Pengembangan media KENTARA berbasis Canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD

Dyah Ayu Pramoda Wardhani, Haniyah Bilqis Wakhidah

Submitted : 2025-06-20, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media KENTARA, menilai validitas dan kelayakan media KENTARA serta mengevaluasi seberapa baik pencapaian belajar siswa kelas IV melalui penggunaan media KENTARA dalam pembelajaran IPAS. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk berupa media pembelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia. Media KENTARA dinyatakan valid dengan hasil validasi ahli yang mencapai 100%, hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa media ini sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan uji coba ada peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator kognitif C4 dan C5. Berdasarkan temuan ini, dapat dikatakan bahwa media KENTARA sangat berhasil dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Keywords

media keliling nusantara; canva;hasil belajar

References

[1] D. Anggisa, “Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Gadang 1 Kecamatan Sukun Kota Malang,” Seminar Nasional PPG UNIKAMA, vol. 1, no. 2, 2024, [Online]. Available: https://conference.unikama.ac.id/artikel/

[2] I. Irsan, “Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5631–5639, Nov. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1682.

[3] I. E. Azzahra, A. Nurhasanah, and E. Hermawati, “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Di Sdn 4 Purwawinangun,” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, vol. 09, no. 02, pp. 6230–6238, 2023.

[4] A. N. Septiana and I. M. A. Winangun, “Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar,” WIDYAGUNA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/index

[5] F. Triviana, M. Afandi, and S. Yustina, “Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Perbantuan Media Flip Book Di Kelas V Sdn Bumi Arum,” Jurnal Ilmiah Sultan Agung, pp. 139–154, Jun. 2024.

[6] Titin, A. Yuniarti, A. P. Shalihat, D. Amanda, I. L. Ramadhini, and V. Virnanda, “Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran,” Journal Education and Technology, vol. 4, no. 2, pp. 111–123, 2023.

[7] A. I. Mahardika, N. Wiranda, and M. Pramita, “Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring,” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 3, 2021, doi: 10.29303/jppm.v4i3.2817.

[8] N. D. Shalikhah, A. Primadewi, and M. S. Iman, “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran,” WARTA LPM, vol. 20, no. 1, pp. 9–16, 2017.

[9] Munawir, A. Rofiqoh, and I. Khairani, “Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, vol. 9, no. 1, pp. 63–71, 2024, doi: 10.36722/sh.v9i1.2828.

[10] Z. Kamila and K. Kowiyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 72–83, Dec. 2022, doi: 10.31004/cendekia.v7i1.1663.

[11] G. Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA,” Jurnal Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, pp. 79–96, 2020.

[12] D. Nur’ain and W. Wirastiwi, “Pengembangan Media E-Book Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Di Sekolah Dasar,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 9, no. 1, pp. 768–773, 2024, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

[13] Rayanto, Y.H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute..

[14] S. Puti, M. Latief, M. Rohandi, and I. Suwandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmentented Reality Pada Materi Perakitan Komputer Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Gorontalo,” INVERTED : Jurnal of Information Technology Education, vol. 3, no. 1, pp. 80–93, 2023, [Online]. Available: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted

[15] Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. . Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

[16] W. A. Panjaitan, E. J. Simarmata, R. Sipayung, and P. J. Silaban, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 1350–1357, Oct. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.549.

[17] M. D. Harmanto, N. Hidayah, S. W. Kurniasari, D. E. Safitri, A. Karunia, and F. S. Hilyana, “Pengembangan Media Pop Up Book Sejarah Kemerdekaan Indonesia Untuk Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Kelas V,” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, vol. 10, no. 01, pp. 2028–2043, 2024.

[18] S. Sofnidar and R. Yuliana, “Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik,” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 257–275, Dec. 2018, doi: 10.22437/gentala.v3i2.6761.

[19] Tika Nurti Sartika Sari. (2021), Pembelajaran yang Monoton, Sebabkan Siswa Menjadi Bosan dan Malas, diakses pada tanggal 14 Juni 2024,

[20] Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Padang, vol. 16, no. 1 (http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id, diakses 25 Oktober 2017)..

[21] M. Oktaviana dan SP. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”, JIPP , vol. 8, tidak. 1, hlm. 48–56, Januari 2023.

[22] Z. Rahmayanti, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2021.

[23] Febrianti, S. A. D., Widiana, I. W., & ana, K. Y. (2021). Higher-Order Thinking Skill (HOTS) Instrument-Based Cognitive Evaluation in Grade V Elementary School Students. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(2), 48–56. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.38570Z. Rahmayanti, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2021.

Article Metrics

Abstract view: 0 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.