Pembelajaran interaktif melalui game edukatif selama masa pandemi di TK AL Ghifari Bandung

Vera Suryani, Bayu Erfianto, Andrian Rakhmatsyah, Fazmah Arif Yulianto

Abstract

Kurikulum sekolah TK meliputi aspek motorik,maupun kognitif bagi anak usia pra-sekolah. Pembelajaran daring selama pandemi membuat anak cepat bosan, karena masa konsentrasi mereka belum bisa lama seperti halnya orang dewasa. Dibutuhkan perangkat bantu agar penyampaian materi lebih menarik dan tidak membosankan. Permainan merupakan salah satu cara penyampaian materi agar anak TK dapat belajar secara menyenangkan. Game edukatif merupakan perangkat bantu yang bersifat menarik bagi anak TK, dan melalui game ini materi pembelajaran dapat disampaikan secara menarik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah melakukan penyuluhan kepada guru PAUD TK Al-Ghifari Sukabirus mengenai cara penyampaian materi pembelajaran melalui game edukatif, serta pelatihan kepada anak TK mengenai cara penggunaan game edukatif tersebut. Game edukatif bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui story telling, peningkatan konsentrasi, serta aspek computational thinking untuk usia pra-sekolah. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di TK Al Ghifari Bandung di dapatkan bahwa perangkat dan modul pembelajaran yang diberikan sangat membantu proses belajar mengajar di TK Al Ghifari. Poin utama yang disasar adalah aspek motivasi dan konsentrasi anak usia TK.

Keywords

TK Al Ghiffari; game edukatif; motivasi; konsentrasi

References

Barno A, Yokutkhon I, Feruzaxon Y, and Makhliyo I, “Methodology of Using Game Technologies in Preschool Education,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 7, pp. 2242–2245, 2020.

N. Li, “Study on the Interaction between Music and Games in Preschool Music Education,” in 2nd International Conference on Education, E-learning and Management Technology, 2017, pp. 214–218.

R. I. Borman and I. Erma, “Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, no. 1, pp. 8–16, 2018.

V. D. Wicaksono and P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” in Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 2016, pp. 513–521.

A. Epriliyansyah et al., “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Perhitungan Untuk Anak Usia Dini Dengan Metode RAD Berbasis Android,” J. FTIK, vol. 1, no. 1, pp. 629–638, 2018.

Andri Setiawan, Henry Praherdhiono, and Sulthoni, “Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini,” J. Inov. Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 39–44, 2019.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 225–230, 2017.

Sri Lestari R and Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, pp. 341–346, 2018.

M. Nurhayati, “Penggunaan Media Audio Visual LCD Proyektor Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Semanding Pagu Kediri Tahun Pelajaran 2015 / 2016,” UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, 2016.

Article Metrics

Abstract view: 13 times
Download     : 1   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.