Analisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 pada materi pembagian puluhan dan ratusan

Siti Nurazijah, Kamaliyah Kamaliyah, Rahmita Noorbaiti

Submitted : 2025-06-26, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa kelas IV SD Negeri Teluk Dalam 1 dalam menyelesaikan masalah pada materi pembagian puluhan dan ratusan, serta mengkaji pencapaian literasi matematika berdasarkan indikator level 2 dari PISA, yaitu mengenali situasi, mengambil informasi, menunjukkan pemahaman, dan meninjau jawaban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang terdiri dari lima soal berbasis konteks dunia nyata yang dirancang untuk mengukur keempat indikator literasi matematika tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, literasi matematika siswa berada dalam kategori sedang, dengan rata-rata skor sebesar 36,5. Sebanyak 50% siswa tergolong dalam kategori tinggi, 25% dalam kategori sedang, dan 25% dalam kategori rendah. Indikator mengenali situasi dan mengambil informasi memiliki tingkat pencapaian lebih tinggi dibandingkan indikator menunjukkan pemahaman dan meninjau jawaban. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa mampu mengenali permasalahan dan mengambil data dari soal, mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memeriksa kembali solusi yang dihasilkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan instrumen literasi matematika yang kontekstual dan sesuai dengan kemampuan kognitif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi acuan dalam merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan berorientasi pada pemecahan masalah dunia nyata.

Keywords

Literasi Matematika; Pembagian Puluhan; Pembagian Ratusan; Indikator PISA; Pembelajaran Matematika SD

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. [2] Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansyah, H. (2018). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara. [3] Abidin, Z., Novayanti, R., & Hasanah, U. (2018). Literasi matematika dan implikasinya dalam pembelajaran di sekolah. Jakarta, Indonesia: Pustaka Media. [4] Abidin, Z., & Wahyuddin, M. (2017). Keterampilan dasar matematika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Yogyakarta, Indonesia: Andi Publisher. [5] Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta. [6] Di, S., & Tan, L. (2020). Mathematical literacy and problem-solving abilities in elementary students: A comparative study. International Journal of Mathematics Education, 43(1), 12–27. [7] Iskandar, Z. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 14(3), 147–160. [8] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Laporan hasil PISA Indonesia tahun 2018. Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemendikbud. [9] Liu, Q., & Zhang, X. (2021). The role of mistakes in learning mathematics: Insights from recent research. Mathematics Education Research Journal, 33(3), 345–362. [10] Nur Ridzkiyah, K. N. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. [11] OECD. (2015). Draft assessment and analytical framework: PISA 2015. Paris, France: OECD Publishing. [12] OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning and equity in education. Paris, France: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en [13] OECD. (2024). PISA 2022 results (Volume III): Creative minds, creative schools. Paris, France: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/765ee8c2-en [14] Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2022). PISA 2022 assessment and analytical framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b9f48c34-en [15] Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023). PISA 2022 results: What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/2f9d3bc0-en [16] Puspitasari, Y. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi literasi matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 19(4), 320–335. [17] Zulkardi, I., & Putri, R. I. I. (2018). Pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI). Palembang, Indonesia: UNSRI. [18] Rio, P. (2018). Mathematical literacy: A framework for PISA. Cambridge, England: Cambridge University Press. [19] Simarmata, S. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 59–72. [20] Wahyuddin, M. (2016). Evaluasi pembelajaran matematika berbasis literasi. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view: 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.