrics
Abstract view: 137 timesDownload  : 60 times Download  : 49 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.