Pengembangan soal IPA HOTS berbasis budaya Malang untuk mengukur literasi sains pada kelas V Sekolah Dasar
Submitted : 2025-06-05, Published : 2025-12-03.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal IPA HOTS berbasis budaya batik ecoprint untuk mengukur literasi sains siswa kelas V sekolah dasar, sekaligus mengatasi rendahnya literasi sains dan minimnya soal HOTS berbasis budaya lokal. Metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE digunakan, meliputi tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes di SDN 01 Mangunrejo Β dengan jumlah 16 siswa dan SDN 02 Jenggolo dengan jumlah siswa 30 siswa, dengan validasi oleh ahli materi dan praktisi pendidikan. Uji coba lapangan 46 siswa dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, dan kepraktisan. Hasil menunjukkan soal memiliki validitas 99,33% (sangat valid), dan reliabilitas 0,889 (sangat reliabel) efektif untuk mengukur literasi sains siswa secara kontekstual dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[1] OECD. Pisa 2025 Science Framework. Oxford: Oxford University Press. Available online: https://pisa-framework.oecd.org/science-2025/assets/docs/PISA_2025_Science_Framework.pdf. 2023
[2] Pratiwi, S.N., Cari, C., and Aminah, N.S. Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. J. Mater dan Pembelajaran, 9: 34 - 42, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184.2019
[3] Thahir, R., Magfirah, N., and Anisa, A. Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Biodik, 7 (3): 105β113, doi: 10.22437/bio.v7i3.14386. 2021
[4] Hartini, T.I., and Martin, M. Pelatihan Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru-Guru Fisika di SMA Di Kota Depok, J. Indonesia Mengabdi, 1 (1): 27β29, doi: 10.30599/jimi.v1i1.453.2019
[5] Organ, P.S.S., and Hidup, M. IPA, Pengembangan instrumen penilaian berbasis budaya lokal untuk pembelajaran, J. Pendidik. Sains, 9 (1): 6219β6229. [Online]. Available: https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/issue/view/25.2023
[6] Wibowo A. and Hamidah, A. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Aplikasi Proprofs Pada Tema 7 Subtema 1 Pb 3 Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8 (2): 1058-1069.2022
[7] Safrizal, S., Zaroha, L., and Yulia, R. Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). J. Nat. Sci. Integr., 3 (2): 215, doi: 10.24014/jnsi.v3i2.9987.2020
[8] Sholikah L., and Pertiwi, F.N. Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA Integr. Sci. Educ. Teach. Act. J., 2 (1): 95β104, doi: 10.21154/insecta.v2i1.2922.2021
[9] Amalia, A., and Pujiastuti, H. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Smp Ypwks Cilegon Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Wahana Didakt. J. Ilmu Kependidikan, 18 (3): 247, doi: 10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370.2020
[10] Gayatri, Y., Rizqiyah, S., and Suharti, P. Empowering Studentsβ Scientific Literacy Using Local Wisdom- Based Ethnobotany Atlas Media. J. Penelit. Pendidik. IPA, 9 (Spesial Issue): 953β959, doi: 10.29303/jppipa.v9ispecialissue.5899.2023
[11] Febriyanti, D.F., and Sari, P.M. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Menggunakan Software Ispring Suite 9 pada Pembelajaran IPA. J. Basicedu, 6 (4): 6620β6629, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3323. 2022
[12] Creswell, J.W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Lincoln: SAGE Publ.2009
[13] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/abbabc85d324273c55d36e355a8ff874d6fae2bf2012
[14] Krathwohl, D.R. Theory Into Practice, A Revis. Bloom. Taxon. An overview., 41 (4): 212-218.2002
[15] Arikunto, S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/4672500ccc40a7594eccfa706e637fbbee6dd2d2/. 2014
[16] Martini, E. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. Jakarta:Prenada Media. 2017
[17] Rahmi, Z. Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP. Online: https://repository.ar- raniry.ac.id/id/eprint/22872/1/Zulfia%20Rahmi,%20170205040,%20FTK,%20PMA,%20082275173921.pdf. 2022
[18] Primasari, I.F.N.D., Marini, A., and Sumantri, M.S. Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. J. Basicedu, 5 (3): 1479β1491, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.956.2021
[19] Al-Ghiffari, L.R. Pengembangan LMS Moodle Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Skripsi. Repositori Universitas Pendidikan Indonesia. Online: https://repository.upi.edu/64512/4/S_MAT_1703844_Chapter3.pdf. 2021
[20] Sugiyono. Penilaian Wisatawan Terhadap Fasilitas Pariwisata Wana Wisata Ciwangun Indah Camp Kabupaten Bandung Barat. Universitas Pendidikan Indonesia, p. 21, [Online]. Available: http://repository.upi.edu/412/6/S_MRL_0907359_CHAPTER 3.pdf. 2011
[21] Tsuroβiyah, H., Asmarani, R., and Yulianto, B. Pengembangan Media Sound Slide Dalam Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Kelas 2 SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4 (2): 34-38.2020
[22] Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.2012
[23] Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95β104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922.2021
[24] Kristanto, A., and Setiawan, A. International Journal of Science Education in 2009. International Journal of Science Education, 32 (7), 845β848. https://doi.org/10.1080/09500691003629740.2010
Article Metrics
Abstract view: 0 times
Download  : 0 times

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




