Edukasi perencanaan menu dan ketepatan pemorsian berdasarkan prinsip gizi seimbang di panti sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4 Cengkareng

Putri Ronitawati, Prita Dhyani Swamilaksita, Rachmanida Nuzrina, Putri Nurhasanah

Abstract

Asupan zat gizi pada lansia berbeda dengan kebutuhan ketika usia muda. Asupan zat gizi yang cukup serta seimbang pada lansia berguna untuk kelangsungan hidupnya di hari tua. Faktor yang belum diperhatikan yaitu, ketersediaan bahan makanan dipasar dan food habit serta preference yang masih kurang baik. Selain itu kurang memperhatikan ketersediaan bahan di pasar, evaluasi menu dan kebutuhan gizi lansia yang diperhitungkan. Namun di dalam pelaksanaannya, standar menu yang ada tidak selalu diterapkan terutama bila masih ada sisa bahan makanan kemarin dihidangkan lagi untuk hari selanjutnya, tetapi pada saat turun lapang seperti buah yang masih tersisa disediakan kembali dihari berikutnya walaupun hari itu buahnya bukan buah tersebut. Kegiatan pengabdian ini untuk memberikan edukasi mengenai pengetahuan perencanaan menu dan porsi yang sesuai bagi kebutuhan lansia kemudian dilanjutkan dengan pembinaan terkait perencanaan menu dan ketepatan pemorsian meliputi makanan khusus bagi lansia dengan penyakit tertentu, pengetahuan mengenai menu, ketepatan pemorsian pada menu yang disajikan pada pihak panti dan penjamah makanan dan membuat perencanaan menu yang baik untuk lansia sesuai standar di Panti Werdha Budi Mulia 4 Cengkareng. Melalui kegiatan pengabdian ini juga agar makanan yang disediakan untuk lansia bisa lebih bervariasi sehingga meningkatkan selera makan lansia.

Keywords

Gizi Seimbang; Lansia; Panti Sosial

References

I. S. Wahyuni, “Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Lansia Panti Werda Pucang Gading Semarang,” 2011.

A. P. Ariani, Ilmu Gizi. Yogyakarta: Nuha Medika, 2017.

M. Almatsier, S, Soetarjo, S, Seokarti, Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

M. B. Arisman, Buku Ajar Ilmu Gizi dalam Daur Kehidupan Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2009.

Nugroho, Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2008.

A. Istiany and Rusilanti, “Gizi Lansia,” in Gizi Terapan, E. Kuswandi, Ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2013, p. 214.

D. Sutanti, “Penyelenggaraan Makan untuk Taruna di Akademi Militer,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

L. K. Tanuwijaya, T. D. Novitasari, E. P. Arfiani, Y. Wani, and D. E. Wulandari, “Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit,” J. Gizi, vol. 8, no. 1, pp. 50–58, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/326122173_Sisa_Makanan_Pasien_Rawat_Inap_Analisis_Kualitatif/download.

I. Tamba and A. C. H. Gultom, “Tingkat Selera Makan Lansia Di Panti Werdah Yayasan Guna Budi Bakti Medan Labuhan,” J. Saintika, vol. 14, no. 2, pp. 161–172, 2014.

D. N. Cendanawangi, T. Tjaronosari, and I. R. Palupi, “Ketepatan porsi berhubungan dengan asupan makan pada lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur, Bantul, Yogyakarta,” J. Gizi dan Diet. Indones. (Indonesian J. Nutr. Diet., vol. 4, no. 1, p. 8, 2016, doi: 10.21927/ijnd.2016.4(1).8-18.

Article Metrics

Abstract view: 157 times
Download     : 62   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.