Efektivitas model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari promote action guru
Submitted : 2025-06-16, Published : 2025-12-03.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] Engel, “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) PMRI di Sekolah Dasar,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 6–24, 2014.
[2] Meriyati, “Memahami Karakteristik Anak Didik.,” Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung., 2015.
[3] A. Rofizah, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar Siswa yang Mendukung Pemecahan Masalah Siswa Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di MTs Negeri 4 Mojokerto,” Universitas Islam Majapahit, 2018.
[4] S. Nerita, J. Jamna, and Solfema, “Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 10, no. 2, pp. 1077–1084, 2022, doi: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6333.
[5] U. B. A. Aziz, S. Mahmud, and D. Mislinawati, & Fitriani, “Perbedaan Individu dan Gaya Belajar Peserta Didik,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 2, pp. 169–186, 2022.
[6] W. Anikma, “Upaya Guru Dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih,” 2017.
[7] A. Y. Rahmawati, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar Dan Ular Tangga Pintar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Di MI Ma’arif Polorejo Tahun Ajaran 2019/2020,” Skirpsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.
[8] D. Wahyuningsari, Y. Mujiwati, Hilmiyah, F. L., Kusumawardani, and I. P. Sari, “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 04, pp. 529–535, 2022.
[9] L. B. Tristanti and J. D. N. Iffah, “Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 3, p. 1716, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i3.5103.
[10] A. Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Rose KR (ed.); Pertama). Yogyakarta: : Ar Ruzz Media, 2014.
[11] E. Damayanti, A. B. Santosa, M. S. Zuhrie, and P. W. Rusimamto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 9 No 03, pp. 639–645, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321
[12] Nurzaki Alhafiz, “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru,” J. Cakrawala Ilm., vol. 1, no. 5, pp. 1133–1142, 2022, doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203.
[13] M. Goos, “A Sociocultural Analysis of Learning to Teach,” Proc. 29th Conf. Int. Gr. Pscyhology Math. Educ., vol. 3, pp. 49–56, 2005.
[14] J. D. N. Iffah, “Karakteristik Promote Action Guru pada Materi Bangun Ruang Berdasar Perilaku Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang,” Pros. Semin. Nas. Has. Penelit. Pendidik. Dan Pembelajaran Stkip Pgri Jombang, vol. Volume 2, no. 1, pp. 23–24, 2016.
[15] Husamah, Belajar & Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Malang, 2016.
[16] A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019.
[17] A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
[18] W. Zarkasyi, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: : PT Refika Aditama, 2017.
Article Metrics
Abstract view: 0 times
Download  : 0 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




