Pelatihan TOEFL secara virtual bagi anggota Nasyiatul ‘Aisyiah Cabang Mantrijeron Yogyakarta

Luluk Iswati

Submitted : 2021-05-12, Published : 2021-07-01.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan TOEFL secara virtual ini diberikan kepada para anggota Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) Cabang Mantrijeron Yogyakarta. Hal ini dikarenakan kemampuan para anggota NA Mantrijeron dalam menghadapi tes TOEFL masih perlu ditingkatkan, terutama sebagai syarat untuk menyelesaikan studi, melamar pekerjaan, promosi jabatan, maupun melanjutkan pendidikan. Pelatihan TOEFL ini diadakan secara virtual melalui Google Meet dengan frekuensi 3 kali seminggu dan total 8 sesi/@60 menit. Beberapa temuan penting dari hasil evaluasi adalah: (1) Peserta menemui kendala untuk mengikuti pelatihan secara penuh karena jadwal bersamaan dengan kegiatan lain; (2) Durasi pelatihan dirasa cukup; (3) Jumlah sesi pelatihan dirasa kurang; (4) Peserta mendapatkan cukup banyak pengetahuan; (5) Penjelasan instruktur dapat diterima dengan baik; (6) Peserta mampu menyerap materi dengan baik; dan (7) Kepercayaan diri peserta terhadap TOEFL meningkat. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan TOEFL bagi anggota NA Mantrijeron Yogyakarta bermanfaat untuk menyiapkan anggota nya dalam menghadapi tes TOEFL untuk tujuan mereka masing-masing.

Keywords

pelatihan TOEFL; Virtual; Nasyiatul ‘Aisyiyah Mantrijeron

References

T. Pujiani, K. Nisa, and M. Soali, “Pelatihan TOEFL online melalui media Youtube untuk santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto,” Al-Mu’awanah J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 16–22, 2020.

L. Syafii and A. Sugianto, “Pelatihan bahasa Inggris berekuivalensi TOEFL bagi dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo,” Adimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, p. 25, 2017, doi: 10.24269/adi.v1i1.414.

T. N. Fitria and I. E. Prastiwi, “Pelatihan tes Toefl (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum,” J. Budimas, vol. 02, no. 02, pp. 43–49, 2020.

G. E. Putrawan and R. Deviyanti, “Pelatihan bahasa Inggris TOEFL-like test bagi siswa SMAN 4 Bandar Lampung,” Sakai Sabayan J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 122–128, 2018.

D. Kartikawati, A. Fitrianingtyas, and W. I. Frisdinana, “Peningkatan kemampuan TOEFL bagi guru-guru SMA di Kabupaten Tulungagung,” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 10–13, 2018.

M. Saftari and Sinta, “Listening TOEFL training dan listening TOEFL test bidang bahasa Inggris di SMK Sore Pangkalpinang,” J. Abdimastek, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, 2020.

G. Hasriani, R. Risan, and M. Nasta, “Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA,” in Prosiding Seminar Nasional LPPM Universitas Negeri Makassar, 2019, pp. 238–240.

M. A. Musi and Parwoto, “Pelatihan pengembangan program kemitraan PAUD di tengah pandemi Covid – 19,” PENGABDI J. Has. Pengabdi. Masy. Vol.1, No.2 Pelatih., vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2020.

S. Dhawan, “Online learning: a panacea in the time of COVID-19 crisis,” J. Educ. Technol. Syst., vol. 0, no. 0, pp. 1–18, 2020, doi: 10.1177/0047239520934018.

B. L. Moorhouse, “Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic,” J. Educ. Teach., vol. 00, no. 00, pp. 1–3, 2020, doi: 10.1080/02607476.2020.1755205.

A. B. Smoyer, K. O’Brien, and E. Rodriguez-Keyes, “Lessons learned from COVID-19: Being known in online social work classrooms,” Int. Soc. Work, vol. 0, no. 0, pp. 1–4, 2020, doi: 10.1177/0020872820940021.

R. Wong, “When no one can go to school: Does online learning meet students’ basic learning needs?,” Interact. Learn. Environ., vol. 0, no. 0, pp. 1–17, 2020, doi: 10.1080/10494820.2020.1789672.

D. Phillips, Longman complete course for the TOEFL test: Preparation for the computer and paper tests. New York: Longman Pearson Education, 2001.

A. Sudirman, “Peningkatan kompetensi bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unma Banten melalui pelatihan ‘ TOEFL Strategies and Predictions ,’” J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 271–278, 2020.

A. E. P. Atmojo and A. Nugroho, “EFL classes must go online! Teaching activities and challenges during COVID-19 pandemic in Indonesia,” Regist. J., vol. 13, no. 1, pp. 49–76, 2020, doi: 10.18326/rgt.v13i1.49-76.

E. T. Baloran, “Knowledge, attitudes, anxiety, and coping strategies of students during COVID-19 pandemic,” J. Loss Trauma, vol. 0, no. 0, pp. 1–8, 2020, doi: 10.1080/15325024.2020.1769300.

Article Metrics

Abstract view: 251 times
Download     : 178   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.