Pemberdayaan guru paud RA Al-Ghifari Sukabirus Dayeuhkolot dalam penyusunan bahan ajar berbasis online

Vera Suryani, Bayu Erfianto, Andrian Rakhmatsyah

Abstract

Kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin meningkat mengharuskan proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. PAUD dan TK Al-Ghifari Sukabirus merupakan salah satu sekolah yang terkena dampaknya. Saat ini, proses kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional, yaitu hanya pemberian tugas offline kerumah siswa. Pembelajaran tidak efektif untuk siswa dikarenakan tidak ada kegiatan mengajar secara tatap muka oleh guru kepada siswanya. Beberapa guru juga belum terlalu familiar dengan penggunaan media pembelajaran daring, seperti Google Meet maupun Google Classroom . Dengan demikian diperlukan suatu cara transfer knowledge penggunaan media daring yang dapat mendukung proses belajar mengajar di PAUD dan TK Al Ghifari. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah mendukung pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan) dengan melakukan penyuluhan kepada guru PAUD dan TK Al-Ghifari Sukabirus mengenai cara pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Meet, Google Classroom, dan penyusunan bahan ajar berbasis online.

Keywords

Google Meet; Google Classroom; PAUD TK Al Ghiffari

References

M. Agustin, R. D. Puspita, D. Nurinten, and H. Nafiqoh, “Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 334, 2020.

A. Hapsari, R. Novitasari, and H. Wahyuningsih, “Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 135–140, 2018.

M. Qadafi, “Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 422, 2020.

V. D. Wicaksono and P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Pendidik. PGSD UMS HDPGSDI Wil. Timur, pp. 513–521, 2016.

N. K. S. Astini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Lemb. Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.

Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. 1, pp. 17–20, 2018.

M. S. Hanip Pujiati, Azizah Muis, Tita, Diana, “Membangun Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Paud Melalui Aplikasi Google Classroom Di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor,” in Seminar Nasional Pendidikan, 2018, pp. 124–127.

L. A. Ellyandhani, "Pengaruh Model Blended Learning Berbantu Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Xi Mata Pelajaran Biologi Di SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung", 2019.

I. N. M. Shaharanee, J. M. Jamil, and S. S. M. Rodzi, “Google classroom as a tool for active learning,” in AIP Conference Proceedings, 2016, vol. 1761.

S. Iftakhar, “GOOGLE CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW?,” J. Educ. Soc. Sci., vol. 3, pp. 1–17, 2020.

Article Metrics

Abstract view: 89 times
Download     : 49   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.