Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon
Submitted : 2022-10-02, Published : 2023-01-01.
Abstract
Khomsah Kholifah adalah usaha kecil yang menawarkan jasa maklun Cut, Make dan Trim (CMT) yang dalam beberapa tahun terakhir dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Zoya, Elzatta, Unique dan beberapa model kerudung dari brand Mandjha milik Ivan Gunawan untuk memproduksi produknya. Berdasarkan hasil pengamatan dengan pemilik Khomsah Kholifah, Bapak Joko kendala yang menjadi fokus permasalahan yaitu sulitnya produk perusahaan untuk dapat dipasarkan lebih luas dengan menerapkan marketing digital karena kompetensi sumber daya manusia yang masih kurang tentang penerapan marketing digital. Pengabdian ini berfokus pada peningkatan kinerja penjualan produk jasa maklun (CMT) dan produk kerudung unggulan Khomsah Kholifah menggunakan marketing digital. Diharapkan program ini dapat membantu Khomsah Kholifah untuk meningkatkan daya saing usahanya tidak hanya di tingkat lokal, nasional dan daerah, tetapi juga daya saing secara global. Metode Pelaksanaan pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan secara hybrid (offline dan online) dengan tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mulai dari memperhatikan kondisi produk dan ketersediaan stok sampai implementasi marketing digital menggunakan website yang dibangun khusus untuk perusahaan Khomsah Kholifah. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah peningkatan kinerja penjualan produk Jasa Maklun CMT dan produk kerudung unggulan Khomsah Kholifah berdasarkan data kuesioner evaluasi kegiatan pengabdian dimana sebagian besar pelanggan mengetahui produk Khomsah Kholifah melalui Instagram dan mengetahui ketentuan pemesanan dan teknis pembelian secara lengkap pada Website resmi Khomsah Kholifah.
Keywords
References
S. Supriyati, S. Mulyani, H. Suharman, and T. Supriadi, "The Influence of Business Models, Information Technology on the Quality of Accounting Information Systems Digitizing MSMEs Post-COVID-19," Jurnal Sistem Informasi, vol. 18, no. 2, pp. 36-49, 2022, doi: 10.21609/jsi.v18i2.1141
I. Avianti and S. Syahrir, Digital Governance Inovasi dengan Etika dan Integritas, Cetakan Pe. Jakarta: PT. Kaptain Komunikasi Indonesia, 2020.
Supriyati and R. S. Bahri, "Model Design of Accounting Information Systems for Village Owned Enterprises ({BUMDes})," {IOP} Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 879, p. 12093, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012093
Supriyati, A. S. Gumilar, S. D. A. Hendarsyah, S. C. Ulfah, and C. N. Albar, "Sistem Informasi Konsultasi Desain dan Dekorasi Taman Berbasis Website," IJIS - Indonesian Journal On Information System, vol. 6, no. 2, 2021 doi : 10.36549/ijis.v6i2.140
S. Supriyati and R. S. Bahri, "Peningkatan Kapasitas Kinerja Relawan Karang Taruna Jawa Barat Dalam Membantu Pembuatan Laporan Pengelolaan Penggunaan Dana Covid-19 Untuk Pemerintah Kota/Desa," Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 10-17, 2022, doi : 10.24198/kumawula.v5i1.35059
Supriyati, R. S. Bahri, and D. F. Maulana, "Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Pada Forum Pondok Pesantren Jawa Barat," Al-Khidmat Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 137-145, 2021, doi : 10.34010/aisthebest.v4i02.2749
S. L. B. Ginting and Supriyati, "Model Design and Implementation of the 'TomasDanance.com Application' for NGOs (Central Bandung and Bandung District of NGOs Studies Centre)," GSTF Journal on Business Review, vol. 3, no. 3, pp. 1-7, 2014, doi: 10.5176/2010-4804, doi : 10.5176/2010-4804
Binar Academy, "Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula dan Langkahnya," Binar Academy. [Online]. Available: https://www.binaracademy.com/blog/belajar-digital-marketing-untuk-pemula. [Accessed: 11-Mar-2022].
E. Wince, "Kajian Pentingnya Stock Opname Dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan," Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.29240/tik.v1i1.205
M. V. Jeremi and D. Herwanto, "Analisis Implementasi Stock Opname Internal pada Manajemen Pergudangan Perusahaan (Studi Kasus: PT. Granitoguna Building Ceramics)," Journal Serambi Engineering, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.32672/jse.v6i1.2651
R. P. Adam, "Target Pasar Dan Strategi Memposisikan Produk Teh Di Pasar Global," Media Litbang Sulteng, vol. 4, no. 2, pp. 125-136, 2011.
H. Wijaya and H. Sirine, "Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap," AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, vol. 1, no. 3, pp. 175-190, 2016, doi: 10.20885/ajie.vol1.iss3.art2
U. E. Rulita, "6 Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital dan Penerapannya," Warung Pintar, 2021. [Online]. Available: https://warungpintar.co.id/blog/6-strategi-pemasaran-umkm-di-era-digital/. [Accessed: 29-Sep-2022].
Kemenkeu RI, "Cara Cerdas Pemasaran Digital untuk Produk UMKM," Kementerian Keuangan RI Ditjen Pembendaharaan BLU PIP, 2022. [Online]. Available: https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/133-cara-cerdas-pemasaran-digital-untuk-produk-umkm.html.
H. Ali, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS, 2013.
H. S. Harahap, N. K. Dewi, and E. P. Ningrum, "Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM," Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, vol. 3, no. 2, p. 77, 2021, doi: 10.32493/JLS.v3i2.p77-85
Article Metrics
Abstract view: 512 timesDownload  : 287 times Download  : 87 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.