Abstract
Salah satu materi yang tepat untuk melatih kemampuan literasi dan numerasi matematika pada siswa SMP adalah sistem persamaan linier dua variabel atau SPLDV Selain itu, untuk menjadikan pembelajaran menarik dan menyenangkan menggunakan permainan pada media CODA. Penelitian dan Pengembangan dilaksanakan di SMPN 2 DAU SATU ATAP. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dau Satu Atap kelas VIII. Objek dalam penelitian dan pengembangan adalah media CODA. Instrumen adalah lembar validasi materi, lembar tes dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, validasi ahli dan tes. Prosedur pengembangan menggunakan model 3D yaitu Define, Design dan Develop. Berdasarkan hasil analisis penilaian media CODA materi SPLDV oleh validator diperoleh skala 3,6 dengan kriteria valid. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil angket respon siswa, penilaian media CODA pada materi SPLDV memenuhi kriteria praktis karena mendapat respon baik dari siswa yaitu 2,92. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mempunyai nilai praktis dan layak digunakan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Situmorang, A. S., & Naibaho, T. (2020). Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Tingkat SD. Prosiding Webinar Ethnomatematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 2020, 51–57.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. May, 340. https://www.researchgate.net/profile/NetriwatiNetriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMAT IKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDIA-PEMBELAJARANMATEMATIKA.pdf
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26
Dimyati A, M., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (on Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565
Arifin Ahmad. 2017. “Penerapan Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV a sd NegeriI 01 Metro pusat”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9 No.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Maulidina, Ana Puspita dan Sri Hartatik. Profil kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. Vol.3. No.2.
Putri, E. S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Dikaji Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 174. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.51508
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377
Article Metrics
Abstract view: 108 timesDownload  : 104 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.