Pemanfaatan teknologi AI untuk peningkatan kreativitas dan inovasi dalam pembuatan konten digital wisata Waduk Poncodan

Sintha Istikomah, Maulana Muhammad Jogo Samodro, Pipit Larasati

Submitted : 2025-03-12, Published : 2025-11-01.

Abstract

Menghadapi pesatnya perkembangan era digital, sektor industri wisata perlu mengatasi berbagai tantangan untuk tetap kompetitif dalam melakukan promosi digital. Oleh karena itu, program ini difokuskan pada pemberian sosialisai dan pelatihan pemanfaatan teknologi AI yaitu ChatGPT untuk menggali ide inovasi dan aplikasi Canva sebagai alat desain konten digital. Kegiatan ini dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu, tahap observasi dan perizinan, tahap persiapan pembagian tugas oleh tim, tahap pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan, serta evaluasi kepuasan peserta. Peserta mudah dalam memahami dan mempraktikan pelatihan secara langsung dengan tingkat kepuasan sebesar 80% dan kemanfaatan sebesar 94% yang tercermin dari tingginya antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan untuk menerapkan konten digital.  Selain memberikan keterampilan teknis, program ini juga memotivasi para pengelola wisata untuk mengoptimalkan pemasaran digital guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pemasaran melalui konten digital pada obyek wisata waduk Poncodan.

Keywords

Artificial Intelligence (AI); Konten Digital; Kreatifitas; Inovasi; Wisata Waduk

References

O. Ananto, "Persepsi Pengunjung Pada Objek Wisata Danau Buatan Kota Pekanbaru," J. Organ. dan Manaj. Fisip, vol. 5, no. 1, 2018.

R. Rosidah, Latifaturrahmah, N. Wahyuni, and Yayat, "Strategi Pengembangan Objek Wisata dan Pengelolaan Wisata Berkelanjutan Terhadap Perekonomian Masyarakat Garut," Indones. J. Tour. Bus. Entrep., pp. 15-24, 2024, doi: https://10.31002/ijtbe.v1i1.1463

N. Vendyansyah, D. Rudhistiar, and P. I. Gultom, "Pembuatan Website Company Profile dan Pelatihan di Bengkel RPM Motor Desa Ngijo Kabupaten Malang Sebagai Media Publikasi," J. Apl. Sains Teknol. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 7-13, 2020.

D. Rahayu, Mukrodin, and R. C. S. Hariyono, "Penerapan Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata Dengan Permodelan Simple Reflex-Agent (Studi Kasus: Desa Karangbenda)," Smart Comp, pp. 7-22, 2020, doi: https://10.30591/smartcomp.v9i1.1813

W. Suharmawan, "Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan," Educ. J. J. Educ. Res. Dev., vol. 7, no. 2, pp. 158-166, 2023, doi: https://10.31537/ej.v7i2.1248

H. Apriyanti, " Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini," Education Journal : Journal Education Research and Development, pp. 13-20.
https://10.31537/ej.v3i1.137

J. H. Prasetyo, F. Sarasati, L. Mazia, and W. Astuti, "Pemanfaatan ChatGPT untuk Pengotimalan Copywriting pada Madaris Jakarta Islamic Center," J. Abdimas Perbanas, vol. 5, no. 1, pp. 21-27, 2024, doi: https://10.56174/jap.v5i1.565

Aditya Nirwana, Sudarmiatin, and Melany, "Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration," J. Manaj. Bisnis, Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 1, pp. 85-112, 2023, doi: https://10.55927/jambak.v2i1.4034

L. Hijrah, M. F. Arransyah, K. Putri, N. Arija, and R. K. Putri, "Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda," Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 1, p. 98, 2021, doi: https://10.30872/plakat.v3i1.5849

A. Justitia, I. Werdiningsih, F. Effendy, and T. Taufik, "Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital," J. Nas. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 60-72, 2021, doi: https://10.47747/jnpm.v2i2.388

Idawati et al., "Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD," vol. 4, pp. 745-752, 2022.

L. Rahmawati, N. Ambulani, W. D. Febrian, R. Widyatiningtyas, and R. S. Rita, "Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media," vol. 5, no. 1, pp. 129-136, 2024.

Muchammad Satrio Wibowo and L. A. Belia, "Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan," J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 6, no. 1, pp. 25-32, Mar. 2023, doi: https://10.23887/jmpp.v6i1.58108

I. Permatasari, "Peran Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) di Bali," KERTHA WICAKSANA, vol. 16, no. 2, pp. 164-171, Jul. 2022, doi: https://10.22225/kw.16.2.2022.164-171

D. Yatimah, E. Sari, and A. Irvansyah, "Pelatihan Keterampilan Limpad Menjadi Hantaran Pengantin Untuk Meningkatkan Ekonomi Ibu-Ibu Pkk Di Sukabumi," Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2021, p. 2021, 2021

S. Aslam, "Instagram by the Numbers: Stats, Demographics & Fun Facts", 2024

T. A. Widiastuti and Y. M. Djajalaksana, "Implementasi dan Analisis Digital Marketing pada Toko Kebutuhan Bayi dan Anak," J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 119-130, 2022, doi: https://10.28932/jutisi.v8i1.4249

R. D. Dermawan and Herdianto, "Meningkatkan Kinerja Output ChatGPT Melalui Teknik Prompt Engineering Yang Dapat Dikustomisasi," J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 10646-10664, 2024.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, "Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm," SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: https://10.31764/jpmb.v4i1.2983

P. E. R. D. Yanthi, N. K. D. P. Nirmala, and N. P. S. Dewi, "Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Digital Marketing Pada Crème Pastry di Denpasar Barat Tahun 2022," J. Arthaniti Stud., vol. 4, no. 1, pp. 16-24, 2023

S. P. Rizki et al., "Pelatihan Ai Dan Canva Untuk Pemasaran Produk UMKM Di Dukuh Sutorejo Surabaya," vol. 3, no. 1, pp. 40-48, 2024, doi: https://10.31294/jatik.v1i2.3407

Article Metrics

Abstract view: 32 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.