Pengembangan Kewirausahaan Bagi UP2K-PKK Kelurahan Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta Untuk Mendukung Pemasaran Produk Menggunakan Instagram

Salam Aryanto, Sudaryanto Sudaryanto, Haruno Sajati, Anggraini Kusumaningrum, Dwi Nugraheny, Hero Wintolo

Submitted : 2019-05-24, Published : 2019-06-10.

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini difokuskan pada ibu-ibu guna Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga PKK (UP2K PKK) yang merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan dengan sasarannya kaum perempuan di Kelurahan Prawirodirjan Kecamatan Gondomanan Kotamadya Yogyakarta Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi oleh ibu-ibu Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga PKK (UP2K PKK) diantaranya adalah melakukan inovasi baik produk, kemasan dan jaringan pemasaran. Dari hasil pelatihan dan pendampingan, 75% atau 21 peserta pengabdian masyarakat memiliki kemampuan yang baik dalam teknik pemasaran produknya, dan dari 21 peserta tersebut sebanyak 14% sangat aktif dalam melakukan pemsaran melalui instagram.

Keywords

UP2K PKK; Instagram; Pemasaran Produk

References

Jawab, P., & Penyusun, T. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2018.

Ayuningtyas, A., Honggowibowo, A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi'in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 1-6.

Nugraheny, D., Wintolo, H., & Kusumaningrum, A. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash Bagi Para Guru SD IT Salsabila Al Muthi’in, Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 23-28.

Ayuningtyas, A., Retnowati, N. D., Pujiastuti, A., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2019). Pelatihan Mendesain Artikel Artistik Menggunakan Microsoft Word Bagi Kelas 5 SD di SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 13-20.

Nugraheny, D., Wintolo, H., Kusumaningrum, A., Sudaryanto, S., & Sajati, H. (2019). Pendampingan Pengenalan Metode Pengetikan Cepat Menggunakan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas 5 SD IT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 21-28.

Indarto, A. S. (2018). Penguatan Usaha Melalui Perluasan Jaringan Pemaaran dan Inovasi Produk Kue Kering dan Snak pada Kelompok UP2K Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Jurnal DIANMAS, 7(3).

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Lestari, D. P. (2015). Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412-424.

Arief, G. M., & Millanyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. eProceedings of Management, 2(3).

Andini, N. P. (2014). Pengaruh viral marketing terhadap kepercayaan pelanggan dan keputusan pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1).

Zulfikar, A. R., & Mikhriani, M. (2017). Pengaruh social media marketing terhadap brand trust pada followers instagram dompet dhuafa cabang yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279-294.

Gumilar, G. (2016). Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di kota Bandung. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 5(2).

Article Metrics

Abstract view: 1463 times
Download     : 843   times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.