Pelatihan dan pendampingan pengelolaan web profile SMP N 1 Kalibening

Ari Kusuma Wardana, Rianto Rianto, Ekha Rifki Fauzi

Abstract

Teknologi bekembang begitu pesat, salah satu bagian dari perkembangan teknologi yaitu website. Kehadiran website profile suatu organisasi, company atau lembaga di era digital sekarang ini menjadi kebutuhan yang wajib untuk dimiliki. SMP Negeri 1 Kalibening merupakan salah satu sekolah terbesar di lingkungan kecamatan Kalibening. SMP Negeri 1 Kalibening belum memiliki web profile, dimana dengan web profile dapat memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai profile sekolah kepada pihak lain yang membutuhkan, baik itu peserta didik, calon peserta didik, orang tua peserta didik, maupun sekolah tetangga. Adanya permasalahan tersebut maka pelatihan dan pendampingan pengelolaan web profile sekolah menjadi masalah yang penting dan perlu di ditindaklajuti untuk memudahkan pihak SMP untuk mengisi dan mengelola konten di dalam web. Sehingga informasi yang ada di web selalu terbaru dan kebenarannya bisa dipercaya. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, SMP Negeri 1 Kalibening sudah bisa memiliki web profile seperti sekolah-sekolah lain dan dan mengelola konten-konten yang akan dimuat di dalam website dengan baik dan benar. Selain itu, dapat memajukan sekolah karena dengan adanya web profile sekolah, masyarakat sekitar dapat memperoleh informasi mengenai sekolah secara cepat dan mudah.

Keywords

web profil; web konten; smp

References

N. Nurmi, “Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata,” Edik Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2017.

M. H. Barri, A. Rizal, W. A. Cahyadi, I. Hidayat, B. A. Pramudita, and N. Prihatiningrum, “Pelatihan E-Commerce Bagi Warung Sedekah (Warkah) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Rumah Tangga,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, p. 83, 2021.

D. Pranata, H. Hamdani, and D. M. Khairina, “Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 25, 2015.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018.

H. Heldiansyah and R. Indera, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Alfin Fanca Prima,” Positif, vol. 1, no. 1, 2015.

R. Hidayat, Cara praktis membangun website gratis. Yogyakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

R. Retnowati, E. N. Wahyudi, S. N. Anwar, and H. Listiyono, “Optimalisasi Media Sosial Facebook Untuk Mendukung Perluasan Jaringan Pemasaran Bagi Kelompok Wanita Kreatif (Kwk) Seroja,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, p. 1, 2021.

D. W. Santoso, “Pengenalan Penggunaan Software Perancangan,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 55–59, 2019.

Husni, Pemrograman database berbasis web, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

A. Kadir, Pemrograman Web mencakup = HTML, CSS Javascript & PHP Abdul Kadir. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Article Metrics

Abstract view: 17 times
Download     : 2   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.