Pelatihan pengolahan hasil pertanian Dusun Pulo Kalurahan Gulurejo untuk peningkatan ekonomi Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Ibu dimasa pandemi COVID-19

Anis Febri Nilansari, Setia Wardani, Muncar Tyas Palupi

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada hampir semua sektor, demikian pula di sektor UMKM. Usaha Mikro Kecil Menengah umumnya dianggap sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan dalam suatu negara berkembang, dimana UMKM mempunyai peranan dalam mengurangi mengurangi pengangguran dan kemiskinan khususnya untuk negara-negara berkembang, sehingga dibutuhkan komitmen dan kemauan yang kuat dalam meningkatkan produktifitas UMKM. UMKM pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Tani Wanita (KTW) Karya Ibu yang bergerak pada bidang pertanian hasil bumi, berlokasi di Dusun Pulo Kalurahan Gulurejo. Masalah utama pada mitra adalah melimpahnya hasil pertanian dari KTW yang belum dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambah pendapatan keluarga karena belum adanya pengarahan tentang pengolahan makanan ringan berbahan pisang dan singkong, jangkauan pasar yang masih lokal, desain produk yang masih konvensional. Tujuan pengabdian adalah membentuk dan mengembangkan kelompok usaha di Dusun Pulo yang mandiri secara ekonomi dengan memberikan solusi atas masalah pada mitra. Solusi untuk mengatasi masalah pada mitra antara lain pelatihan pengolahan hasil pertanian (berupa makanan ringan) dan pelatihan bahasa promosi serta pembuatan desain produk dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hasil dari PkM ini adalah makanan ringan dari pisang dan singkong yang memiliki nilai jual tinggi serta promosi produk dengan memanfaatkan media sosial.

Keywords

KWT Karya Ibu; pisang; singkong; diversifikasi

References

S. Tinggi, I. Ekonomi, and M. Tolitoli, “PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PERENCANAAN,” vol. 1, no. 2, 2020.

P. Muhammad and A. Mannan, Pemikiran muhammad abdul mannan tentang konsumsi dan relevansinya terhadap pandemi covid-19 skripsi. 2021.

A. Pengganda, “Jurnal Economia , Volume 13, Nomor 1, April 2017 ANALISIS KETERKAITAN SEKTOR PERTANIAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA (ANALISIS INPUT OUPUT) Retno Febriyastuti Widyawati,” vol. 13, no. April, 2017.

M. Hasbi and W. Sumarni, “Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19,” 2020.

I. Andriyanto, “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis ( Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus ),” vol. 5, no. 2, pp. 363–382.

A. F. Nilansari and S. Wardani, “Pelatihan Pengolahan Kulit Melinjo Sebagai Camilan Sehat Untuk Peningkatan Pendapatan Kwt Sejahtera Dusun Kepuh Kulon Desa Wirokerten,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, p. 37, 2021.

D. I. Gizi, F. Kedokteran, and U. Diponegoro, “Journal of Nutrition College,” vol. 7, pp. 8–14, 2018.

D. Cristiana et al., “KONTRIBUSI PEMANFAATAN UBI JALAR SEBAGAI PRODUK LOKAL DESA SAYANG, KABUPATEN SUMEDANG TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT SETEMPAT,” 2018.

W. Tuhenay, “Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ),” vol. 2, no. 2, pp. 191–204, 2018.

A. Heryawan, A. Fauzi, and A. Hidayat, “Analisis Ekonomi Dan Kebijakan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat,” J. Agric. Resour. Environ. Econ., vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2016.

Kominfo, “Survey Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat,” 2017.

M. Umiyati and I. G. A. A. D. Susanthi, “Pemanfaatan Bahasa Iklan sebagai Penunjang Media Promosi di Jalan Akasia,” Linguist. Community Serv. J., vol. 1, no. 2, 2021.

Article Metrics

Abstract view: 30 times
Download     : 8   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.