Pelatihan pembuatan mikromodul berbasis discovery learning bagi MGMP IPA kota Maros

Nur Indah Sari, Nurhayani H. Muhiddin, Rifda Nurhimawati Arif

Submitted : 2025-07-04, Published : 2026-02-01.

Abstract

Pelatihan pembuatan mikromodul berbasis Discovery Learning bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan materi ajar yang inovatif dan menarik. Pelatihan ini menerapkan model Discovery Learning yang mendorong peserta didik untuk belajar melalui penemuan dan pemecahan masalah, serta memanfaatkan teknologi mikromodul untuk menyajikan materi secara ringkas dan mudah diakses. Peserta pada kegaitan ini berjumlah 30 orang guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA Kabuupaten Maros. Metode pelatihan meliputi penyampaian materi dan tanya jawab, pendampingan praktek langsung pembuatan mikromodul menggunakan platform canva, dan evaluasi. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan persentase kenaikan skor rata-rata dari 40,34 pada pretest menjadi 62 pada posttest adalah sekitar 53,69%. Hasil ini memerikan dampak yang signifikan terhadap pengetahuan, keterampilan guru dalam membuat mikromodul berbasis discovery learning yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dan peningkatan kualitas pembelajaran IPA di Kota Maros.

Keywords

Pelatihan; Mikromodul; Discovery learning; MGMP IPA; Canva

References

Audinda Azizah, Dwi Indah Suryani, and Annisa Novianti Taufik, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Mipa, vol. 14, no. 2, pp. 521–531, 2024, doi: 10.37630/jpm.v14i2.1604

N. W. S. Darmayanti and A. K. Pratama, “Evaluasi Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPA Berbantuan Canva,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI, vol. 7, no. 2, pp. 119–128, 2024.

Muhamad Arif Mahdiannur, Erman, Martini, Tutut Nurita, Laily Rosdiana, and Ahmad Qosyim, “Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Guru Mata Pelajaran Ipa Smp-Sederajat Berorientasi Esd,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. Vol. 3 No., no. 4, pp. 801–808, 2022.

F. Ahmadi, “Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi),” in (Pendekatan, Media, Inovasi), (Semarang: Pilar Nusantara), Pilar, 2017, pp. 8–9.

F. R. S. Zebua, “Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital,” Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2023, doi: 10.25008/jitp.v3i1.55

N. I. Sari, N. H. Muhiddin, R. N. Arif, and A. Syakur, “Pelatihan Pembuatan Poster Edukatif Menggunakan Canva bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Maros,” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3, pp. 285–291, 2025, doi: 10.59395/altifani.v5i3.709

M. V. Silalahi et al., “Pelatihan Penggunaan Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Yang Interaktif Bagi Guru Sma Swasta Hkbp Di Hutabayuraja,” Abdimas Mandiri – Jurnal Pengabdian pada Masyarakat , vol. 2, no. 1, pp. 18–25, 2022.

M. F. Bou, T. A. Prayitno, and N. Hidayati, “Pengembangan Microlearning Video dengan Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Sistem Pernapasan,” 2023. doi: 10.33503/prosiding.v4i01.3640

A. Suryanda, E. P. Azrai, and D. S. Rini, “Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 836–842, 2021

H. B. Uno and N. Mohamad, Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara, 2022.

D. Purwana, M. S. Effendi, M. A. Adha, F. A. Andini, M. R. N. Ma’ruf, and H. Azzahro, “Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Microlearning Guna Memfasilitasi Kemerdekaan Belajar Siswa,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 6, no. 1, pp. 2560–2568, 2024.

I Wayan Gunada, Sutrio, Wahyudi, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Ahmad Busyairi, and Ananda Fatara Suwandi, “Pendampingan Kerja Praktik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses IPA Bagi Guru Guru SD Di Kota Mataram,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 4, pp. 339–346, 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i4.1137

G. SİRWAN MOHAMMED, K. WAKİL, and S. SİRWAN NAWROLY, “The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability,” International Journal of Educational Research Review, vol. 3, no. 3, pp. 32–38, 2018, doi: 10.24331/ijere.415824

K. Perayani and I.W. Rasna, “Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL),” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 108–117, 2022, doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741

R. K. Alga, A. A. A. Hsb, S. Azhara, E. H. Hakim, N. Afia, and E. Yusnaldi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital: Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar Melalui Presentasi Interaktif dan Video Animasi,” Continuous Education: Journal of Science and Research, vol. 5, no. 3, pp. 200–212, Dec. 2024, doi: 10.51178/ce.v5i3.2197

M. T. Bakar, K. La Nani, Y. Harisman, and A. Amam, “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Himpunan Melalui Model Discovery Learning,” Teorema: Teori dan Riset Matematika, vol. 5, no. 2, p. 272, 2020, doi: 10.25157/teorema.v5i2.3819

Y. Rasyid, H. Syarif, and Agustina, “The Effect of the Discovery Learning Method On Students’ Learning Results Understanding Speaking Materials,” in Proceedings of the 4th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-4 2021), Atlantis Press, 2021, pp. 335–339. doi: 10.2991/assehr.k.211201.050

A. Shimada, H. Ogata, and J. Wang, “A meaningful discovery learning environment for e-book learners,” in IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, IEEE, 2017, pp. 1158–1165. doi: 10.1109/EDUCON.2017.7942995

S. M. Rohmah*, J. Jumadi, S. Nurohman, and M. T. Borhan, “Substance Pressure Material Module-el Discovery Learning to Improve the Critical Thinking Ability of Middle School Students,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 12, no. 1, pp. 17–30, 2024, doi: 10.24815/jpsi.v12i1.32324

N. Asikin, N. Nevrita, and O. Alpindo, “Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang,” Jurnal Anugerah, vol. 1, no. 2, pp. 71–76, 2019, doi: 10.31629/anugerah.v1i2.1606

F. Arsih, H. Alberida, Y. L. Rahmic, S. Fajrina, and M. Fadilah, “The Effect of the Digital Book-Assisted Randai Learning Model on Students’ Problem-Solving Skills and Information Literacy,” 2024. doi: 10.55908/sdgs.v12i1.2753

S. Saenab, I. Rahmat, and A. A. Hatta, “Pkm peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembuatan LKPD Berbasis Model Pembelajaran DSI (Differentiated Science Inquiry),” Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 7, no. 2, pp. 64–70, 2024, doi: 10.17977/um050v7i22024p64-70

[

H. R. Widarti, M. Munzil, S. Rahayu, and ..., “Analisis Kesulitan Pendidik Kelompok Mgmp Kimia Sidoarjo Dalam Pembuatan Modul Ajar Berdiferensiasi Di Era Kurikulum Merdeka,” in Prosiding Seminar …, 2023.

W. Wijayanti et al., “Pelatihan Peningkatan Kapabilitas Lembaga dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka,” Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 3, pp. 9–20, 2024, doi: 10.52622/mejuajuajabdimas.v3i3.108

R. Ramlawati, A. Auliah, S. Saenab, N. I. Sari, and S. Fatkhulloh, “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi Bagi MGMP IPA Kota Makassar,” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 213–220, 2025, doi: 10.54259/pakmas.v5i1.3921

E. Nadeak, F. Elfaladonna, and M. Malahayati, “Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang),” Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 2, no. 3, pp. 201–206, 2023, doi: 10.59025/js.v2i3.103

V. D. Wicaksono, H. P. Paksi, D. Wijoyanto, A. M. I. Puspita, and H. K. Wardani, “Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Pembelajaran Untuk Penguatan Kegotongroyongan Kolaboratif: Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Pembelajarab Untuk Penguatan Kegotongroyokan Kolaboratif,” Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 94–99, 2024, doi: 10.26740/jpm.v4n2.p94-99

M. Daniel et al., “Creating effective and engaging presentations,” Clinical Teacher, vol. 15, no. 3, pp. 191–196, 2018, doi: 10.1111/tct.12712

S. R. Yunus, R. Ramlawati, A. A. Arsyad, and S. Saenab, “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri,” SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, p. 7, May 2022, doi: 10.35580/smart.v2i1.32928

K. Rahmah, “Pengembangan Kit Media Pembelajaran Ipa Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi Sd,” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, vol. 5, no. 1, pp. 892–899, 2019, doi: 10.26740/jrpd.v5n1.p892-899

E. Purwaningsih et al., “Improving students’ critical thinking skills in senior high school through STEM-integrated modeling instruction,” AIP Conf Proc, vol. 2215, no. 1), 2020, doi: 10.1063/5.0000776

I. V. Rossi, J. D. de Lima, B. Sabatke, M. A. F. Nunes, G. E. Ramirez, and M. I. Ramirez, “Active learning tools improve the learning outcomes, scientific attitude, and critical thinking in higher education: Experiences in an online course during the COVID-19 pandemic,” Biochemistry and Molecular Biology Education, vol. 49, no. 6, pp. 888–903, 2021, doi: 10.1002/bmb.21574

E. Susantini, I. Kurniasari, A. N. M. Fauziah, T. Prastowo, A. Kholiq, and L. Rosdiana, “Engaging pre-service teachers to teach science contextually with scientific approach instructional video,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 296, no. 1, p. 12053, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/296/1/012005

J. Jamaludin, “Microlearning Untuk Pembelajaran,” Microlearning Untuk Pembelajaran, vol. 1, no. 2, p. 29, 2023.

Article Metrics

Abstract view: 7 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.