Pengembangan media interaktif petasan berbasis android pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD

Dyah Ayu Pramoda Wardhani, Zakiatul Rohmadona

Submitted : 2025-06-11, Published : 2025-12-03.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Wahidiyah Kepanjen yang disebabkan kurang optimalnya media pembelajaran. Berdasarkan hasil soal AKM berbasis literasi sains yang diujikan peneliti pada mata pelajaran IPAS kelas IV, diperoleh hasil di bawah KKTP pada interval (0–68) dengan rata-rata nilai 65,2. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif berbasis android (PETASAN) pada materi energi dan perubahannya di sekolah dasar, serta meningkatkan literasi sains siswa melalui media tersebut. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 8 langkah. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi validasi kelayakan media dan materi, analisis angket respon, analisis persentase peningkatan literasi sains siswa, serta analisis peningkatan per indikator siswa. Hasil menunjukkan peningkatan nilai dari rata-rata pretest 48 menjadi postest 86 (peningkatan sebesar 80%). Media interaktif PETASAN dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS

Keywords

Media interaktif; Media berbasis android; Petasan; IPAS; Literasi sains

References

[1] E. D. Agustiani, “Guru IPA dan Calon Guru IPA Menghadapi Soal-Soal Berkarakter PISA,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 67–86, 2020, doi: 10.30605/jsgp.3.1.2020.237.

[2] D. Daniah, “Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa,” Pionir J. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 144–153, 2020, doi: 10.22373/pjp.v9i1.7178.

[3] I. K. Suparya, I Wayan Suastra, and I. B. Putu Arnyana, “Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 9, no. 1, pp. 153–166, 2022, doi: 10.38048/jipcb.v9i1.580.

[4] A. M. Hawa and L. V. Putra, “PISA Untuk Siswa Indonesia,” Janacitta, vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.35473/jnctt.v1i1.13.

[5] F. Yusmar and R. E. Fadilah, “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 13, no. 1, pp. 11–19, 2023, doi: 10.24929/lensa.v13i1.283.

[6] A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

[7] S. Deti Nurhamidah, A. Sujana, and D. A. Karlina, “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1318–1329, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3190

[8] R. Syafitri, F. Rini, and R. T. Untari, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Basis Data,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, p. 1627, 2023, doi: 10.35889/jutisi.v12i3.1507.

[9] M. D. Harmanto, N. Hidayah, and S. W. Kurniasari, “Pengembangan Media Pop Up Book Sejarah Kemerdekaan Indonesia Untuk Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Kelas V,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.

[10] A. Utami, P. Marwoto, and W. Sumarni, “Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten , Proses , dan Konteks Sains Siti Hanifa Ari Utami *, Putut Marwoto , Woro Sumarni Pendahuluan,” vol. 10, no. 2, pp. 380–390, 2022, doi: 10.24815/jpsi.v10i2.23802.

[11] N. P. Azhari, “Journal of Research Applications in PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF DALAM,” no. c, pp. 47–52, 2024.

[12] P. Setiani, “Media Aplikasi Android Pada Pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Media Aplikasi Android Pada Pembelajaran,” FKIP Univ. Jambi, pp. 1–15, 2018.

[13] Sarwandi, Norenta Sitohang, and Ridwan Syahputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada SDS Alwashliyah 13 Pasar Senen,” Engagem. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 129–134, 2023, doi: 10.58355/engagement.v2i3.36.

[14] M. Najib, A. Syawaluddin, S. Raihan, and A. I. Abstrak, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SD,” J. Inov. Pedagog. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2023, [Online]. Available: http://www.jurnal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek

[15] D. F. Febriyanti and P. M. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Menggunakan Software Ispring Suite 9 pada Pembelajaran IPA,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6620–6629, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3323.

[16] M. Imaduddin and N. S. Damayanti, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (SIMOBILE) Berbasis Android pada Muatan Pembelajaran IPA SD,” J. Ilmu Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 11, no. 3, p. 193, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.52446

[17] N.N.D. Kristanti, N. Dantes, and Sariyasa, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Bermuatan Materi Bentang Alam Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 8, no. 1, pp. 168–180, 2024, doi: 10.23887/jurnal_pendas.v8i1.3251.

[18] J. P. Dinamika et al., “Pengenalan Tren Penelitian Literasi Sains bagi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPA di Salah Satu Universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand,” vol. 11, no. 1, pp. 25–32, 2024.

[19] M. F. Haruna, N. Nurlia, and S. Levianti, “Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di Sman 3 Luwuk,” Bio-Lectura J. Pendidik. Biol., vol. 10, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.31849/bl.v10i1.13330.

[20] N. Azizah and Julianto, “penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar,” Pgsd, vol. 1, no. 2, p. 1, 2019.

Article Metrics

Abstract view: 0 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.