Implementasi sistem informasi Heypenyidik Satreskrim Polres Tarakan berbasis web

Suprianto Suprianto, Muhammad Muhammad, Muhammad Fadlan, Pratama Dyas Wicaksana

Abstract

Sistem informasi merupakan suatu kebutuhan pokok di dalam suatu pelayanan di berbagai bidang, contohnya Polres Tarakan yang memiliki beberapa satuan reserse diantaranya adalah Satreskrim. Terdapat berbagai masalah internal penyidik dan juga permasalahan pada masyarakat yang ingin mengetahui perkara yang dialaminya. Penyidik terkadang melewatkan kasus yang ditanganinya, padahal waktu perkara sudah hampir habis, sehingga diperlukannya sistem yang dapat mengingatkan serta mendata agar dapat dengan mudah dicari oleh masyarakat yang terkena perkara. Metode waterfall digunakan untuk memberikan solusi dalam pembuatan aplikasi diantaranya identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa dan desain sistem, koding program, uji coba, evaluasi dan sosialisasi. Hasil aplikasi heypenyidik.com memiliki fitur untuk mengingatkan penyidik h-4 sebelum waktu perkara habis. Aplikasi ini juga dapat melakukan pencarian data yang diperuntukkan untuk masyarakat dengan kata kunci nama dan nomor handphone. Aplikasi ini mendapatkan penilaian yang sangat positif oleh masyarakat dan penyidik pada saat launching

Keywords

penyidik; kasus perkara; website

References

A. Nasir, and R. Oktari, “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Itern Terhadap Kinerja Pemerintah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar), Jurnal Ekonomi, 2011.

Humas Polri, 2021. ‘Struktur Organisasi, https://humas.polri.go.id/profil/struktur-organisasi, (diakses tanggal 10 mei 2019).

Andi Hamzah, Hukum Acara Pidana Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2014.

F. Rozi, “ Sistem Pembuktian Dalam Proses Persidangan Pada Perkara Tindak Pidana,” Jurnal Yuridis Unaja, vol. 1, no. 2, pp. 19-33, Dec. 2018.

R. V. Palit, Y. D. Y. Rindengan, and A. S. M. Lumenta, “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4, no. 7, pp. 1–7, 2015.

D. S. Purnia, A. Rifai, and S. Rahmatullah, “ Penerapan Metode Waterfall dalam perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2019, Okt. 2019.

Pressman, R.S. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.

J. Dermawan, and S. Hartini, “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syufa Budi Jatibening. Paradigma, pp. 142-147, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal JPIT, vol 2, no. 1, pp. 6, Jan. 2017.

M. Muttaqien, L. K. Wardana, “Pelatihan Jurnalisme Warga Sebagai Sarana Pengembangan Bakat Remaja Dalam Dunia Digital Serta Promosi Pariwisata Desa Samiran Kecamatan Selo Kabupaten Boyoyali,” Jurnal ’KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 137-145, Juli. 2020.

Article Metrics

Abstract view: 11 times
Download     : 0   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.