Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih

Achmad Solichin, Dwi Kristanto, Gandung Triyono

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global mengakibatkan pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan belajar di rumah bagi seluruh institusi pendidikan di semua jenjang. Kebijakan belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran daring, termasuk PKBM Bhakti Asih. Selain itu, kesiapan guru dan siswa juga menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) bertujuan untuk membantu PKBM Bhakti Asih dalam mengatasi permasalahan tersebut. Langkah pelaksanaan abdimas meliputi identifikasi masalah menggunakan metode observasi dan wawancara; analisis solusi dengan melakukan studi literatur; perencanaan kegiatan; pelaksanaan kegiatan; dan evaluasi kegiatan. Kegiatan abdimas ini berupa pelatihan bagi guru dan siswa untuk menggunakan Google Classroom dalam rangka mendukung proses belajar-mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19. Outcome dari kegiatan abdimas ini berupa peningkatan kompetensi guru dan siswa dalam penggunaan Google Classroom, serta kesiapan PKBM Bhakti Asih dalam melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu, berdasarkan penilaian peserta kegiatan, pelaksanaan kegiatan ini dinilai sangat baik dan peserta merasa puas dengan narasumber pelatihan.

Keywords

pandemi; pelatihan; pembelajaran daring; siswa dan guru; google classroom

References

Center for Systems Science and Engineering, “COVID-19 Dashboard,” https://gisanddata.maps.arcgis.com/, 2021. [Online]. Available: https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6.

Google Classroom, “Tentang Classroom,” support.google.com, 2020. [Online]. Available: https://support.google.com/edu/classroom/answer/6020279?hl=id&authuser=3&ref_topic=7175444.

S. Iftakhar, “Google classroom: What works and how?,” J. Educ. Soc. Sci., vol. 3, no. Feb, pp. 12–18, 2016.

R. A. S. Al-Maroof and M. Al-Emran, “Students acceptance of google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 13, no. 6, pp. 112–123, 2018.

V. D. Wicaksono and P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” in Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 2016, pp. 513–521.

F. I. Gunawan and S. G. Sunarman, “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran,” in Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2017, pp. 340–348.

Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. 1, pp. 17–20, 2018.

D. I. Savitri, “Penggunaan Pembelajaran 4.0 Berbantuan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Dalam Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar,” J. Borneo Sintek, vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2019.

N. Maharani and K. S. Kartini, “Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 167–173, 2019.

S. A. Hapsari and H. Pamungkas, “Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro,” WACANA, vol. 18, no. 2, pp. 225–233, 2019.

N. Nurani, D. Uswatun, and L. Maula, “ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19,” J. PGSD, vol. 6, no. 1 SE-Articles, Jul. 2020.

P. Umairah and Zulfah, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN ‘ GOOGLE CLASSROOM ’ DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMAN 1 BANGKINANG KOTA,” J. Educ., vol. 02, no. 03, pp. 275–285, 2020.

A. Rusdiana, M. Sulhan, I. Z. Arifin, and U. A. Kamludin, “Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19,” in Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa WFH Covid-19 UIN SGD Bandung, 2020, pp. 1–10.

M. Jannah and Nurdiyanti, “Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia,” JRIP J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 75–84, 2021.

A. E. Longa, “Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Ips 3 SMA Negeri 1 Maumere,” JOTE J. Teach. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 49–57, 2021.

Article Metrics

Abstract view: 522 times
Download     : 150   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.