Penerapan dan pendampingan pengelolaan website sekolah di SMP Negeri 4 Jombang

Kartikadyota Kusumaningtyas, Eko Dwi Nugroho, Adri Priadana

Abstract

Internet telah menjadi salah satu media untuk tujuan pemasaran. Salah satu upaya dalam pemanfaatan media internet adalah untuk proses identitas merek atau sering disebut branding digital. Branding digital juga menjadi salah satu cara untuk menjaga eksistensi suatu lembaga pendidikan. SMP Negeri 4 Jombang merupakan salah satu sekolah tingkat menengah pertama yang terletak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Permasalahan utama yang dihadapi oleh SMP Negeri 4 Jombang adalah terkait promosi melalui media digital yang belum maksimal dan banyaknya informasi yang ingin disampaikan, baik kepada siswa, orang tua, alumni, maupun kepada masyarakat masih belum dapat disampaikan secara maksimal. Mengarah pada permasalahan-permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya sebuah website sekolah. Selain itu, diperlukan juga pendampingan pengelolaan website sekolah agar pihak sekolah dapat mengelola website-nya dengan optimal, baik dalam mengisikan konten profil sekolah, maupun dalam mengisikan konten kegiatan atau berita terkait SMP Negeri 4 Jombang. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu identifikasi masalah, instalasi web sekolah, serta pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta dapat melakukan pengelolaan website sekolah dengan baik. Selain itu, dengan adanya website sekolah, maka dapat membantu promosi SMP Negeri 4 Jombang dan juga sebagai sarana penyampaian informasi ke siswa, orang tua, alumni, maupun kepada masyarakat luas.

Keywords

branding digital; website sekolah; pengelolaan web

References

R. Afriansyah and M. S. Pratama, “Implementasi Sistem Ujian Berbasis Komputer Di SMP Negeri 1 Sungailiat,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 129–136, Jul. 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.681.

H. Bahar, D. Setiyaningsih, L. Nurmalia, and L. Astriani, “Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 155–162, Jul. 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.677.

U. Yunus, P. Heriyati, A. Lindawati, and M. N. Willyarto, Branding Perguruan Tinggi Di Era Digital. Penerbit Qiara Media, 2019.

A. H. Agus R and B. Ummah, “Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid di Era Revolusi Industri 4.0,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 1, p. 59, Feb. 2019, doi: 10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352.

Permana, R., Tyaswara, B., and Suhadi, M.,"Pemanfaatan Media Sosial Pada MA Nurul Iman Bandung", 2020.

M. Mushlihudin, T. Setiadi, and W. Pujiyono, “Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah Muhammadiyah Di Kota Yogyakarta,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, p. 413, Jan. 2019, doi: 10.12928/jp.v2i3.417.

Y. I. Kurniawan, “Pembangunan Website Informasi Sekolah Di Sma Negeri Kerjo, Karanganyar,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, p. 116, Apr. 2018, doi: 10.30734/j-abdipamas.v2i1.169.

A. Priadana, S. Tinggi, M. Informatika, K. Jenderal, and A. Yani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Deleted Domain Dengan Metode AHP Dan SAW,” 2018.

R. Ritonga, M. H. Dar, and I. Purnama, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko R2 Collection Di Rantauprapat Berbasis WEB,” J. Inform., vol. 7, no. 3, pp. 120–125, Sep. 2019, doi: 10.36987/informatika.v7i3.1382.

S. Arifin and Y. Krisnadita, “Aplikasi Plugin Transfer Domain Di PT Beon Intermedia,” Teknol. Inf. Teor. Konsep, dan Implementasi J. Ilm., pp. 1–84, Mar. 2017.

Rachmat, Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Article Metrics

Abstract view: 122 times
Download     : 31   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.