Pelatihan penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah bagi penyuluh agama islam di masa pandemi

Adityo Permana Wibowo, Donny Avianto, Arief Hermawan

Abstract

Masa pandemi Covid-19 menghentikan semua aktivitas yang mengundang keramaian, salah satunya adalah kegiatan kajian agama islam baik itu dalam bentuk pertemuan klasikal sampai dengan tabligh akbar. Sementara penyuluh Agama Islam dituntut untuk tetap produktif dalam memberikan penyuluhannya kepada masyarakat. Kementerian Agama Kab. Sleman membuat kebijakan bahwa seluruh penyuluh agama di bawah Kementerian Kab. Sleman harus tetap produktif dalam memberikan penyuluhan Agama Islam kepada Masyarakat. Salah satu cara penyuluhan yang digunakan adalah memanfaatkan media sosial, yaitu Youtube.  Permasalahannya adalah tidak semua penyuluh agama di Kab. Sleman familiar dengan Youtube, sehingga diperlukan adanya pelatihan dalam penggunaan media sosial Youtube sebagai sarana dakwah. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dalam menggunakan Youtube bagi penyuluh agama dalam mulai dari create account, upload video, pengaturan dan pemberian deskripsi video, sampai dengan pendaftaran monetisasi Youtube. Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan bisa membantu para penyuluh agama tetap produktif dalam menyampaikan dakwahnya dan video dakwah yang disebarkan bisa eligible untuk didaftarkan monetisasi

Keywords

Pelatihan; Media Sosial; Penyuluh Agama; Pandemi Covid-19

References

N. Fitriyana, “God Spot dan Tatanan New Normal di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilmu Agama, vol. 21, no. 1, pp. 43–54, 2020, doi: https://doi.org/10.19109/jia.v21i1.6147.

M. R. Rinaldi and R. Yuniasanti, “Kecemasan Pada Masyarakat Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia,” MBridge Press, vol. 1, no. 1, Yogyakarta, pp. 137–150, 2020.

N. R. Yunus and A. Rezki, “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, pp. 227–238, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i3.15083.

I. A. M. Darmayanti, “Pemanfaatan Media Youtube Berita Pendidikan dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak,” in Prosiding Seminar Nasional V Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2018, pp. 2–3.

R. P. Tutiasri, N. K. Laminto, and K. Nazri, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19,” Juurnal Komun. Masy. dan Keamanan, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2020.

M. Y. Kamhar and E. Lestari, “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi,” Intel. J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2019.

B. Pratiwi and K. P. Hapsari, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 282, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.24238.

A. F. Ramadhan and D. A. Zuliestiana, “Analisis Pemanfaatan Youtube Sebagai Social Media Marketing Go-Jek Dalam Mempengaruhi Minat Beli Dan Loyalitas Terhadap Brand,” J. Mitra Manaj., vol. 3, no. 5, pp. 273–285, 2019, [Online]. Available: http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69.

S. Kemp, “Digital 2019: Indonesia,” dateportal.com, 2019. https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia (accessed Nov. 23, 2020).

S. Kemp, “Digital 2020: Indonesia,” dateportal.com, 2020. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia (accessed Nov. 18, 2020).

R. Rianto and A. K. Wardana, “Pelatihan Microsoft Office Sebagai Upaya Pengembangan dan Peningkatan Kemampuan Penggunaan Aplikasi Pengolah Kata Dan Angka Bagi Guru PAUD Al Muthi’in Yogyakarta,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 99–104, 2019, doi: 10.28989/kacanegara.v2i2.446.

MLR, “Mengupas Tuntas Algoritma Youtube 2020,” crafters, 2020. https://crafters.getcraft.com/id-articles/algoritma-youtube-2020.

L. Setiawan, “Cara Menggunakan Fitur Kartu dan Layar Akhir di YouTube,” inwepo.co, 2020. https://inwepo.co/cara-menggunakan-fitur-kartu-dan-layar-akhir-di-youtube/.

Article Metrics

Abstract view: 164 times
Download     : 74   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.